Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Nilai Tempat Bilangan Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Alat Peraga “Tantangan” (Tabung Nilai Tempat Bilangan) di Kelas II SDN Tlogosari Kulon 01 Kota Semarang

Authors

  • Yoga Adistya Sri Lesmoyo Lesmoyo Universitas PGRI Semarang
  • Rina Dwi Setyawati Universitas PGRI Semarang
  • Lisa Wati SDN Tlogosari Kulon 01
  • Wuny Surya Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Media Tantangan, Problem Based Learning, Nilai Tempat Bilangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan proses dan hasil pembelajaran peserta didik di kelas II SD Negeri Tlogosari Kulon 01 Kota Semarang pada materi nilai tempat bilangan menggunakan model problem based learning berbantuan media TANTANGAN (Tabung Nilai Tempat Bilangan). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas II SDN Tlogosari Kulon 01 sebanyak 29 peserta didik. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain adalah observasi, tes evaluasi, dan dokumentasi. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui keaktifan peserta didik pada saat menggunakan alat peraga. Tes digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik terhadap materi nilai tempat bilangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil pra-siklus menunjukan bahwa jumlah peserta didik yang mencapai ketuntasan sebanyak 9 dengan presentase 31% dan rata-rata klasikal sebesar 58. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan jumlah peserta didik yang mencapai ketuntasan sebanyak 19 dengan presentase 66% dan belum tuntas 10 dengan presentase 34%. Pada siklus II terjadi peningkatan dengan peserta didik yang mencapai ketuntasan sebanyak 25 peserta didik dengan presentase 86,21% dan tidak tuntas 4 dengan presentase 13,79%. Rata-rata nilai pada siklus I sebesar 71 dan siklus II sebesar 86,21. Rata-rata peningkatan hasil belajar melalui uji N-gain sebesar 0,73 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model problem based learning berbantuan media TANTANGAN (Tabung Nilai Tempat Bilangan) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik materi nilai tempat bilangan kelas II di SDN Tlogosari Kulon 01 Kota Semarang.

References

Arikunto, Suharsimi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Febrianti, W. (2022). Penggunaan Media Kartu Bilangan Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Nilai Tempat Dalam Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 8262-8272.

Febrician, R., & Damri, D. (2019). Meningkatkan Kemampuan Menentukan Nilai Tempat Bilangan Melalui Media Papan Bilangan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 7(2), 97-102.

Fendrik, M. (2019). Penggunaan Alat Peraga Dakon Matematika (Dakota) Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Bagi Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 702–708.

Marinda, L. (2020). Teori perkembangan kognitif Jean Piaget dan problematikanya pada anak usia sekolah dasar. An-Nisa': Journal of Gender Studies, 13(1), 116-152.

Novita, R., & Putra, M. (2017). Peran Desain Learning Trajectory Nilai Tempat Bilangan Berbantukan Video Animasi Terhadap Pemahaman Konsep Nilai Tempat Siswa Kelas II Sd. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 43–56. https://doi.org/10.22342/jpm.11.1.3802.43-56

Purwasih, S. M. (2020). Pemanfaatan Dakota dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi FPB dan KPK. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 126– 133.

Saputri, A. D. A., Sugiaryo, S., & Restuningsih, A. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Media Kantong Bilangan terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika Kelas I SD Negeri Gandekan Surakarta Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 11453-11460.

Savitri, R. I., Chamisijatin, L., & Andayani. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Nilai Tempat Bilangan melalui Media Kantung Biji Bilangan pada Siswa Kelas I-A Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar, 7(April), 60–65. Retrieved from http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd/articl e/view/8639

Situmorang, R. M., dkk. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia. Jurnal EduBio Tropika, 3, 87-90.

Ulviyani, R. (2023, February). Implementasi Model Problem Based Learning Berorientasi Hots Pada Mata Pelajaran Matematika Di SDN 2 Banjurpasar. In Dewantara Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, No. 01).

Usman. 2021. Ragam Strategi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Parepare: IAIN Parepare Nusantara Press

Wiyandari, H. F. (2022) Application of the Problem Based Learning Model to Increase the Motivation to Learn Mathematics in Grade IV Elementary School Students. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 5, No. 5, pp. 499-504).

Zainal, Aqib. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Lesmoyo, Y. A. S. L., Setyawati, R. D. ., Wati, L. ., & Surya, W. . (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Nilai Tempat Bilangan Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Alat Peraga “Tantangan” (Tabung Nilai Tempat Bilangan) di Kelas II SDN Tlogosari Kulon 01 Kota Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2721–2731. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5430

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)