264. Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model PBL Berbantuan Power Point pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tema 7 Kelas 2 SDN 2 Purwosari

Authors

  • Wahyu Azim Utomo Universitas PGRI Semarang
  • Mudzanatun Universitas PGRI Semarang
  • Yunita Setyowati SD N 2 Purwosari
  • Indah Normasari SD N 2 Purwosari

Keywords:

Problem Based Learning (PBL), Power Point, Learning Outcomes

Abstract

Artikel ini menggambarkan sebuah penelitian yang dilakukan untuk mengevaluasi pengaruh penggunaan pendekatan PBL (Problem-Based Learning) berbantuan Power Point terhadap hasil belajar siswa kelas 2 materi kebersamaan mupel bahasa indonesia SDN 2 Purwosari. Sebelum menerapkan pendekatan tersebut, siswa-siswa ini memperoleh rata-rata nilai 67,1% pada prasiklus, menunjukkan bahwa sebagian besar dari mereka belum mencapai tingkat keberhasilan yang diharapkan. Tingkat ketuntasan klasikal pada prasiklus juga hanya mencapai 32,26%, mengindikasikan bahwa hanya sebagian siswa yang berhasil mencapai standar yang ditetapkan. Namun, setelah menerapkan pendekatan PBL berbantuan Power Point, terjadi peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa dari siklus ke siklus. Rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 72,9% pada siklus 1, dengan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 48,39%. Pada siklus 2, rata-rata nilai siswa lebih lanjut meningkat menjadi 76,88%, dengan tingkat ketuntasan klasikal mencapai 77,42%. Pada siklus 3, terjadi peningkatan yang lebih lanjut, dengan rata-rata nilai siswa mencapai 81,97% dan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 87,1%. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa telah mencapai standar yang telah ditetapkan. Dengan demikian, artikel ini menyimpulkan bahwa penggunaan pendekatan PBL berbantuan Power Point memiliki dampak positif pada hasil belajar siswa kelas 2 SDN 02 Purwosari. Terdapat peningkatan yang signifikan dalam rata-rata nilai dan tingkat ketuntasan klasikal dari siklus ke siklus, menunjukkan efektivitas pendekatan ini dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Utomo, W. A., Mudzanatun, Setyowati, Y., & Normasari, I. (2023). 264. Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model PBL Berbantuan Power Point pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tema 7 Kelas 2 SDN 2 Purwosari. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2329–2335. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4378

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)