Implementasi Model Problem Based Learning Dengan Metode Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika
Keywords:
Hasil Belajar, Numbered Heads Together (NHT), Problem Based Learning (PBL)Abstract
Pembelajaran paradigma baru merupakan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Keaktifan siswa
dalam mengikuti pembelajaran merupakan hal paling utama agar mereka memperoleh pengetahuan
yang bermakna. Guru perlu merancang kegiatan pembelajaran yang mampu memfasilitasi kebutuhan
siswa agar siswa dapat memperoleh hasil belajar yang meningkat. Oleh karena itu perlu dilakukan
penelitian tindakan kelas untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui implementasi
model Problem Based Learning (PBL) dengan metode Numbered Heads Together (NHT). Penelitian
ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTKK) yang menggunakan 2 siklus dimana setiap
siklusnya terdiri dari kegiatan plan, do, see. Indikator keberhasilan ditentukan oleh tingkat ketuntasan
belajar klasikal minimal mencapai 75% dari banyak siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes,
observasi, dan dokumentasi.Implementasi model PBL dengan metode NHT dapat meningkatkan hasil
belajar siswa mulai dari prasiklus, siklus 1, dan siklus 2. Pada prasiklus persentase ketuntasannya
sebesar 15% , siklus 1 sebesar 64% , dan siklus 2 sebesar 91%. Dengan demikian, pembelajaran PBL
dengan metode NHT dapat meningkatakan hasil belajar matematika siswa.
References
Adla, S, R., & Maulia, S, T. (2023). Transisi
Kurikulum 2013 Dengan Kurikulum
Merdeka Terhadap Hasil Belajar
Peserta Didik. Lencana : Jurnal
Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(2), 262 –
Agusti, Rasyid, A. H., & Wahyudi, R.
(2021). Penerapan Metode
Pembelajaran PBL (Problem Based
Learning) Dengan Tehnik NHT
(Numbered Head Together) Untuk
Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil
Belajar Siswa Kelas VII Mata
Pelajaran IPS. Jurnal Ika : Ikatan
Alumni PGSD Unars, 10(2), 574 –
Desy Ratnasari, A., Permana, I., & Satya
Wacana, K. (2022). Penerapan
Problem Based Learning Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Peserta
Didik Pada Pembelajaran Tematik
The Implementation of Problem-
Based Learning to Increase Students’
Learning Outcomes in Thematic
Learning. Scholaria: Jurnal
Pendidikan dan Kebudayaan, 12(3),
-266.
Hanik, U., Wulan, N., & Mutmainah.
(2018). Apersepsi Dalam
Pembelajaran Kaitannya Dengan
Kesiapan dan Hasil Belajar.
EduMath, 6(2), 53 – 59.
Hawala, N. & Lase, F. (2022).
Mengetaskan Hoax Dengan
Membaca Pemahaman Di Era
Digital. Educativo : Jurnal
Pendidikan, 1(1), 235 – 243.
Husnidar & Hayati, R. (2021). Penerapan
Model Pembelajaran Problem Based
Learning Untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Matematika Siswa. Asimetris
: Jurnal Pendidikan Matematika
dan Sains, 2(2), 067 – 072.
Manalu, J,B., Sitohang, P., & Turnip, N, H,
H. (2022). Pengembangan
Perangkat Pembelajaran Kurikulum
Merdeka Belajar. Prosiding
Pendidikan Dasar, Universitas
Negeri Medan, Medan, Januari (pp.
- 86).
Maruf, A., Indiati, I., Harun, L., & PGRI
Semarang, U. (2020). Profil
Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematika Ditinjau dari Gaya
Belajar Siswa Visual. Imajiner :
Jurnal Matematika dan Pendidikan
Matematika, 2(1), 26 – 32.
Mulyati, S. dan Evendi, H. (2020).
Pembelajaran Matematika Melalui
Media Game Quizizz Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar
Matematika SMP 2 Bojonegoro.
Gauss : Jurnal Pendidikan
Matematika, 3(1), 64 – 73.
Ndraha, I.S., Mendrofa, R.N., & Lase, R.
(2022). Analisis Hubungan Minat
Belajar Dengan Hasil Belajar
Matematika. Educativo : Jurnal
Pendidikan, 1(2), 672 – 681.
Novitasari, F., Harun, L., Utami, R. E., &
Susilawati, P. (2023). Upaya
Peningkatan Hasil Belajar
Menggunakan Model Problem Based
Learning Pada Materi Turunan
Fungsi Aljabar. Jurnal Eksponen,
(2), 77 - 89.
