Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Kelas IV B SD Negeri Pandeanlamper 03 Semarang
Keywords:
Bahasa Indonesia, Hasil Belajar, Problem Based LearningAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui model problem based learning pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV B SD Negeri Pandeanlamper 03 Semarang. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV B SD Negeri Pandeanlamper 03 Semarang. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV B SD Negeri Pandeanlamper 03 Semarang tahun pelajaran 2023/2024 yang terdiri dari 27 siswa, 13 orang berjenis kelamin perempuan dan 14 orang berjenis kelamin laki-laki. Alur Penelitian Tindakan Kelas setiap siklus meliputi planning (rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Teknik pengumpulan data teknik tes dan nontes. Teknik tes menggunakan instrumen soal pilihan ganda yang berjumlah 10 soal dan teknik nontes meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah > 80%. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar Bahasa Indonesia diperoleh hasil 15% saat prasiklus. Kemudian, diadakan perbaikan dengan penerapan model Problem Based Learnig pada kegiatan siklus I. Setelah dilakukan kegiatan pembelajaran pada siklus I, diperoleh peningkatan nilai rata-rata hasil belajar Bahasa Indonesia yaitu 71 dengan presentase rata-rata sebesar 56%. Sehingga dapat dikatakan pembelajaran pada siklus I belum memenuhi indikator keberhasilan, maka dilanjutkan perbaikan di siklus II. Pada siklus II ternyata memperoleh nilai rata-rata sebesar 82 dengan presentase rata-rata sebesar 93%. Kesimpulannya, Hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV B SD Negeri Pandeanlamper 03 Semarang meningkat melalui model Problem Based Learning.
References
Apriyani, L. (2017). Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Ditinjau dari Kemampuan Akademik Siswa pada Materi Biologi. Jurnal Quagga. 9 (1): 41-54. https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/article/view/509
Artini, N. P. (2019). Pengaruh Pendekatan Saintifik Bermediakan Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 91–100. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i1.18557.
Arwanda, P., Irianto, S., & Andriani, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Kurikulum 2013 Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Tema 7 Kelas Iv Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 193. https://doi.org/10.35931/am.v4i2.331
Bungel, MF. (2014). Penerapan Model Pembelajaran PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeru 4 Palu pada Materi Prisma. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako. 2 (1): 45-54. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/view/3230
Dharwisesa, M. W., Widiana, I. W.,& Tegeh, I. M. (2020). Penerapan Model TTW Berbantuan Media Gambar Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 227. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28257.
Dolhasair, G. (2017). Penggunaan Media Geoboard (Papan Berpaku) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Datar Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Dwija Indria, 5(3). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/10339
Etiubon, R & Anthonia, N. (2016). Problem Based Learning and Stidents Academic Achievement on Thermodynamics (A Case Study of University of Uyo, Akwa Ibom State, Nigeria). IQSR Journal of Research & Method in Education. 6 (5): 36-41. https://www.iosrjournals.org/iosr-jrme/papers/Vol-6%20Issue-5/Version-2/E0605023641.pdf
Fitrah, M. (2017). Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Segiempat Siswa Smp. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 51. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol2no1.2017pp51-70
Handayani, E. S., & Subakti, H. (2020). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633.
Hidayah, N. (2015). Penanaman Nilai-nilai Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 190–204. https://doi.org/10.24042/terampil.v2i2.1291
Kristyanawati, M. D., Suwandi, S., & Rohmadi, M. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Model Problem Based Learning. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 192–202. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p192-202.
Ladimiyanto, A. (2014). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Model TAI dan TPS terhadap Hasil Belajar Matematika. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 110–125. https://doi.org/10.21831/pg.v9i2.9073.
Murtono. (2017). Merencanakan dan Mengelola Model-model Pembelajaran Inovatif Student Center Learning. Ponorogo: Wade Group.
Narsa, I. K. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Menulis Teks Cerita Fantasi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Journal of Education Action Research, 5(2), 165–170. https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33269.
Putri, R. E., & Zuryanty. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning. Jurnal Studi Pendidikan Dasar, 3(2), 2656–6702. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/2671
Suari, N. putu. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 241. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16138.
Sukama, I. N. (2019). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Pair Check. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 63–70. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i1.18086.
Sumardi. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia SiswaKelas III A SDN 219 Bengkulu Utara Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Tematik, 1, 2. https://siducat.org/index.php/jpt/article/view/68
Sunaryo, Y. (2014). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematik Siswa SMA Di Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Keguruan. 1 (2): 41-51. https://www.neliti.com/id/publications/209679/model-pembelajaran-berbasis-masalah-untuk-meningkatkan-kemampuan-berpikir-kritis
Sundusiah, S., & Rahma, R. (2015). Model Poetry Wordgames Dalam Pembelajaran Ekspresi Tulis Puisi PadaPembelajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing. Jurnal Penelitian Pendidikan 15(3). 23-30. https://ejournal.upi.edu/index.php/JER/article/view/1431.
Suryani, E. (2015). Peningkatan Berkomunikasi dan HasilBelajar Bahasa Indonesia Dengan Strategi Problem Based Learning di SMA. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 21-31 https://doi.org/https://doi.org/10.23917/jmp.v10i1.1716.
Susanto, A. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Grup.
Tarigan. (2013). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Jakarta: CV. Angkasa.
Wicaksono, A. (2017). Peran Media Audio dalam Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran Apresiasi Cerita Pendek. SHAHIH: Journal of Islamicate Multidisciplinary, 2(1), 67. https://doi.org/10.22515/shahih.v2i1.670.
Yandhari, I. A. V., Alamsyah, T. P., & Halimatusadiah, D. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan PemecahahanMasalah Matematis Siswa Kelas IV. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 146–152. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.19671