Metode Think Pair Share (TPS) Pada Layanan Bimbingan Klasikal Sebagai Upaya Meningkatkan Tanggung Jawab Siswa

Authors

  • Friska Yuniar Nindi Pratiwi Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Tanggung Jawab Belajar, Bimbingan Klasikal, Think Pair Share

Abstract

Karakter sikap tanggung jawab menjadi salah satu nilai dari Pendidikan karakter yang perlu untuk
ditanamkan. Kurangnya sikap tanggung jawab terutama pada ranah belajar memicu barbagai masalah
pada diri siswa. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk meningkatkansikap tanggung jawab belajar siswa
menggunakan metode Think Pair Share dalam strategi layanan bimbingan klasikal. Metode
pengambilan data menggunakan instrument skala psikologis yang di konvensi ke dalam skala linkert
dengan empat pilihan jawaban. Metode penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode deskriptif
komparasi pada setiap siklus tindakannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model
layanan klasikal dengan metode Think Pair Share dapat meningkatkan sikap tanggung jawab siswa kelas
X-9 SMA Negeri 5 Semarang yang dibuktikan dengan meningkatnya indikator-indikaror sikap tanggung
ajwab belajar siswa selama proses layanan.

References

Aisyah, A., Nusantoro, E., & Kurniawan, K.

(2014). Meningkatkan Tanggung

Jawab Belajar melalui Layanan

Penguasaan Konten. Indonesian

Journal Of Guidance And

Counseling: Theory And Application,

(3), 60–66.

http://journal.unnes.ac.id/sju/index.

php/jbk

Anwar, S. S. (2014). Tanggung Jawab

Pendidikan Dalam Perspektif

Psikologi Agama. Psympathic :

Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(1), 11–21.

https://doi.org/10.15575/psy.v1i1.463

Aprianti, M., Nurkhalisa, M., Arifin, M. H.,

& Rustini, T. (2022). Peran

Pembelajaran IPS dalam Membentuk

Karakter Bertanggung Jawab Sosial

Siswa. Jurnal Edukasi Informal,

(2), 186–187.

Apriyanti, D., & Ayu, M. (2020). Think-

Pair-Share: Engaging Students in

Speaking Activities in Classroom.

Journal of English Language

Teaching and Learning, 1(1), 13–19.

https://doi.org/10.33365/jeltl.v1i1.24

Mungzilina, A. K., Kristin, F., &

Anugraheni, I. (2018). Penerapan

Model Pembelajaran Problem Based

Learning Untuk Meningkatkan

Tanggung Jawab Dan Hasil Belajar

Siswa Kelas 2 Sd. NATURALISTIC :

Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan

Dan Pembelajaran, 2(2), 184–195.

https://doi.org/10.35568/naturalistic

.v2i2.209

Sari, S. P., & Bermuli, J. E. (2021).

Pembentukan Karakter Tanggung

Jawab Siswa pada Pembelajaran

Daring Melalui Implementasi

Pendidikan Karakter. Jurnal

Kependidikan: Jurnal Hasil

Penelitian Dan Kajian Kepustakaan

Di Bidang Pendidikan, Pengajaran

Dan Pembelajaran, 7(1), 110.

https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.315

Siagian, M. R., & Tambusai, K. (2023).

STRATEGI GURU BIMBINGAN DAN

KONSELING MENUMBUHKAN

KARAKTER JUJUR DAN

BERTANGGUNG JAWAB PADA

SISWA. 4(1), 151–161.

Surayya, L., Subagia, I. W., & Tika, I. .

(2014). Pengaruh Model

Pembelajaran Think Pair Share

Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau

dari Keterampilan Berpikir Kritis

Siswa. E-Journal Program

Pascasarjana Universitas

Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–11.

https://doi.org/10.36294/jmp.v2i1.12

Syafitri, R. (2017). Meningkatkan

Tanggung Jawab Belajar Melalui

Strategi Giving Questions and Getting

Answers Pada Siswa. Jurnal

Penelitian Dan Pengembangan

Pendidikan, 1(2), 57–63.

https://doi.org/10.23887/jppp.v1i2.1

Yulita, A., Sukmawati, E., &

Kamaruzzaman. (2021). Upaya

Meningkatkan Sikap Tanggung

Jawab Belajar Melalui Konseling

Kelompok Pada Siswa Sekolah

Menengah Pertama Negeri 1 Subah.

BIKONS: Jurnal Bimbingan

Konseling, 1(2), 2–3.

https://jurnal.fipps.ikippgriptk.ac.id/

index.php/BK/article/view/74

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Nindi Pratiwi, F. Y. (2023). Metode Think Pair Share (TPS) Pada Layanan Bimbingan Klasikal Sebagai Upaya Meningkatkan Tanggung Jawab Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1091–1099. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5228

Issue

Section

Prosiding 2023