Peningkatan Perencanaan Karir melalui Bimbingan Klasikal Model Experiential Learning pada Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan

Authors

  • Yuhana Latif Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Bimbingan Klasikal, Experiential Learning, Karir

Abstract

Angket kebutuhan peserta didik menunjukkan masih banyaknya peserta didik yang belum memiliki
perencanaan karir masa depan serta minimnya pemahaman mereka tentang pilihan karir yang tersedia
dan bagaimana mempersiapkan diri untuk menghadapi dunia kerja. Penelitian ini dilakukan untuk
mengatasi permasalahan serius berkenaan dengan perencanaan karir yang dihadapi oleh peserta didik
Kelas XI Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis 2 di SMK Negeri 2 Semarang. Penelitian ini
dirancang dalam dua siklus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengkategorian tingkat
perencanaan karir, One Group Pretest-Posttes dan T-Test berpasangan. Sebelum intervensi, sekitar 64%
peserta didik termasuk dalam kategori "Kurang Mampu Merencanakan Karir," menggambarkan
kendala yang signifikan dalam perencanaan karir. Namun, setelah mengikuti program intervensi, terjadi
perubahan positif dan signifikan dalam tingkat perencanaan karir peserta didik. Skor rata-rata
meningkat secara konsisten dari 68 pada pretest menjadi 72 pada post test siklus satu dan meningkat
menjadi 78,83 pada post test siklus 2. Validasi statistik dengan Uji T-Test berpasangan memperkuat
temuan ini, menunjukkan bahwa perubahan tersebut tidak hanya terlihat tetapi juga memiliki validitas
statistik. Penelitian ini membuktikan bahwa intervensi perencanaan karir melalui bimbingan klasikal
model Experiential Learning pada peserta didik kelas xi manajemen perkantoran dan layanan bisnis 2
memiliki dampak positif yang signifikan dalam meningkatkan pemahaman dan perencanaan karir
peserta didik di SMK Negeri 2 Semarang.

References

Andriyanto, R, E., Widiastuti, R., &

Yusmansyah. (2017). Analisis tingkat

ketercapaian tugas perkembangan

karier mahasiswa dan implikasinya

terhadap pelayanan

konseling. Jurnal Pengabdian Pada

Masyarakat, 1(2), 227-234. →

Jurnal cetak

Afriani, C. (2020). Eksperiential Learning

dalam Pendidikan: Konsep dan

Implementasi. Jurnal Pendidikan &

Pengajaran, 54(1), 65–75.

Antoniu, A. (2017). Perencanaan Karir:

Perspektif Manajerial. Prosiding

Konferensi Eropa Tentang

Manajemen, Kepemimpinan, Dan

Tata Kelola, 18–19.

Ariyati, I. (2022). Pengembangan Materi

Bimbingan dan Konseling Klasikal

Bidang Belajar di Sekolah Menengah

Pertama. Bulletin of Counseling and

Psychotherapy, 4(1), 187–194.

Bimrose, J., Brown, A., Holocher-Ertl, T., &

Mulvey, R. (2017). The role of career

adaptabilities for career development:

A comparative study of the US, UK,

and AustriaNo Title. Journal of

Vocational Behavior, 98, 157–174.

Clement, E. (2017). Perencanaan Karir dan

Manajemen untuk Manajer Sumber

Daya Manusia. Jurnal Internasional

Penelitian Sumber Daya Manusia,

(1), 4–14.

Dianasari, A., & Sitompul, N. C. (2021).

Pengembangan Materi Layanan

Klasikal Dalam Bimbingan Belajar

Pada Pembelajaran Abad 21.

Kwangsan: Jurnal Teknologi

Pendidikan, 9(1), 1–17.

Duntari, A. (2018). Perencanaan Karir:

Analisis Proses Pengembangan Karir.

Jurnal Internasional Studi Sumber

Daya Manusia, 8(1), 117–124.