Nurdiyanto, T., Rafida, I., Nuhadila, Aulia,
Winarni, S. (2020) . Pengembangan
LKPD Berbasis Problem Based
Learning Untuk Melatih
Kemampuan Koneksi Matematis
Peserta Didik Kelas XI. JES-MAT,
(1), 37-54.
Pingga, Y. S. (2021). Model Pembelajaran
Kooperatif Dalam Meningkatkan
Minat Belajar Pendidikan Agama
Kristen. Harati : Jurnal Pendidikan
Kristen, 1(2), 201 – 222.
Setiawan, A., Wigati, S., & Sulistyaningsih,
D. (2019). Implementasi Media
Game Edukasi Quizizz Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar
Matematika Materi Sistem
Persamaan Linear Tiga Variabel
Kelas X IPA 7 SMA Negeri 15
Semarang Tahun Pelajaran
/2020 . Seminar Nasional
Edusaintek, Universitas
Muhammadiyah Semarang,
Semarang, 28 September (pp. 167-
.
Simanungkalit, M. (2020). Penerapan
Pembelajaran Aktif Kooperatif
Melalui Metode Numbered Heads
Together (NHT) Sebagai Upaya
Meningkatkan Aktivitas dan Hasil
Belajar IPA-Biologi. Jurnal TIK
dalam Pendidikan, 7(1), 89 -102.
Suhaimi dan Nasidawati. (2020).
Meningkatkan Aktivitas Belajar
Siswa Materi Bangun Ruang
Menggunakan Kombinasi Model
Problem Based Learning, Numbered
Head Together dan Course Review
Horay dengan Media Bangun Ruang
Kelas V/C SDN Handil Bakti
Kabupaten Barito Kuala. Lentera :
Jurnal Ilmiah Kependidikan, 15(2),
– 86.
Suhartini. (2020). Upaya Meningkatkan
Prestasi Belajar Matematika Melalui
Pembelajaran Realistik Pada Siswa
Kelas V SDN 144/IX Solok Muaro
Jambi. PHI : Jurnal Ilmiah
Pendidikan Matematika, 4(2), 146 –
Sukmawati, R. (2021). Penerapan Model
Pembelajaran Problem Based
Learning Untuk Meningkatkan Hasil
Belajara Matematika Kelas II SDN
Wonorejo 01. Glosains : Jurnal
Sains Global Indonesia, 2(2), 49 –
Unisty, R. M., FS, C. A. H., & Jaenudin.
(2021). Penerapan Model PBL
Menggunakan NHT Untuk
Meningkatkan Kemampuan
Pemecahan Masalah dan Minat
Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan
Matematika dan Sains, 9(1), 19 – 26.
Vitasari, R., Joharman, Suryandari, K. C.
(2016). Peningktan Keaktifan dan
Hasil Belajar Matematika Melalui
Model Problem Based Learning
Siswa Kels V SD Negeri 5 Kutosari.
Kalam Cendekia PGSD Kebumen,
(3), 1 – 8.
Waluyo, E. (2023). Penerapan STEM
Problem Based Learning
Meningkatkan Kemampuan Berpikir
Kritis Melalui Lesson Study. JPMI
(Jurnal Pembelajaran Matematika
Inovatif), 6(3), 1113 – 1124.
Yantomaisuardi. (2020). Meningkatkan
Hasil Belajar Matematika Pada
Materi KPK dan FPB dengan
Menerapkan Model Pembelajaran
Kontekstual di Kelas VI SD Negeri
/X Tri Mulya. Jurnal Pendidikan
Matematika, 4(2), 146 – 159.
Yenni, R. F. (2016). Penggunaan Metode
Numbered Heads Together (NHT)
dalam Pembelajaran Matematika,
Nppm, 9 (2), 263 – 267.
Yusrizal, Y., Safiah, I., & Nurhaidah, N.
(2017). Kompetensi Guru Dalam
Memanfaatkan Media Pembelajaran
Berbasis Teknologi Informasi dan
Komunikasi (TIK) di SD Negeri 16
Banda Aceh. Jurnal Ilmiah
Pendidikan Guru Sekolah Dasar ,
(2), 126 – 134.
Zebua, E. & Harefa, A. T. (2022).
Penerapan Model Pembelajaran
Blended Learning Dalam
Meningkatakn Minat Belajar Siswa.
Educativo : Jurnal pendidikan, 1(1),
– 262.