PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKN MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MESIA MONOSILA SISIWA KELAS IV SDN PANDEAN LAMPER 04
Keywords:
Hasil Belajar, Project Based Learning, Penelitian Tindakan Kelas, PPKn, MonosilaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Project Baes Learning dengan berbantuan media Monosila. Pada Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis and M.C taggart dengan empat tahapan pelaksanaan yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaaan (3) pengamatan (4) refleksi. Pelaksanaan dilakukan di kelas IV SDN Pandean Lamper 04. Subjek penelitian 24 siswa yang terdiri atas 17 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Teknik pengambilan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan soal tes dengan bentuk pilihan ganda yang serta uraian yang dilakukan di kelas pada akhir siklus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebelum diterapkan model pembelajaran Project Based Leraning berbantuan media Monosila (pra siklus), hasil belajar PPKn siswa kelas IV SDN Pandean Lamper 04 masih tergolong rendah rendah yaitu dengan ketuntasan klasikal sebesar 38%, 15 siswa belum mencapai KKTP dan 9 siswa sudah memenuhi KKTP. Pada siklus I menunjukkan 13 siswa sudah memenuhi KKTP dan 11 siswa belum memenuhi KKTP dengan klasikal kentuntasan belajar sebesar 54% meskipun hasil belajar terjadi peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media monosila hasilnya belum memenuhi indikator keberhasilan dimana ketuntasan belajar klasikal 80%. Pada siklus II menujukkan 20 siswa memenuhi KKTP dan 4 siswa belum memenuhi KKTP dengan ketuntasan klasikal 83%. Hal tersebut menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar PPKn melalui model Project Based Learning berbantuan media Monosila siswa kelas IV SDN Pandean Lamper 04, yang awalnya pra siklus dengan hasil belajar rendah ketuntasan klasikal 38% pada akhir siklus II peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 83%. Model Project Based Learning berbantuan media Monosila mendorong keterlibatan siswa berinteraksi dan kreatif sehingga dapat memahami materi pancasila.
References
Herianto, E. 2020. Buku Ajar Evaluasi Pembelajaran PPKn. Mataram: Yayasan Nusatenggara Centre Mataram
Rusnaeni, E., Umar, F. & Agus, A. 2018. Pelaksanaan Kurikulum 2013 (K13) Mata Pelajaran PPKn Di Sman 4 Makassar. Tomalebbi: Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 5 (2). 62-70.
Shoimin, A. 2017. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Putri, A. V., Naufal, A. P., Hajron, K. H., & Suryawan, A. 2022. Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa SD Negeri 2 Gandulan. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, Vol. 3, 1600-1609.
Sihotang, N. 2022. Penerapan Permainan Monopoli Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Prosiding SENKIM: Seminar Nasional Karya Ilmiah Multidisiplin, 2 (1), 60-67.
Gumilang, J., R. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Monopoli terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III Sd Negeri 1 Gondang. EDUPROXIMA: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 1 (2), 25-34.
Sukaptiyah, S. 2015. Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Model Problem Based Learning pada Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Mongkrong, Wonosegoro.
Eri,dkk (2022) Implementasi Model Project Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta DidikKelas III SD N Panggung Lor, Jurnal Sinektik Volume 5, Number 1 Tahun 2022.
Ardianti, S. D., Wanabuliandri, S., & Rahardjo , S. (2017). Peningkatan Perilaku Peduli Lingkungan Dan Tanggungjawab Siswa Melalui Model Ejas Dengan Pendekatan Science Edutainment. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Iv(I), 1-7.