Fathurrohman. (2015). Pembelajaran

Eksperimental dalam Pendidikan.

Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 134–

Fizer, D. (2013). Perencanaan dan

Pengembangan Karir. Penerbit

Cengage Learning.

Gati, I., Krausz, M., & Osipow, S. H. (2020).

A 30-year evolution of the future

planning interview. Journal of

Vocational Behavior, 11 (8), 103–115.

Hartung, P. J., & Taber, B. J. (2019). The

psychology of working: A new

perspective for career development,

counseling, and public policy.

American Psychological Association.

Jiang, Y. (2019). Career Planning and

Career Management. In Handbook of

Research on Cross-Cultural Business

Education (pp. 566-586). IGI Global.

Kinayung, N., Ardiyanti, L. P., & Hidayat,

N. F. (2020). The relationship

between career planning and job

satisfaction: The mediating role of

organizational commitment.

European Journal of Business and

Management Research, 5(2), 149–

Kolb, D. A. (1984). Experiential Learning:

Experience as the Source of Learning

and Development. In Prentice-Hall.

Komara, A. (2016). Perencanaan Karir:

Kajian Proses Pengembangan

Karyawan. Jurnal Ilmiah Eropa,

(20), 38–52.

Komara, I. B. (2016). Hubungan antara

Kepercayaan Diri dengan Prestasi

Belajar dan Perencanaan Karir Siswa.

Psikopedagogi, 5(1), 33–42.

Minor, S. C. (2019). Career Development

and Exploration for College Students.

Kendall Hunt Publishing.

Nasution, B. (2015). Metode Penelitian

Naturalistik-Kualitatif. In PT Bumi

Aksara.

Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian.

Pranada Media Grup.

Nurlela, & S. (2020). Faktor-faktor yang

Mempengaruhi Perencanaan Karir

Calon Guru di Perguruan Tinggi di

Kota Palembang, Sumatera Selatan,

Indonesia. Jurnal Universal

Penelitian Pendidikan, 8(1), 37

–44.

Olaosebikan, D. B., & Olusakin, T. A.

(2014). Employee Career

Development and Its Impact on

Organizational Performance.

International Journal of Human

Resource Studies, 4(2), 44

–57.

Osibanjo, A. O., Oyewunmi, A. E., & Ojo, I.

S. (2014). Career development and

employees’ satisfaction: A case study

of Covenant University. International

Journal of Business and Social

Science, 5(3), 68

–76.

Popescu, L. (2015). Career Development.

In R. Ghosh (Ed.), Workforce

Education and Development: Trends

and Issues. IGI Global.

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019).

Melakukan penelitian tindakan kelas.

Ulumuddin: Jurnal Ilmu

-Ilmu

Keislaman, 9(1), 49

–60.

Savickas, M. L. (2015). Career construction

theory and practice. In R. W. Lent & S.

D. Brown (Eds.), Career development

and counseling: Putting theory and

research to work (pp. 147

-183). John

Wiley & Sons.

Sitompul, I. J. (2018). Perencanaan Karir

Mahasiswa Pendidikan Hotel dan

Pariwisata Berdasarkan Kompetensi

Soft Skill di Era Revolusi Industri 4.0.

Jurnal Internasional Penelitian

Ilmiah & Teknologi, 7(6), 319

–324.

Susanto, A. (2018). Bimbingan Konseling

di Sekolah Cet. I. Prenadamedia

Group.201.

Wibowo, A., Sukmadinata, N. S., &

Permanasari, A. (2019). Pengaruh

lingkungan sekolah terhadap self-

efficacy siswa dalam pembelajaran

sains. Jurnal Pendidikan IPA

Indonesia, 8(2), 184

–193.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Latif, Y. (2023). Peningkatan Perencanaan Karir melalui Bimbingan Klasikal Model Experiential Learning pada Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1237–1245. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5256

Issue

Section

Prosiding 2023