78. Implementasi Model Pembelajaran PjBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Siklus Air Siswa Kelas V SDN Gayamsari 02

Authors

  • Nur Azizah Universitas PGRI Semarang
  • Joko Siswanto Universitas PGRI Semarang
  • Effendi Isnuryantono SDN Gayamsari 02

Keywords:

Implementasi, Project Based Learning, Hasil Belajar Peserta Didik

Abstract

Permasalahan pembelajaran Tematik materi Siklus Air di kelas V SD N Gayamsari 02 Kota Semarang adalah guru belum menggunakan model pembelajaran yang yang inovatif seperti model pembelajaran Project Based Learning. Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA Materi Siklus Air pada peserta didik kelas V SDN Gayamsari. Sehingga kemampuan belajar siswa pun kurang dioptimalkan menjadi lebih kritis dan lebih aktif melalui kerjasama sehingga hasil belajar siswa menjadi rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan mengimplementasikan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatakan hasil belajar siswa?. Pemecahan masalah dalam penelitian ini adalah dengan menggunkan model pembelajaran Inovatif tipe Project Based Learning. Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Gayamsari 02 Kota Semarang dengan mengimplementasikan model Pembelajaran Project Based Learning. PTK yang dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti, observer dan objek yang diteliti adalah siswa kelas V SD N Gayamsari 02 dengan jumlah siswa laki-laki 16 dan siswa perempuan 10 jadi jumlah total 26 siswa. Proses penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus yang mana setiap siklus dilaksanakan dalam 1 pertemuan yang berdurasi 4 jam. Pada penelitian ini terdiri dari empat tindakan utama yaitu perencanaam, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penguasaan pembelajaran tematik materi siklus air dapat dilakukan melalui media PPT dengan bukti pada prasiklus 50% siklus I 65% dan siklus II 77%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah dengan mengimplementasikan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik materi siklus air. Saran dari penelitian ini adalah guru dapat menggunakan model inovatif tipe Project Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Azizah, N., Siswanto, J., & Isnuryantono, E. (2023). 78. Implementasi Model Pembelajaran PjBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Siklus Air Siswa Kelas V SDN Gayamsari 02. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 704–710. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4017

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)