Pemanfaatan Lesson Quizizz dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X DPIB 3 SMK
Keywords:
Media Pembelajaran, Lesson Quizizz, Keaktifan Belajar, Hasil BelajarAbstract
Penggunaan media pembelajaran menjadi salah satu aspek penting dalam pembelajaran matematika.
Berdasarkan pengamatan di kelas X DPIB-3 di salah satu SMK Negeri di Kota Semarang menunjukkan
kecenderungan siswa mengalami penurunan minat belajar pada setengah jam pelajaran kedua karena
alokasi waktu pembelajaran sebanyak empat jam pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan
keaktifan dan hasil belajar peserta didik dengan memanfaatkan lesson quizizz. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek 36 peserta didik kelas X DPIB-3 tahun ajaran
2023/2024. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan observasi. Teknik analisis
penelitian ini adalah Teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu suatu model penelitian yang bersifat
menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh selama proses pembelajaran.
Berdasarkan penelitian tindakan kelas tersebut menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil
belajar peserta didik dengan memanfaatkan lesson quizizz. Hal tersebut dapat dilihat melalui: (1)
Indikator keaktifan belajar peserta didik yang menunjukkan semangat dalam melaksanakan proses
pembelajaran, berani mengajukan pertanyaan selama pembelajaran, berani menjawab pertanyaan yang
diberikan, dan berani mempresentasikan hasil pemahamannya di depan kelas. (2) Persentase
ketuntasan peserta didik mencapai KKM 75 sebelum tindakan sebesar 28%, pada akhir siklus meningkat
menjadi 94%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran dengan
memanfaatkan lesson quizizz efektif dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik.
References
Alfaeni, D., Nurkanti, M., & Halimah, M.
(2022). Kemampuan Kolaborasi
Siswa Melalui Model Project Based
Learning Menggunakan Zoom Pada
Materi Ekosistem. BIOEDUKASI
(Jurnal Pendidikan Biologi), 13(2),
https://doi.org/10.24127/bioedukasi.
v13i2.6330
Arisandi, S. N. (2022). Penggunaan Media
Pembelajaran Liveworksheets Dalam
Meningkatkan Hasil Belajar Kimia
Pada Materi Konsep Mol.
SECONDARY: Jurnal Inovasi
Pendidikan Menengah, 2(3), 306–
https://doi.org/10.51878/secondary.
v2i3.1361
Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan
Penggunaan Media Pembelajaran
Berbasis Game Edukasi Quizizz
Terhadap Hasil Belajar Teknologi
Perkantoran Siswa Kelas X SMK
Ketintang Surabaya. Jurnal
Pendidikan Administrasi
Perkantoran (JPAP), 8(2), 261–272.
https://doi.org/10.26740/jpap.v8n2.
p261-272
Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil
Belajar Siswa. Jurnal Education and
Development, 8(2), 468–480.
Haryadi, R., Nuraini, H., & Kansaa, A.
(2021). Pengaruh Media
Pembelajaran E-Learning Terhadap
Hasil Belajar Siswa. AtTàlim : Jurnal
Pendidikan, 7(1), 2548–4419.
Made, A. M., Ambiyar, A., Riyanda, A. R.,
Sagala, M. K., & Adi, N. H. (2022).
Implementasi Model Project Based
Learning (PjBL) dalam Upaya
Meningkatkan Hasil Belajar
Mahasiswa Teknik Mesin. Edukatif :
Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5162–
https://doi.org/10.31004/edukatif.v4
i4.3128
Mbagho, H. M., & Tupen, S. N. (2020).
Pembelajaran Matematika Realistik
dalam Meningkatkan Hasil Belajar
Matematika Materi Operasi Bilangan
Pecahan. Jurnal Basicedu, 5(1), 121–
https://doi.org/10.31004/basicedu.v
i1.632
Muliya, M. (2022). Penerapan Media
Quizizz Dalam Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran
Bahasa Indonesia Kelas X Busana 2.
ENGGANG: Jurnal Pendidikan,
Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya,
(1), 65–78.
https://doi.org/10.37304/enggang.v3
i1.7404
Netriwati, & Lena, mai S. (2022). Media
Pembelajaran Matematika SMP.
Bandar Lampung: Permata Net,
May, 340.
https://www.researchgate.net/profile
/Netriwati-
Netriwati/publication/332935226_M
EDIA_PEMBELAJARAN_MATEMA
TIKA/links/5cd29c97a6fdccc9dd93ac
c/MEDIA-PEMBELAJARAN-
MATEMATIKA.pdf
Putri, F. E., Amelia, F., & Gusmania, Y.
(2019). Hubungan Antara Gaya
Belajar dan Keaktifan Belajar
Matematika Terhadap Hasil Belajar
Siswa. Edumatika: Jurnal Riset
Pendidikan Matematika, 2(2), 83.
https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i2.
Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020).
Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa
dengan Penggunaan Metode Ceramah
Interaktif. Journal of Educational
Chemistry (JEC), 2(2), 40.
https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.
6059
Somantri, D. (2021). ABAD 21
PENTINGNYA KOMPETENSI
PEDAGOGIK GURU. Equilibrium:
Jurnal Penelitian Pendidikan Dan
Ekonomi, 18(02), 188–195.
https://doi.org/10.25134/equi.v18i2.
Suliso, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D.
(2011). Penelitian Tindakan Kelas
sebagai Sarana Pengembangan
Keprofesionalan Guru dan Calon
Guru. Malang: Bayumedia
Publishing.