Implementasi Model Problem Based Learning Dengan Metode Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

Authors

  • Ulimah Pratiwi Sholikhah Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Hasil Belajar, Numbered Heads Together (NHT), Problem Based Learning (PBL)

Abstract

Pembelajaran paradigma baru merupakan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Keaktifan siswa
dalam mengikuti pembelajaran merupakan hal paling utama agar mereka memperoleh pengetahuan
yang bermakna. Guru perlu merancang kegiatan pembelajaran yang mampu memfasilitasi kebutuhan
siswa agar siswa dapat memperoleh hasil belajar yang meningkat. Oleh karena itu perlu dilakukan
penelitian tindakan kelas untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui implementasi
model Problem Based Learning (PBL) dengan metode Numbered Heads Together (NHT). Penelitian
ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTKK) yang menggunakan 2 siklus dimana setiap
siklusnya terdiri dari kegiatan plan, do, see. Indikator keberhasilan ditentukan oleh tingkat ketuntasan
belajar klasikal minimal mencapai 75% dari banyak siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes,
observasi, dan dokumentasi.Implementasi model PBL dengan metode NHT dapat meningkatkan hasil
belajar siswa mulai dari prasiklus, siklus 1, dan siklus 2. Pada prasiklus persentase ketuntasannya
sebesar 15% , siklus 1 sebesar 64% , dan siklus 2 sebesar 91%. Dengan demikian, pembelajaran PBL
dengan metode NHT dapat meningkatakan hasil belajar matematika siswa.

References

Adla, S, R., & Maulia, S, T. (2023). Transisi

Kurikulum 2013 Dengan Kurikulum

Merdeka Terhadap Hasil Belajar

Peserta Didik. Lencana : Jurnal

Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(2), 262 –

Agusti, Rasyid, A. H., & Wahyudi, R.

(2021). Penerapan Metode

Pembelajaran PBL (Problem Based

Learning) Dengan Tehnik NHT

(Numbered Head Together) Untuk

Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil

Belajar Siswa Kelas VII Mata

Pelajaran IPS. Jurnal Ika : Ikatan

Alumni PGSD Unars, 10(2), 574 –

Desy Ratnasari, A., Permana, I., & Satya

Wacana, K. (2022). Penerapan

Problem Based Learning Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Peserta

Didik Pada Pembelajaran Tematik

The Implementation of Problem-

Based Learning to Increase Students’

Learning Outcomes in Thematic

Learning. Scholaria: Jurnal

Pendidikan dan Kebudayaan, 12(3),

-266.

Hanik, U., Wulan, N., & Mutmainah.

(2018). Apersepsi Dalam

Pembelajaran Kaitannya Dengan

Kesiapan dan Hasil Belajar.

EduMath, 6(2), 53 – 59.

Hawala, N. & Lase, F. (2022).

Mengetaskan Hoax Dengan

Membaca Pemahaman Di Era

Digital. Educativo : Jurnal

Pendidikan, 1(1), 235 – 243.

Husnidar & Hayati, R. (2021). Penerapan

Model Pembelajaran Problem Based

Learning Untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Matematika Siswa. Asimetris

: Jurnal Pendidikan Matematika

dan Sains, 2(2), 067 – 072.

Manalu, J,B., Sitohang, P., & Turnip, N, H,

H. (2022). Pengembangan

Perangkat Pembelajaran Kurikulum

Merdeka Belajar. Prosiding

Pendidikan Dasar, Universitas

Negeri Medan, Medan, Januari (pp.

- 86).

Maruf, A., Indiati, I., Harun, L., & PGRI

Semarang, U. (2020). Profil

Kemampuan Pemecahan Masalah

Matematika Ditinjau dari Gaya

Belajar Siswa Visual. Imajiner :

Jurnal Matematika dan Pendidikan

Matematika, 2(1), 26 – 32.

Mulyati, S. dan Evendi, H. (2020).

Pembelajaran Matematika Melalui

Media Game Quizizz Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar

Matematika SMP 2 Bojonegoro.

Gauss : Jurnal Pendidikan

Matematika, 3(1), 64 – 73.

Ndraha, I.S., Mendrofa, R.N., & Lase, R.

(2022). Analisis Hubungan Minat

Belajar Dengan Hasil Belajar

Matematika. Educativo : Jurnal

Pendidikan, 1(2), 672 – 681.

Novitasari, F., Harun, L., Utami, R. E., &

Susilawati, P. (2023). Upaya

Peningkatan Hasil Belajar

Menggunakan Model Problem Based

Learning Pada Materi Turunan

Fungsi Aljabar. Jurnal Eksponen,

(2), 77 - 89.

