MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE TEAM GAMES TOURNAMENT PADA PESERTA DIDIK KELAS X PERHOTELAN DI SMKN 6 SEMARANG

Authors

  • Fitria Musannadah Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Keaktifan Belajar, Team Games Tournament

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik melalui metode Team Games Tournament (TGT) dalam layanan bimbingan klasikal pada kelas X Perhotelan 4 di SMKN 6 Semarang tahun pelajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas X Perhotelan 4 SMKN 6 Semarang yang berjumlah 36 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini berupa observasi, pre-test, post-test, dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil pada penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar peserta didik setelah mendapatkan layanan bimbingan klasikal menggunakan metode Team Games Tournament. Hal tersebut dapat diketahui dari hasil rata-rata pre-test yang menunjukkan 54,86, kemudian setelah dilaksanakan siklus 1 dan diberikan post-test menunjukkan hasil sebesar 71,63, dan kemudian setelah diberikan siklus kedua terjadi peningkatan rata-rata kembali sebesar 79,11. Berdasarkan hasil yang telah dijelaskan di atas, dapat disimpulkan bahwa keaktifan belajar pada peserta didik kelas X Perhotelan 4 SMKN 6 Semarang dapat ditingkatkan melelaui layanan bimbingan klasikal dengan metode Team Games Tournament.

References

Anggraini, Putri Dewi. 2021. Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP). Volume 9, Nomor 2.

Budiono, S. 2021. Konseling Kreatif Dan Inovasi Dalam Penelitian Tindakan Bidang Bimbingan Dan Konseling. Action: Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah. Vol 1. No 1.

Khoiriyatun, Siti. 2023. Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Mengikuti Layanan Bimbingan Dan Konseling Dengan Media Telegram. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi. Vol. 3 No. 2 Mei 2023.

Kusuma, Arie Purwa. Khoirunnisa, Ayunitis. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dan Team Games Tournament terhadap Hasil Belajar. Numerical: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol. 2, No. 1. DOI: https://doi.org/10.25217/numerical.v2i1.186

Nurhayati, 2020. Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol. 7 No. 3. doi: https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2645

Sahnun. 2022. Meningkatkan Keaktifan Siswa dengan Teknik Diskusi dalam Bimbingan Klasikal di Kelas IX-2 SMP Negeri 1 Praya Tahun Pelajaran 2017/2018. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala. Vol. 7. No. 1.

Santosa, Donald Samuel Slamet. 2018. Manfaat Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament (TGT) Dalam Pembelajaran. Jurnal Ecodunamika. Vol. 1, No. 3

Susilawati, Elis. Putri, Syaimah Kusnari. Syamsiyah, Nur. 2022. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament Pada Materi Teks Prosedur Di Kelas X Sman 6 Tangerang Selatan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume 12 Nomor 2. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v12i2.42777

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Musannadah, F. . (2023). MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE TEAM GAMES TOURNAMENT PADA PESERTA DIDIK KELAS X PERHOTELAN DI SMKN 6 SEMARANG . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 896–902. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5197

Issue

Section

Prosiding 2023