Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 1 SDN Sawah Besar 01 melalui PBL Berbantuan Media Kantong Bilangan Collaboration and Games
Keywords:
problem based learning, media kantong bilangan, hasil belajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 SD Negeri Sawah Besar 01
melalui model pembelajaran problem based learning berbantuan media kantong bilangan
collaboration and games. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dengan prosedur penelitian melalui perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini
dilaksanakan sebanyak 3 siklus dan melaksanakan pra siklus dengan subjek penelitian siswa kelas 1B
SD Negeri Sawah Besar 01 yang berjumlah 28 siswa. Hasil dari penelitian yang dilaksanakan yaitu dalam
pra siklus rata-rata hasil belajar siswa 55 dengan presentase ketuntasan klasikal 28,57%. Pada siklus I
rata-rata hasil belajar siswa yaitu 66,76 dengan presentase ketuntasan klasikal yaitu 39,29%. Pada siklus
II rata-rata hasil belajar siswa yaitu 76 dengan presentase ketuntasan klasikal yaitu 75%. Pada siklus III
rata-rata hasil belajar siswa yaitu 84 dengan presentase ketuntasan klasikal yaitu 89,28. Dari data yang
didapatkan dalam penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa
melalui model pembelajaran problem based learning berbantuan media kantong bilangan
collaboration and games pada siswa kelas 1 SD Negeri Sawah Besar 01.
References
Andran, C. (2014). Sistem Pendidikan.
Retrieved September 14, 2023, from
https://www.kompasiana.com/andr
eancan/54f76a90a33311b0368b47ea
/sistempendidikan
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian
Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:
Rineka Cipta.
Aris, Shoimin. 2014. Model Pembelajaran
Inovatif Dalam Berkurikulum 2013.
Yogyakarta : AR-RUZZ Media.
Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran.
Jakarta: Rajawali Pers.
Budiningsih, C. Asri. 2017. Belajar dan
Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka
Cipta.
Djamarah, S. B., & Aswan Zain. (2014).
Strategi Belajar Mengajar. Rineka
Cipta.
Hardini, Isriani., Puspitasari, D. 2017
Strategi Pembelajaran Terpadu.
Yogyakarta: Familia. Ibrahim, R &
Nana Syaodih S. (2010).
Perencanaan Pengajaran. Jakarta:
Rineka Cipta.
Haryani, T., & Sabri, T. (2012).
Penggunaan Media Kantong
Bilangan untuk Meningkatkan
Aktivitas Belajar Siswa dalam
Pembelajaran Penjumlahan
Bilangan di Kelas II Sekolah Daar
Negeri 02 Nanga Man. Jurnal
Pendidikan dan Pembelajaran
Khatulistiwa (JPPK), 2(3).
Jakawali, G., & Damaianti, V. S. (2022).
EFEKTIVITAS MODEL PICTURE
AND PICTURE PADA
KETERAMPILAN MENULIS
LANJUT SISWA SEKOLAH DASAR.
In Seminar Internasional Riksa
Bahasa (pp. 336-347).
Mas’ulah, N., & Budiyono. (2019).
Pengaruh Penggunaan Media
Kantong Bilangan Terhadap Hasil
Belajar Matematika Materi
Pembulatan Dan Penaksiran Pada
Siswa Kelas IV SDN Kedurus I
Surabaya. Jurnal Penelitian
Pendidikan Guru SekolahDasar,
(2), 1–10
Mustika, R. A., & Kusdiyati, S. (2015). Studi
deskriptif student engagement pada
siswa kelas XI IPS di SMA Pasundan
Bandung. Prosiding Psikologi, 244-
Naâ, A. (2015). PENINGKATAN
KUALITAS PEMBELAJARAN IPA
MELALUI MODEL PROBLEM
BASED LEARNING DENGAN
MEDIA AUDIOVISUAL. Joyful
Learning Journal, 4(1).
Nalole, M. (2011). MENINGKATAN
KETERAMPILAN SISWA PADA
PENGURANGAN BILANGAN
CACAH DENGAN TEKNIK
MEMINJAM MELALUI MEDIA
KANTONG BILANGAN DI KELAS II
SDN PAUWO KECAMATAN
KABILA KABUPATEN BONE
BOLANGO. Jurnal Inovasi, 8(01).
Nurdin, S. (2016). Guru Profesional dan
Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal
Educative: Journal of Educational
Studies, 1(1), 1-12.
Rahmadani, N., & Anugraheni, I. (2017).
Peningkatan aktivitas belajar
matematika melalui pendekatan
problem based learning bagi siswa
kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal
Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3),
-250.
Ratnasari, D. (2016). Pengaruh
penggunaan media kantong bilangan
terhadap hasil belajar matematika
penjumlahan bilangan secara
bersusun. Basic education, 5(27), 2-
Risdianto, E. (2019). Analisis pendidikan
indonesia di era revolusi industri 4.0.
April, 0–16. Diakses pada, 22.
Sandria, A., Asy'ari, H., & Fatimah, F. S.
(2022). Pembentukan Karakter
Religius Melalui Pembelajaran
Berpusat pada Siswa Madrasah
Aliyah Negeri. At-Tadzkir: Islamic
Education Journal, 1(1), 63-75.
Santosa, D. S. S., Sampaleng, D., &
Amtiran, A. (2020). Meningkatkan
prestasi belajar siswa melalui model
pembelajaran. SIKIP: Jurnal
Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 11-
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor
yang Mempengaruhi. Rineka Cipta.
Sulistiani, I. R. (2016). Pembelajaran
matematika materi perkalian dengan
menggunakan media benda konkret
(manik–manik dan sedotan) untuk
meningkatkan hasil belajar siswa
kelas 2 SD Dinoyo 1
Malang. Vicratina: Jurnal Ilmiah
Keagamaan, 1(2).
Suryani, Nunuk, dkk. 2018. Media
Pembelajaran Inovatif dan
Pengembangannya. Bndung: Remaja
Rosdakarya.
Susanto, A. 2016. Teori Belajar dan
Pembelajaran di Sekolah Dasar.
Jakarta: Prenadamedia Group.
Wibawa, S. (2018). Pendidikan
dalam Era Revolusi Industri 4.0.
Indonesia
Yuniarto, D. (2012). Peningkatan Hasil
Belajar Siswa Menggunakan Media
Sedotan (Drinking Dtraws) dan
Kantong Bilangan pada
Pembelajaran Matematika dengan
Materi Operasi Hitung
Campuran (Doctoral dissertation,
Universitas Muhammmadiyah
Surakarta).