6. Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Canva Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Kelas II SD Negeri Mijen 2 Demak

Authors

  • Barikatun Lana Universitas PGRI Semarang
  • Noor Miyono Universitas PGRI Semarang
  • Sri Rowati SD Negeri Mijen 2 Demak

Keywords:

Problem Based Learning, Media canva, berpikir kritis

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam proses pembelajaran melalui penerapan model Problem Based Learning Berbantuan Media Canva. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) direncanakan terdiri dari dua siklus. tahapan tiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di kelas II SD Negeri Mijen 2 Demak dengan subjek penelitian 20 siswa. Variabel bebas dari penelitian ini adalah mdel Problem Based Learning, sedangkan variabel terikat adalah kemampuan berpikir kritis. Dari hasil penelitian kemampuan berpikir kritis menunjukkan adanya peningkatan pada siklus I mencapai rata-rata 70 dan mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 78,57. Dari peneilitan maka ketuntasan belajar sisswa dapat dipeoleh dari ra siklus ada 11 tuntas (55%), pada siklus I meningkat 14 siswa Tuntas (70%) dan pada siklus ke II menjadi 17 siswa tuntas (85%).  Peningkatan kemampuan berpikir kritis berdampak pada siswa. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan berbantuan media canva pada kelas II SD Negeri Mijen 2 Demak.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Lana, B., Miyono, N., & Rowati, S. (2023). 6. Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Canva Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Kelas II SD Negeri Mijen 2 Demak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 44–51. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3913

Issue

Section

Prosiding 2023

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.