Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 1 SDN Sawah Besar 01 melalui PBL Berbantuan Media Kantong Bilangan Collaboration and Games

Authors

  • Norra Mutiara Kartikasari, Mira Azizah, Theresia Sawitri Universitas PGRI Semarang

Keywords:

problem based learning, media kantong bilangan, hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 SD Negeri Sawah Besar 01
melalui model pembelajaran problem based learning berbantuan media kantong bilangan
collaboration and games. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dengan prosedur penelitian melalui perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini
dilaksanakan sebanyak 3 siklus dan melaksanakan pra siklus dengan subjek penelitian siswa kelas 1B
SD Negeri Sawah Besar 01 yang berjumlah 28 siswa. Hasil dari penelitian yang dilaksanakan yaitu dalam
pra siklus rata-rata hasil belajar siswa 55 dengan presentase ketuntasan klasikal 28,57%. Pada siklus I
rata-rata hasil belajar siswa yaitu 66,76 dengan presentase ketuntasan klasikal yaitu 39,29%. Pada siklus
II rata-rata hasil belajar siswa yaitu 76 dengan presentase ketuntasan klasikal yaitu 75%. Pada siklus III
rata-rata hasil belajar siswa yaitu 84 dengan presentase ketuntasan klasikal yaitu 89,28. Dari data yang
didapatkan dalam penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa
melalui model pembelajaran problem based learning berbantuan media kantong bilangan
collaboration and games pada siswa kelas 1 SD Negeri Sawah Besar 01.

References

Andran, C. (2014). Sistem Pendidikan.

Retrieved September 14, 2023, from

https://www.kompasiana.com/andr

eancan/54f76a90a33311b0368b47ea

/sistempendidikan

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian

Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:

Rineka Cipta.

Aris, Shoimin. 2014. Model Pembelajaran

Inovatif Dalam Berkurikulum 2013.

Yogyakarta : AR-RUZZ Media.

Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran.

Jakarta: Rajawali Pers.

Budiningsih, C. Asri. 2017. Belajar dan

Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka

Cipta.

Djamarah, S. B., & Aswan Zain. (2014).

Strategi Belajar Mengajar. Rineka

Cipta.

Hardini, Isriani., Puspitasari, D. 2017

Strategi Pembelajaran Terpadu.

Yogyakarta: Familia. Ibrahim, R &

Nana Syaodih S. (2010).

Perencanaan Pengajaran. Jakarta:

Rineka Cipta.

Haryani, T., & Sabri, T. (2012).

Penggunaan Media Kantong

Bilangan untuk Meningkatkan

Aktivitas Belajar Siswa dalam

Pembelajaran Penjumlahan

Bilangan di Kelas II Sekolah Daar

Negeri 02 Nanga Man. Jurnal

Pendidikan dan Pembelajaran

Khatulistiwa (JPPK), 2(3).

Jakawali, G., & Damaianti, V. S. (2022).

EFEKTIVITAS MODEL PICTURE

AND PICTURE PADA

KETERAMPILAN MENULIS

LANJUT SISWA SEKOLAH DASAR.

In Seminar Internasional Riksa

Bahasa (pp. 336-347).

Mas’ulah, N., & Budiyono. (2019).

Pengaruh Penggunaan Media

Kantong Bilangan Terhadap Hasil

Belajar Matematika Materi

Pembulatan Dan Penaksiran Pada

Siswa Kelas IV SDN Kedurus I

Surabaya. Jurnal Penelitian

Pendidikan Guru SekolahDasar,

(2), 1–10

Mustika, R. A., & Kusdiyati, S. (2015). Studi

deskriptif student engagement pada

siswa kelas XI IPS di SMA Pasundan

Bandung. Prosiding Psikologi, 244-

Naâ, A. (2015). PENINGKATAN

KUALITAS PEMBELAJARAN IPA

MELALUI MODEL PROBLEM

BASED LEARNING DENGAN

MEDIA AUDIOVISUAL. Joyful

Learning Journal, 4(1).

Nalole, M. (2011). MENINGKATAN

KETERAMPILAN SISWA PADA

PENGURANGAN BILANGAN

CACAH DENGAN TEKNIK

MEMINJAM MELALUI MEDIA

KANTONG BILANGAN DI KELAS II

SDN PAUWO KECAMATAN

KABILA KABUPATEN BONE

BOLANGO. Jurnal Inovasi, 8(01).

Nurdin, S. (2016). Guru Profesional dan

Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal

Educative: Journal of Educational

Studies, 1(1), 1-12.

Rahmadani, N., & Anugraheni, I. (2017).

Peningkatan aktivitas belajar

matematika melalui pendekatan

problem based learning bagi siswa

kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal

Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3),

-250.

Ratnasari, D. (2016). Pengaruh

penggunaan media kantong bilangan

terhadap hasil belajar matematika

penjumlahan bilangan secara

bersusun. Basic education, 5(27), 2-

Risdianto, E. (2019). Analisis pendidikan

indonesia di era revolusi industri 4.0.

April, 0–16. Diakses pada, 22.

Sandria, A., Asy'ari, H., & Fatimah, F. S.

(2022). Pembentukan Karakter

Religius Melalui Pembelajaran

Berpusat pada Siswa Madrasah

Aliyah Negeri. At-Tadzkir: Islamic

Education Journal, 1(1), 63-75.

Santosa, D. S. S., Sampaleng, D., &

Amtiran, A. (2020). Meningkatkan

prestasi belajar siswa melalui model

pembelajaran. SIKIP: Jurnal

Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 11-

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor

yang Mempengaruhi. Rineka Cipta.

Sulistiani, I. R. (2016). Pembelajaran

matematika materi perkalian dengan

menggunakan media benda konkret

(manik–manik dan sedotan) untuk

meningkatkan hasil belajar siswa

kelas 2 SD Dinoyo 1

Malang. Vicratina: Jurnal Ilmiah

Keagamaan, 1(2).

Suryani, Nunuk, dkk. 2018. Media

Pembelajaran Inovatif dan

Pengembangannya. Bndung: Remaja

Rosdakarya.

Susanto, A. 2016. Teori Belajar dan

Pembelajaran di Sekolah Dasar.

Jakarta: Prenadamedia Group.

Wibawa, S. (2018). Pendidikan

dalam Era Revolusi Industri 4.0.

Indonesia

Yuniarto, D. (2012). Peningkatan Hasil

Belajar Siswa Menggunakan Media

Sedotan (Drinking Dtraws) dan

Kantong Bilangan pada

Pembelajaran Matematika dengan

Materi Operasi Hitung

Campuran (Doctoral dissertation,

Universitas Muhammmadiyah

Surakarta).

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Mutiara Kartikasari, N. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 1 SDN Sawah Besar 01 melalui PBL Berbantuan Media Kantong Bilangan Collaboration and Games. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2625–2633. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5420

Issue

Section

Prosiding 2023