Efektivitas Layanan Bimbingan Klasikal Metode Brainstorming (Curah Pendapat) Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas XI-8 SMA Negeri 10 Semarang

Authors

  • Muhammad Iqbal Firmansyah Universitas PGRI Semarang
  • Suhendri Universitas PGRI Semarang
  • Farah Dina SMA N 10 Semarang

Keywords:

Bimbingan Klasikal, Brainstorming, Kedisiplinan Belajar

Abstract

Penelitian Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Penelitian tindakan pada hakikatnya merupakan rangkaian “riset- tindakan” yang dilakukan dalam rangkaian guna memecahkan masalah. Penelitian ini membahas masalah kedisiplinan belajar peserta didik yang masih rendah. Selanjutnya diberikan tindakan berupa penerapan layanan bimbingan klasikal metode Brainstroming (Curah Pendapat). Penelitian ini dilakukan di SMAN 10 Semarang. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI-8 yang berjumlah 36 siswa mengalami masalah terkait kedisiplinan belajar. Hasil dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan klasikal metode brainstorming (curah pendapat) dapat meningkatkan kedisiplinan belajar siswa kelas XI-8 SMA Negeri 10 Semarang.

References

Ariza, R, T I Kusumawa, & R N Rambe. 2022. “Tingkat Kedisiplinan Siswa Selama Pelaksanaan Pembelajaran Luring Kembali Di Sekolah MIS Al-Khairiyah Sunggal.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK 4(6): 1089–1094.Adiputra, Sofwan. Penggunaan Teknik Modeling Terhadap Perencanaan Karir Siswa. Fokus Konseling 1, no. 1 (2015): 45–56. https://doi.org/10.26638/jfk.70.2 099.

Bulantika, S. Z. (2019). Efektivitas Konseling Individual Menggunakan Teknik Brainstorming Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal. Ghaidan:Jurnal Bimbingan Konseling Islam Dan Kemasyarakatan, 3(2), 24- 30.

Dewi, Rosmala. 2016. “Profesionalisme Guru Bimbingan dan Konseling Melalui PenelitianTindakan Bimbingan Konseling”. Medan : Unimed Press.

Fauziyah, Nur Vita, & Abdul Muhid. 2021. “Efektivitas Layanan Konseling Individu Dengan Teknik Behavior Contract Untuk Mengatasi Perilaku Membolos Siswa: Literature Review.” In Jurnal Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling : Teori Dan Praktik, , 1–48.

Lestari, Kiki Rizki Indah; SUBARDI, Subardi. Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal Terhadap Kedisiplinan Belajar. IJoCE: Indonesian Journal of Counseling and Education, 2023, 4.02: 38-45.

Mardes, S, K Khadijah, & R Arlizon. 2022. “Upaya Guru Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Era New Normal.” Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK 4(1): 569–575.

Nabila, Siti. 2020. Pengaruh Kinerja Guru Bimbingan Dan Konseling Terhadap Kedisiplinan Siswa Di MAN 19 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.Mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, 16(1)

Putra, H M. 2020. “Perilaku Kedisiplinan Siswa Dilihat Dari Etika Belajar Di Dalam Kelas.” Jurnal Prakarsa Paedagogia 3(1).

Soegeng. 2017. Dasar-Dasar Penelitian. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-12-26

How to Cite

Firmansyah, M. I., Suhendri, & Farah Dina. (2024). Efektivitas Layanan Bimbingan Klasikal Metode Brainstorming (Curah Pendapat) Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas XI-8 SMA Negeri 10 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 182–189. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6212

Issue

Section

Bimbingan dan Konseling