Nurdiyanto, T., Rafida, I., Nuhadila, Aulia,

Winarni, S. (2020) . Pengembangan

LKPD Berbasis Problem Based

Learning Untuk Melatih

Kemampuan Koneksi Matematis

Peserta Didik Kelas XI. JES-MAT,

(1), 37-54.

Pingga, Y. S. (2021). Model Pembelajaran

Kooperatif Dalam Meningkatkan

Minat Belajar Pendidikan Agama

Kristen. Harati : Jurnal Pendidikan

Kristen, 1(2), 201 – 222.

Setiawan, A., Wigati, S., & Sulistyaningsih,

D. (2019). Implementasi Media

Game Edukasi Quizizz Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar

Matematika Materi Sistem

Persamaan Linear Tiga Variabel

Kelas X IPA 7 SMA Negeri 15

Semarang Tahun Pelajaran

/2020 . Seminar Nasional

Edusaintek, Universitas

Muhammadiyah Semarang,

Semarang, 28 September (pp. 167-

.

Simanungkalit, M. (2020). Penerapan

Pembelajaran Aktif Kooperatif

Melalui Metode Numbered Heads

Together (NHT) Sebagai Upaya

Meningkatkan Aktivitas dan Hasil

Belajar IPA-Biologi. Jurnal TIK

dalam Pendidikan, 7(1), 89 -102.

Suhaimi dan Nasidawati. (2020).

Meningkatkan Aktivitas Belajar

Siswa Materi Bangun Ruang

Menggunakan Kombinasi Model

Problem Based Learning, Numbered

Head Together dan Course Review

Horay dengan Media Bangun Ruang

Kelas V/C SDN Handil Bakti

Kabupaten Barito Kuala. Lentera :

Jurnal Ilmiah Kependidikan, 15(2),

– 86.

Suhartini. (2020). Upaya Meningkatkan

Prestasi Belajar Matematika Melalui

Pembelajaran Realistik Pada Siswa

Kelas V SDN 144/IX Solok Muaro

Jambi. PHI : Jurnal Ilmiah

Pendidikan Matematika, 4(2), 146 –

Sukmawati, R. (2021). Penerapan Model

Pembelajaran Problem Based

Learning Untuk Meningkatkan Hasil

Belajara Matematika Kelas II SDN

Wonorejo 01. Glosains : Jurnal

Sains Global Indonesia, 2(2), 49 –

Unisty, R. M., FS, C. A. H., & Jaenudin.

(2021). Penerapan Model PBL

Menggunakan NHT Untuk

Meningkatkan Kemampuan

Pemecahan Masalah dan Minat

Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan

Matematika dan Sains, 9(1), 19 – 26.

Vitasari, R., Joharman, Suryandari, K. C.

(2016). Peningktan Keaktifan dan

Hasil Belajar Matematika Melalui

Model Problem Based Learning

Siswa Kels V SD Negeri 5 Kutosari.

Kalam Cendekia PGSD Kebumen,

(3), 1 – 8.

Waluyo, E. (2023). Penerapan STEM

Problem Based Learning

Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Kritis Melalui Lesson Study. JPMI

(Jurnal Pembelajaran Matematika

Inovatif), 6(3), 1113 – 1124.

Yantomaisuardi. (2020). Meningkatkan

Hasil Belajar Matematika Pada

Materi KPK dan FPB dengan

Menerapkan Model Pembelajaran

Kontekstual di Kelas VI SD Negeri

/X Tri Mulya. Jurnal Pendidikan

Matematika, 4(2), 146 – 159.

Yenni, R. F. (2016). Penggunaan Metode

Numbered Heads Together (NHT)

dalam Pembelajaran Matematika,

Nppm, 9 (2), 263 – 267.

Yusrizal, Y., Safiah, I., & Nurhaidah, N.

(2017). Kompetensi Guru Dalam

Memanfaatkan Media Pembelajaran

Berbasis Teknologi Informasi dan

Komunikasi (TIK) di SD Negeri 16

Banda Aceh. Jurnal Ilmiah

Pendidikan Guru Sekolah Dasar ,

(2), 126 – 134.

Zebua, E. & Harefa, A. T. (2022).

Penerapan Model Pembelajaran

Blended Learning Dalam

Meningkatakn Minat Belajar Siswa.

Educativo : Jurnal pendidikan, 1(1),

– 262.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Sholikhah, U. P. (2023). Implementasi Model Problem Based Learning Dengan Metode Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1589–1598. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5295

Issue

Section

Prosiding 2023