MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MELALU LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN METODE GAMES BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS VII A SMP N 36 SEMARANG

Authors

  • Aditiyo Susanto Universitas PGRI Semarang

Keywords:

keaktifan belajar, bimbingan klasikal, games based learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh metode games based learning dalam bimbingan klasikal untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas VII A SMP N 36 Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pretest-posttest control gorup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP N 36 Semarang dengan sampel penelitian yakni kelas VII A yang berjumlah 33. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini berupa observasi, pre-test, post-test, dan lembar kerja peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan design the one gorup pretest-posttest, hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan keaktifan belajar peserta didik setelah mendapatkan layanan bimbingan klasikal menggunakan metode games based learning. Hal ini dapa dilihat pada kategori sangat rendah dengan jumlah 3% pada pra tindakan, siklus I dan siklus II 0%. Selanjutnya pada kategori rendah 76% pada pra tindakan, siklus I sebesar 52% dan siklus II sebesar 12%. Pada kategori tinggi terjadi peningkatan, pra siklus sebesar 21%, siklus I naik menjadi 48% dan pada siklus II mengalam kenaikan dari siklus I yaitu 76%. Kemudian pada kategori sangat tinggi juga mengalami kenaikan, pada pra siklus dan siklus I sebesar 0% mengalami kenaikan pada siklus II sebesar 12%.  Hal ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan kekatifan belajar pada peserta didik kelas VII A SMP N 36 Semarang.

References

Anggraini, Putri Dewi. 2021. Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP). Volume 9, Nomor 2.

Hariandi, Ahmad & Cahyani, Ayu. 2018. Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Inkuiri Di Sekolah Dasar. JGPD: Jurnal Gentala Pendidikan Dasar. Vol.3 No 2

Herdiansyah, Fery. 2022. Bimbingan dan Konseling dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Diakses melalui bpmpkaltara.kemendikbud.go.id.

https://bpmpkaltara.kemdikbud.go.id/2022/07/12/bimbingan-konseling-dalam-implementasi-kurikulum-merdeka/#:~:text=Dalam%20Permendikbud%20Nomor%20111%20Tahun,dalam%20mencapai%20kemandirian%20dalam%20kehidupannya

Sahnun. 2022. Meningkatkan Keaktifan Siswa dengan Teknik Diskusi dalam Bimbingan Klasikal di Kelas IX-2 SMP Negeri 1 Praya Tahun Pelajaran 2017/2018. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala. Vol. 7. No. 1.

Saputri, Sandra Sari & Fitriani, Wahidah. Peningkatan Keaktifan Peserta Didik dalam Layanan Dasar Menggunakan Metode Problem Based Learning Melalui Pembelajaran Daring. Teraputik: Jurnal Bimbingan dan Konseling. Volume 6, Number 3. DOI: 10.26539/teraputik.631357

Wahdini. 2019. Meningkatkan Keaktifan Siswa dengan Teknik Diskusi Dalam Bimbingan Klasikal pada siswa Kelas IX. B SMP Negeri 2 Pujut Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmu Sosail dan Pendidikan. Vol. 3. No. 2.

Winanta, Komang Redy. Setiawan, I Made Dedy. 2020. Pengaruh Game-Based Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 10 No. 3.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Susanto, A. . (2023). MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MELALU LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN METODE GAMES BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS VII A SMP N 36 SEMARANG. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 842–850. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5191

Issue

Section

Prosiding 2023