Pemberian Layanan Klasikal Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Peserta Didik Kelas XI Kecantikan 2 SMK Negeri 6 Semarang

Authors

  • Shelly Gazela Novatama Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Prestasi Belajar Siswa, Bimbingan Klasikal

Abstract

Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK) ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas XI Kecantikan 2 SMK Negeri 6 Semarang. Jenis penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK) sedangkan pendekatannya menggunakan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 6 Semarang dengan subjek penelitian peserta didik kelas XI Kecantikan 2 yang bejumlah 34 siswa. Objek penelitian ini ialah prestasi belajar siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat kompetensi setiap siklusnya yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru pamong (BK), guru kelas, dan juga guru mata pelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi skala prestasi belajar dan observasi  dan observasi dan instrument pengumpulan data yang digunakan adalah angket prestasi belajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemberian layanan bimbingan klasikal dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI Kecantikan 2 SMK Negeri 6 Semarang. Peningkatan dapat dilihat dari skor rata-rata dari prasiklus hingga siklus 2. Pada pre-test rata-rata siswa memperoleh skor sebesar 75.23% kemudian setelah diadakannya siklus I meningkat menjadi 75.94% dan meningkat kembali pada siklus 2 menjadi 80.03% karena telah mencapai kriteria ketuntasan kategori siap maka penelitian ini dikatakan berhasil.

References

ti, Erman dan Prayitno.2009. Dasar-dasar Bimbingan dam Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

A.M. Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta Rajawali Press.

Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Syafi’I, Ahmad dkk.2018. Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek DanFaktor Yang Mempengaruhi.Jurnal komunikasi Pendidikan.2,122.

Sudjana, Nana. 2001. Penelitian Dan Penilaian Pendidikan.Bandung: Sinar Baru

Sugiyono.2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Sukmawandi, Nana

Syaodih.2012.Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Triono, M. d. (2014). Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta:Paramitra.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Novatama, S. G. . (2023). Pemberian Layanan Klasikal Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Peserta Didik Kelas XI Kecantikan 2 SMK Negeri 6 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1210–1213. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5251

Issue

Section

Prosiding 2023