Pemanfaatan Lesson Quizizz dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X DPIB 3 SMK

Authors

  • Ahmad Asror Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Media Pembelajaran, Lesson Quizizz, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Penggunaan media pembelajaran menjadi salah satu aspek penting dalam pembelajaran matematika.
Berdasarkan pengamatan di kelas X DPIB-3 di salah satu SMK Negeri di Kota Semarang menunjukkan
kecenderungan siswa mengalami penurunan minat belajar pada setengah jam pelajaran kedua karena
alokasi waktu pembelajaran sebanyak empat jam pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan
keaktifan dan hasil belajar peserta didik dengan memanfaatkan lesson quizizz. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek 36 peserta didik kelas X DPIB-3 tahun ajaran
2023/2024. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan observasi. Teknik analisis
penelitian ini adalah Teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu suatu model penelitian yang bersifat
menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh selama proses pembelajaran.
Berdasarkan penelitian tindakan kelas tersebut menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil
belajar peserta didik dengan memanfaatkan lesson quizizz. Hal tersebut dapat dilihat melalui: (1)
Indikator keaktifan belajar peserta didik yang menunjukkan semangat dalam melaksanakan proses
pembelajaran, berani mengajukan pertanyaan selama pembelajaran, berani menjawab pertanyaan yang
diberikan, dan berani mempresentasikan hasil pemahamannya di depan kelas. (2) Persentase
ketuntasan peserta didik mencapai KKM 75 sebelum tindakan sebesar 28%, pada akhir siklus meningkat
menjadi 94%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran dengan
memanfaatkan lesson quizizz efektif dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik.

References

Alfaeni, D., Nurkanti, M., & Halimah, M.

(2022). Kemampuan Kolaborasi

Siswa Melalui Model Project Based

Learning Menggunakan Zoom Pada

Materi Ekosistem. BIOEDUKASI

(Jurnal Pendidikan Biologi), 13(2),

https://doi.org/10.24127/bioedukasi.

v13i2.6330

Arisandi, S. N. (2022). Penggunaan Media

Pembelajaran Liveworksheets Dalam

Meningkatkan Hasil Belajar Kimia

Pada Materi Konsep Mol.

SECONDARY: Jurnal Inovasi

Pendidikan Menengah, 2(3), 306–

https://doi.org/10.51878/secondary.

v2i3.1361

Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan

Penggunaan Media Pembelajaran

Berbasis Game Edukasi Quizizz

Terhadap Hasil Belajar Teknologi

Perkantoran Siswa Kelas X SMK

Ketintang Surabaya. Jurnal

Pendidikan Administrasi

Perkantoran (JPAP), 8(2), 261–272.

https://doi.org/10.26740/jpap.v8n2.

p261-272

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil

Belajar Siswa. Jurnal Education and

Development, 8(2), 468–480.

Haryadi, R., Nuraini, H., & Kansaa, A.

(2021). Pengaruh Media

Pembelajaran E-Learning Terhadap

Hasil Belajar Siswa. AtTàlim : Jurnal

Pendidikan, 7(1), 2548–4419.

Made, A. M., Ambiyar, A., Riyanda, A. R.,

Sagala, M. K., & Adi, N. H. (2022).

Implementasi Model Project Based

Learning (PjBL) dalam Upaya

Meningkatkan Hasil Belajar

Mahasiswa Teknik Mesin. Edukatif :

Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5162–

https://doi.org/10.31004/edukatif.v4

i4.3128

Mbagho, H. M., & Tupen, S. N. (2020).

Pembelajaran Matematika Realistik

dalam Meningkatkan Hasil Belajar

Matematika Materi Operasi Bilangan

Pecahan. Jurnal Basicedu, 5(1), 121–

https://doi.org/10.31004/basicedu.v

i1.632

Muliya, M. (2022). Penerapan Media

Quizizz Dalam Meningkatkan Hasil

Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran

Bahasa Indonesia Kelas X Busana 2.

ENGGANG: Jurnal Pendidikan,

Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya,

(1), 65–78.

https://doi.org/10.37304/enggang.v3

i1.7404

Netriwati, & Lena, mai S. (2022). Media

Pembelajaran Matematika SMP.

Bandar Lampung: Permata Net,

May, 340.

https://www.researchgate.net/profile

/Netriwati-

Netriwati/publication/332935226_M

EDIA_PEMBELAJARAN_MATEMA

TIKA/links/5cd29c97a6fdccc9dd93ac

c/MEDIA-PEMBELAJARAN-

MATEMATIKA.pdf

Putri, F. E., Amelia, F., & Gusmania, Y.

(2019). Hubungan Antara Gaya

Belajar dan Keaktifan Belajar

Matematika Terhadap Hasil Belajar

Siswa. Edumatika: Jurnal Riset

Pendidikan Matematika, 2(2), 83.

https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i2.

Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020).

Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa

dengan Penggunaan Metode Ceramah

Interaktif. Journal of Educational

Chemistry (JEC), 2(2), 40.

https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.

6059

Somantri, D. (2021). ABAD 21

PENTINGNYA KOMPETENSI

PEDAGOGIK GURU. Equilibrium:

Jurnal Penelitian Pendidikan Dan

Ekonomi, 18(02), 188–195.

https://doi.org/10.25134/equi.v18i2.

Suliso, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D.

(2011). Penelitian Tindakan Kelas

sebagai Sarana Pengembangan

Keprofesionalan Guru dan Calon

Guru. Malang: Bayumedia

Publishing.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Asror, A. (2023). Pemanfaatan Lesson Quizizz dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X DPIB 3 SMK. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1257–1265. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5258

Issue

Section

Prosiding 2023