Metode Think Pair Share (TPS) Pada Layanan Bimbingan Klasikal Sebagai Upaya Meningkatkan Tanggung Jawab Siswa
Keywords:
Tanggung Jawab Belajar, Bimbingan Klasikal, Think Pair ShareAbstract
Karakter sikap tanggung jawab menjadi salah satu nilai dari Pendidikan karakter yang perlu untuk
ditanamkan. Kurangnya sikap tanggung jawab terutama pada ranah belajar memicu barbagai masalah
pada diri siswa. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk meningkatkansikap tanggung jawab belajar siswa
menggunakan metode Think Pair Share dalam strategi layanan bimbingan klasikal. Metode
pengambilan data menggunakan instrument skala psikologis yang di konvensi ke dalam skala linkert
dengan empat pilihan jawaban. Metode penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode deskriptif
komparasi pada setiap siklus tindakannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model
layanan klasikal dengan metode Think Pair Share dapat meningkatkan sikap tanggung jawab siswa kelas
X-9 SMA Negeri 5 Semarang yang dibuktikan dengan meningkatnya indikator-indikaror sikap tanggung
ajwab belajar siswa selama proses layanan.
References
Aisyah, A., Nusantoro, E., & Kurniawan, K.
(2014). Meningkatkan Tanggung
Jawab Belajar melalui Layanan
Penguasaan Konten. Indonesian
Journal Of Guidance And
Counseling: Theory And Application,
(3), 60–66.
http://journal.unnes.ac.id/sju/index.
php/jbk
Anwar, S. S. (2014). Tanggung Jawab
Pendidikan Dalam Perspektif
Psikologi Agama. Psympathic :
Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(1), 11–21.
https://doi.org/10.15575/psy.v1i1.463
Aprianti, M., Nurkhalisa, M., Arifin, M. H.,
& Rustini, T. (2022). Peran
Pembelajaran IPS dalam Membentuk
Karakter Bertanggung Jawab Sosial
Siswa. Jurnal Edukasi Informal,
(2), 186–187.
Apriyanti, D., & Ayu, M. (2020). Think-
Pair-Share: Engaging Students in
Speaking Activities in Classroom.
Journal of English Language
Teaching and Learning, 1(1), 13–19.
https://doi.org/10.33365/jeltl.v1i1.24
Mungzilina, A. K., Kristin, F., &
Anugraheni, I. (2018). Penerapan
Model Pembelajaran Problem Based
Learning Untuk Meningkatkan
Tanggung Jawab Dan Hasil Belajar
Siswa Kelas 2 Sd. NATURALISTIC :
Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan
Dan Pembelajaran, 2(2), 184–195.
https://doi.org/10.35568/naturalistic
.v2i2.209
Sari, S. P., & Bermuli, J. E. (2021).
Pembentukan Karakter Tanggung
Jawab Siswa pada Pembelajaran
Daring Melalui Implementasi
Pendidikan Karakter. Jurnal
Kependidikan: Jurnal Hasil
Penelitian Dan Kajian Kepustakaan
Di Bidang Pendidikan, Pengajaran
Dan Pembelajaran, 7(1), 110.
https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.315
Siagian, M. R., & Tambusai, K. (2023).
STRATEGI GURU BIMBINGAN DAN
KONSELING MENUMBUHKAN
KARAKTER JUJUR DAN
BERTANGGUNG JAWAB PADA
SISWA. 4(1), 151–161.
Surayya, L., Subagia, I. W., & Tika, I. .
(2014). Pengaruh Model
Pembelajaran Think Pair Share
Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau
dari Keterampilan Berpikir Kritis
Siswa. E-Journal Program
Pascasarjana Universitas
Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–11.
https://doi.org/10.36294/jmp.v2i1.12
Syafitri, R. (2017). Meningkatkan
Tanggung Jawab Belajar Melalui
Strategi Giving Questions and Getting
Answers Pada Siswa. Jurnal
Penelitian Dan Pengembangan
Pendidikan, 1(2), 57–63.
https://doi.org/10.23887/jppp.v1i2.1
Yulita, A., Sukmawati, E., &
Kamaruzzaman. (2021). Upaya
Meningkatkan Sikap Tanggung
Jawab Belajar Melalui Konseling
Kelompok Pada Siswa Sekolah
Menengah Pertama Negeri 1 Subah.
BIKONS: Jurnal Bimbingan
Konseling, 1(2), 2–3.
https://jurnal.fipps.ikippgriptk.ac.id/
index.php/BK/article/view/74