Inovasi Model Problem Based Learning berbantuan LKPD dengan Platform Liveworksheet pada Pembelajaran Matematika
Keywords:
liveworksheet, problem based learning, keaktifan, hasil belajarAbstract
Guru bertugas sebagai fasilitator dalam mempersiapkan pembelajaran yang akan dilaksanakan sesuai
dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan abad 21. Permasalahan di sekolah yang dihadapi adalah
keaktifan peserta didik yang masih kurang dan ketuntasan belajar kurang dari 75%. Berdasarkan hal itu,
maka dilakukan penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan hasil belajar aspek kognitif dan aspek
afektif pada mata pelajaran matematika menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan
lembar kerja online berbentuk liveworksheet. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik
analisis kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan jumlah peserta
didik kelas XII IPS 1 SMA Kesatrian 2 Semarang sebanyak 28 peserta didik. Pada prasiklus, peserta
didik memiliki tingkat ketuntasan 64% dan nilai rata-rata 71,25. Selanjutnya siklus I meningkatkan
tingkat ketuntasan menjadi 79% dan nilai rata-rata sebesar 78,04. Kemudian pada siklus II peserta
didik memiliki tingkat ketuntasan 82% dan nilai rata-rata 83,57. Selain itu keaktifan peserta didik
meningkat yaitu 82% pada siklus I menjadi 87% pada siklus II.
References
Amalia, D., Zaini, M., & Halang, B. (2022).
Kualitas E-LKPD (Elektronik Lembar
Kerja Peserta Didik) Konsep Plantae
Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis
Jenjang SMA. Journal of Mathematics
Science and Computer Education,
(1).
https://doi.org/10.20527/jmscedu.v2i
4768
Arends, R. I. (2012). Learning to Teach
(Ninth Edition). McGraw-Hill.
Fepiana, S., & Salamah, S. (2022).
Peningkatan Keaktifan Belajar dan
Kemandirian Belajar IPS melalui
Media Pembelajaran Liveworksheet
pada Peserta Didik Kelas VIIA di SMP.
Proceedings Series on Social Sciences
& Humanities, 3.
https://doi.org/10.30595/pssh.v3i.37
Khikmiyah, F. (2021). IMPLEMENTASI
WEB LIVE WORKSHEET BERBASIS
PROBLEM BASED LEARNING
DALAM PEMBELAJARAN
MATEMATIKA. Pedagogy: Jurnal
Pendidikan Matematika, 6(1).
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v
i1.1193
Kusumaningsih, W., Sutrisno, S., &
Hidayah, F. (2019). Efektivitas Model
Pembelajaran Savi dan React
Berbantuan LKS terhadap
Kemampuan Komunikasi Matematis
Siswa SMP. Journal of Medives :
Journal of Mathematics Education
IKIP Veteran Semarang, 3(2).
https://doi.org/10.31331/medivesvete
ran.v3i2.763
Nurwijayanti, S., & Sulisworo, D. (2022).
PENGEMBANGAN E-LKPD
BERBASIS PROBLEM BASED
LEARNING (PBL) UNTUK
PENINGKATAN KEMAMPUAN
KOMUNIKASI MATEMATIS
PESERTA DIDIK MATERI
PERSAMAAN GARIS LURUS
BERBANTUAN WEBSITE
LIVEWORKSHEET. AdMathEduSt:
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan
Matematika, 9(2).
https://doi.org/10.12928/admathedu
st.v9i2.23255
Panut, P., Nuraeni, Z., & Yuliardi, R.
(2018). Kemampuan Pemahaman
Siswa dalam Materi Himpunan
Melalui Model Pembelajaran Make A
Match. JUMLAHKU :
JurnalMatematika Ilmiah STKIP
Muhammadiyah Kuningan, 4(1), 98–
Prabowo, A. (2021). Penggunaan
Liveworksheet dengan Aplikasi
Berbasis Web untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal
Pendidikan Dan Teknologi Indonesia,
(10), 383–388.
https://doi.org/10.52436/1.jpti.87
Purnomo, Hidayati, Y. M., & Samsiyah, S.
(2022). Penerapan Model Problem-
Based Learning Berbasis
Liveworksheet Untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah
Dasar. Educatif Journal of Education
Research, 4(3).
https://doi.org/10.36654/educatif.v4i
211
Rauf, I., Arifin, I. N., & Arif, R. M. (2022).
Pengaruh Model Problem Based
Learning Terhadap Kemampuan
Berpikir Kritis Siswa. PEDAGOGIKA.
https://doi.org/10.37411/pedagogika.
v13i2.1354
Rhosyida, N., Muanifah, M. T., Trisniawati,
T., & Hidayat, R. A. (2021).
MENGOPTIMALKAN PENILAIAN
DENGAN LIVEWORKSHEET PADA
FLIPPED CLASSROOM DI SD.
Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan
Ke-SD-An, 5(1).
https://doi.org/10.30738/tc.v5i1.9749
Sihombing, Y. M., Almaida, P., Nurholipah,
S., Oktaviani, I., & Saefullah, A. (2022).
PENGEMBANGAN LKPD
INTERAKTIF PADA MATERI
TEKANAN HIDROSTATIS
MENGGUNAKAN MEDIA
LIVEWORKSHEET. Jurnal
Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan
Fisika, 3(1).
https://doi.org/10.31851/luminous.v3
i1.6713
Sole, F. B., & Anggraeni, D. M. (2018).
Inovasi Pembelajaran Elektronik dan
Tantangan Guru Abad 21. Jurnal
Penelitian Dan Pengkajian Ilmu
Pendidikan: E-Saintika, 2(1).
saintika.v2i1.79
Sutrisno, S., Zuliyawati, N., & Setyawati, R.
D. (2020). Efektivitas Model
Pembelajaran Problem-Based
Learning dan Think Pair Share
Berbantuan Geogebra Terhadap
Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematis. Journal of Medives :
Journal of Mathematics Education
IKIP Veteran Semarang, 4(1).
https://doi.org/10.31331/medivesvete
ran.v4i1.930
Wali, G. N. K., Winarko, W., & Murniasih,
T. R. (2020). PENINGKATAN
KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR
SISWA DENGAN PENERAPAN
METODE TUTOR SEBAYA.
RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains &
Teknologi, 2(2).
https://doi.org/10.21067/jtst.v2i2.357
Widiyani, A., & Pramudiani, P. (2021).
Pengembangan Lembar Kerja Peserta
Didik (LKPD) Berbasis Software
Liveworksheet pada Materi PPKn.
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset
Pedagogik, 5(1).
https://doi.org/10.20961/jdc.v5i1.531
Yuliawati, F., Suprihatiningrum, J., &
Rokhimawan, M. A. (2012). Penelitian
Tindakan Kelas untuk Tenaga
Pendidik Profesional (Arifin, Ed.).
PEDAGOGIA.