Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Projek Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas X-10 SMA Negeri 2 Semarang
Keywords:
Kemampuan Menulis Puisi, Project Based LearningAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis puisi. Pembelajaran yang masih menggunakan metode ceramah membuat peserta didik kurang berminat dalam pembelajaran puisi, apalagi ketika guru meminta peserta didik untuk menulis puisi pasti mereka akan protes karena tidak bisa dan tidak suka menulis puisi. Menulis puisi dianggap susah karena diksi yang indah, sedangkan peserta didik kesulitan dalam menemukan diksi yang cocok untuk puisinya. Hal itu membuat kemampuan peserta didik dalam menulis puisi rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka peneliti melakukan penelitian tindakan kelas menggunakan model pembelajaran PjBL yang dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menulis puisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis puisi melalui penerapan model projek based learning di kelas X-10 SMA Negeri 2 Semarang. Subjek penelitian ini diambil dari peserta didik kelas X-10 SMA Negeri 2 Semarang dengan jumlah 36 peserta didik. Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan saat semester genap pada tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk membandingkan data kuantitatif berupa hasil belajar peserta didik setiap siklus dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan yang semula pada kondisi awal hasil belajar peserta didik mendapatkan sebesar 28% yang termasuk ke kategori kurang, kemudian meningkat sebesar 49% termasuk ke kategori cukup, dan meningkat lagi sebesar 83% yang termasuk ke kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan bahwa penerapan model pembelajaran PjBL pada materi menulis puisi untuk meningkatkan hasil belajarnya dikatakan berhasil dan meningkat.
References
Aldi, G., Wijoyo, S. H., dan Rokhmawati, R. I. (2022). Pengaruh Ice Breaking terhadap Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik SMK Negeri 3 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer , 6(10), 4621–4629.
Arikunto. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
Dalman.2014.Ketrampilan Membaca. Jakarta: PT Grafindo Persada
Fajri, L., Herianto, E., dan Sawaludin, S. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Media Komik terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran PPKn Kelas VIII di SMP Negeri 2 Lingsar. Manazhim, 4(2), 371–382.
Isnawan, M. G., dan Wicaksono, A. B. (2018). Model Desain Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Mathematics Education, 1(1), 47.
Purwanti, E. (2022). Pembelajaran Kontekstual Media Objek Langsung Dalam Menulis Puisi. Penerbit P4I.
Samsinar, D. (2023). Merdeka Belajar: Guru Penggerak. In Akademia Pustaka.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.
Titu, M. A. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk meningkatkan kreativitas siswa pada materi konsep masalah ekonomi. Prosiding Seminar Nasional, 9, 176–186.