Inovasi Model Problem Based Learning berbantuan LKPD dengan Platform Liveworksheet pada Pembelajaran Matematika

Authors

  • Istianah Universitas PGRI Semarang

Keywords:

liveworksheet, problem based learning, keaktifan, hasil belajar

Abstract

Guru bertugas sebagai fasilitator dalam mempersiapkan pembelajaran yang akan dilaksanakan sesuai
dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan abad 21. Permasalahan di sekolah yang dihadapi adalah
keaktifan peserta didik yang masih kurang dan ketuntasan belajar kurang dari 75%. Berdasarkan hal itu,
maka dilakukan penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan hasil belajar aspek kognitif dan aspek
afektif pada mata pelajaran matematika menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan
lembar kerja online berbentuk liveworksheet. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik
analisis kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan jumlah peserta
didik kelas XII IPS 1 SMA Kesatrian 2 Semarang sebanyak 28 peserta didik. Pada prasiklus, peserta
didik memiliki tingkat ketuntasan 64% dan nilai rata-rata 71,25. Selanjutnya siklus I meningkatkan
tingkat ketuntasan menjadi 79% dan nilai rata-rata sebesar 78,04. Kemudian pada siklus II peserta
didik memiliki tingkat ketuntasan 82% dan nilai rata-rata 83,57. Selain itu keaktifan peserta didik
meningkat yaitu 82% pada siklus I menjadi 87% pada siklus II.

References

Amalia, D., Zaini, M., & Halang, B. (2022).

Kualitas E-LKPD (Elektronik Lembar

Kerja Peserta Didik) Konsep Plantae

Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis

Jenjang SMA. Journal of Mathematics

Science and Computer Education,

(1).

https://doi.org/10.20527/jmscedu.v2i

4768

Arends, R. I. (2012). Learning to Teach

(Ninth Edition). McGraw-Hill.

Fepiana, S., & Salamah, S. (2022).

Peningkatan Keaktifan Belajar dan

Kemandirian Belajar IPS melalui

Media Pembelajaran Liveworksheet

pada Peserta Didik Kelas VIIA di SMP.

Proceedings Series on Social Sciences

& Humanities, 3.

https://doi.org/10.30595/pssh.v3i.37

Khikmiyah, F. (2021). IMPLEMENTASI

WEB LIVE WORKSHEET BERBASIS

PROBLEM BASED LEARNING

DALAM PEMBELAJARAN

MATEMATIKA. Pedagogy: Jurnal

Pendidikan Matematika, 6(1).

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v

i1.1193

Kusumaningsih, W., Sutrisno, S., &

Hidayah, F. (2019). Efektivitas Model

Pembelajaran Savi dan React

Berbantuan LKS terhadap

Kemampuan Komunikasi Matematis

Siswa SMP. Journal of Medives :

Journal of Mathematics Education

IKIP Veteran Semarang, 3(2).

https://doi.org/10.31331/medivesvete

ran.v3i2.763

Nurwijayanti, S., & Sulisworo, D. (2022).

PENGEMBANGAN E-LKPD

BERBASIS PROBLEM BASED

LEARNING (PBL) UNTUK

PENINGKATAN KEMAMPUAN

KOMUNIKASI MATEMATIS

PESERTA DIDIK MATERI

PERSAMAAN GARIS LURUS

BERBANTUAN WEBSITE

LIVEWORKSHEET. AdMathEduSt:

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan

Matematika, 9(2).

https://doi.org/10.12928/admathedu

st.v9i2.23255

Panut, P., Nuraeni, Z., & Yuliardi, R.

(2018). Kemampuan Pemahaman

Siswa dalam Materi Himpunan

Melalui Model Pembelajaran Make A

Match. JUMLAHKU :

JurnalMatematika Ilmiah STKIP

Muhammadiyah Kuningan, 4(1), 98–

Prabowo, A. (2021). Penggunaan

Liveworksheet dengan Aplikasi

Berbasis Web untuk Meningkatkan

Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal

Pendidikan Dan Teknologi Indonesia,

(10), 383–388.

https://doi.org/10.52436/1.jpti.87

Purnomo, Hidayati, Y. M., & Samsiyah, S.

(2022). Penerapan Model Problem-

Based Learning Berbasis

Liveworksheet Untuk Meningkatkan

Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah

Dasar. Educatif Journal of Education

Research, 4(3).

https://doi.org/10.36654/educatif.v4i

211

Rauf, I., Arifin, I. N., & Arif, R. M. (2022).

Pengaruh Model Problem Based

Learning Terhadap Kemampuan

Berpikir Kritis Siswa. PEDAGOGIKA.

https://doi.org/10.37411/pedagogika.

v13i2.1354

Rhosyida, N., Muanifah, M. T., Trisniawati,

T., & Hidayat, R. A. (2021).

MENGOPTIMALKAN PENILAIAN

DENGAN LIVEWORKSHEET PADA

FLIPPED CLASSROOM DI SD.

Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan

Ke-SD-An, 5(1).

https://doi.org/10.30738/tc.v5i1.9749

Sihombing, Y. M., Almaida, P., Nurholipah,

S., Oktaviani, I., & Saefullah, A. (2022).

PENGEMBANGAN LKPD

INTERAKTIF PADA MATERI

TEKANAN HIDROSTATIS

MENGGUNAKAN MEDIA

LIVEWORKSHEET. Jurnal

Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan

Fisika, 3(1).

https://doi.org/10.31851/luminous.v3

i1.6713

Sole, F. B., & Anggraeni, D. M. (2018).

Inovasi Pembelajaran Elektronik dan

Tantangan Guru Abad 21. Jurnal

Penelitian Dan Pengkajian Ilmu

Pendidikan: E-Saintika, 2(1).

https://doi.org/10.36312/e-

saintika.v2i1.79

Sutrisno, S., Zuliyawati, N., & Setyawati, R.

D. (2020). Efektivitas Model

Pembelajaran Problem-Based

Learning dan Think Pair Share

Berbantuan Geogebra Terhadap

Kemampuan Pemecahan Masalah

Matematis. Journal of Medives :

Journal of Mathematics Education

IKIP Veteran Semarang, 4(1).

https://doi.org/10.31331/medivesvete

ran.v4i1.930

Wali, G. N. K., Winarko, W., & Murniasih,

T. R. (2020). PENINGKATAN

KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR

SISWA DENGAN PENERAPAN

METODE TUTOR SEBAYA.

RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains &

Teknologi, 2(2).

https://doi.org/10.21067/jtst.v2i2.357

Widiyani, A., & Pramudiani, P. (2021).

Pengembangan Lembar Kerja Peserta

Didik (LKPD) Berbasis Software

Liveworksheet pada Materi PPKn.

DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset

Pedagogik, 5(1).

https://doi.org/10.20961/jdc.v5i1.531

Yuliawati, F., Suprihatiningrum, J., &

Rokhimawan, M. A. (2012). Penelitian

Tindakan Kelas untuk Tenaga

Pendidik Profesional (Arifin, Ed.).

PEDAGOGIA.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Istianah. (2023). Inovasi Model Problem Based Learning berbantuan LKPD dengan Platform Liveworksheet pada Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1351–1361. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5267

Issue

Section

Prosiding 2023