Optimalisasi Layanan Perencanaan Individual Melalui Bimbingan Klasikal Metode Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kematangan Karir
Keywords:
Kematangan Karir,, Perencanaan Individual, Project Based LearningAbstract
Penelitian tindakan bimbingan dan konseling ini bertujuan untuk melakukan optimalisasi layanan perencanaan individual melalui bimbingan klasikal metode Project Based Learning dengan mengetahui upaya-upaya perbaikan apa saja yang perlu dilakukan dalam pelaksanaan layanan sehingga kematangan karir yang dimiliki peserta didik meningkat. Penelitian tindakan ini dilakukan selama 2 siklus dengan 2 pertemuan masing-masing pertemuan 2 JP. Penelitian diawali dengan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu guru dan peserta didik kelas VIII H di SMP N 6 Semarang. Sumber data pada penelitian ini adalah peserta didik dan observer. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kebutuhan peserta didik, angket kematangan karir, dan panduan observasi. Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, pengorganisasian data dalam suatu pola, pengkategorian data, penyajian data angka dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pelaksanaan layanan perencanaan individual dengan layanan bimbingan klasikal metode Project Based Learning ini perlu adanya penyesuaian terhadap alokasi waktu layanan (manajemen waktu), mekanisme projek dan pembagian kelompok, serta penggunaan media, (2) Adanya peningkatan skor kematangan karir yang dimiliki peserta didik yang didasarkan pada hasil post test kematangan karir yang menunjukan bahwa 100% peserta didik mengalami peningkatan skor kematangan karir minimal kategori sedang dari yang semula kategori rendah.
References
Agustin, I & Apriatama. (2023). Bimbingan klasikal dengan model PJBL (Project Based Learning) Berbasisi Pohon Karir untuk Meningkatkan Pemahaman Karir Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 4 Palangkaraya. COUNSELLING FOR ALL: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3 (1). Diakses melalui https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Counseling/article/view/845/798
Franita, R & Fuady, A. (2019).Analisa Pengangguran di Indonesia. Nusantara (Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial), 2 (1). Diakses melalui http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/97/97
Hidayat, R, dkk. (2020). Peningkatan Perencanaan Karir melalui Bimbingan Klasikal Teknik Project Based Learning Siswa Kelas XII Farmasi 2 SMK Bhakti Mulia Wonogiri. Prosiding. Diakses melalui https://core.ac.uk/download/pdf/356662374.pdf
Kompas. (2023). Prediksi Tingkat Pengangguran di Dunia 2023, Indonesia Nomor Berapa?. Kompas.com. Diakses melalui https://www.kompas.com/tren/read/2023/03/03/213000365/prediksi-tingkat-pengangguran-di-dunia-2023-indonesia-nomor-berapa-?Page=all.
Malik, R.L. (2015). Kematangan Karir Mahasiswa Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (Stain) Samarinda. FENOMENA 7 (1). Diakses melalui https://journal.uinsi.ac.id/index.php/fenomena/article/view/271/218
Pahleviannur, M.R, dkk. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Sukoharjo: CV. Pradina Pustaka Grup. Diakses melalui https://www.google.co.id/books/edition/Penelitian_Tindakan_Kelas/2iaIEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=penelitian+tindakan+kelas&pg=PT6&printsec=frontcover
Permendikbud No. 111. (2014). Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Diakses melalui https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/Permendikbud%20Nomor%20111%20Tahun%202014.pdf
Pribadi, B (2017). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: PT Balebat Dedikasi Prima. Diakses melalui https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=A-LJDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=penggunaan+media+cetak+dalam+pembelajaran&ots=kpRIwv3ZCG&sig=hZKNeNbDD_3t-g90DbbRMN0WEd4&redir_esc=y#v=onepage&q=penggunaan%20media%20cetak%20dalam%20pembelajaran&f=false
Purnamasari, D, Setyorini, Sumardjono (2015). Tingkat Kematangan Karir Siswa Kelas VIII SMP Islam Sudirman Ambarawa. Widyasar, 17 (2). Diakses melalui https://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/6304/2/ART_D%20Purnamasari%2C%20Setyorini%2C%20Sumardjono%20Pm._Tingkat%20Kematangan_fulltext.pdf
Republika. (2023). BPS: Indonesia Punya 7,99 Juta Pengangguran. Diakses melalui https://ekonomi.republika.co.id/berita/ru66wh370/bps-indonesia-punya-799-juta-pengangguran
Rukajat, A. (2018). Manajemen Pembelajaran. Yogjakarta: CVBudi Utama. Diakses melalui https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=MyhuDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=manajemen+waktu+pembelajaran&ots=R_V_n_Xjwb&sig=rlIEAk0aB4Umq8YRlQDOg9claUw&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Sanjaya. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Diakses melalui https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=YMtADwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=sanjaya+2009+penelitian+tindakan+kelas&ots=oseXJa6psX&sig=72BKu1XTTszgwe6Mzx7WsrWYmfQ&redir_esc=y#v=onepage&q=sanjaya%202009%20penelitian%20tindakan%20kelas&f=false
Sucipto, H. (2017). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual, .1 (1): 77 – 86. Diakses melalui https://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/10
Sumarni, W. (2015). The Sthrength and Weaknesses Implementation of Project Based Learning: A Review. International Journal of Science and Research (IJSR), 4 (3). Diakses melalui https://www.ijsr.net/archive/v4i3/SUB152023.pdf
Super, D.E & Jordaan, JP. (1973). Career Development Theory. British Journal of Guidance and Counseling. 1(1). Diakses melalui https://sci-hub.se/https://doi.org/10.1080/03069887308259333
Tarigan, J.M. (2021). Layanan Bimbingan dan Konseling Karier di Sekolah Menengah Pertama. Jawa Barat: CV Jejak. Diakses melalui https://www.google.co.id/books/edition/Layanan_Bimbingan_dan_Konseling_Karier_d/ZF1QEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=walgito+bimbingan+konseling+karir&pg=PA14&printsec=frontcover
Venable, M. 2016. What Influences Your Career Choice. Retrieved March. 11. Diakses melalui https://www.academia.edu/download/52372381/What_Factors_Influence_a_Career_Choice.pdf
Widiyarsih, Yuline, Astuti, I. (2020). Analisis Kematangan Karir Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 03 Pontianak Tahun 2020. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10 (2). Diakses melalui https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/44725
Yusuf, S. (2006). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.