Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Kartu untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Peserta Didik Kelas IV di SD Negeri Gajahmungkur 04 Semarang

Authors

  • Ika Syafitri Universits PGRI Semarang
  • Fine Reffiane Universits PGRI Semarang
  • Nurulita Rizki Pangestika Universits PGRI Semarang

Keywords:

Hasil belajar, Problem Based Learning, Media Kartawa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran PKn peserta didik kelas IV SD Negeri Gajahmungkur 04 yang disebabkan karena proses pembelajaran PKn masih berpusat pada guru yang masih menggunakan metode ceramah dan peserta didik hanya menerima penjelasan yang disampaikan. Guru belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif dalam proses belajar mengajar. Tujuan yang diharapkan dalam penelitian ini yaitu meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata Pelajaran PKn kelas IV SD Negeri Gajahmungkur 04 dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantu media Kartawa. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang difokuskan tindakan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.  Hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus terlihat adanya peningkatan hasil belajar yaitu pada siklus I terjadi peningkatan hasil belajar melalui Problem Based Learning (PBL) berbantu media Kartawa dengan ditunjukkan nilai siklus I sebanyak 6 peserta didik (33,33%) tidak tuntas atau belum memenuhi KKM (70) dan 12 peserta didik (66,66%) dinyatakan tuntas dengan klasifikasi hasil belajar cukup. Kemudian pada siklus II menunjukkan lagi adanya peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantu media Kartawa yaitu sebanyak 3 peserta didik (16,66%) tidak tuntas atau belum memenuhi KKM (70) dan 15 peserta didik (83,33%) dinyatakan tuntas dengan klasifikasi hasil belajar baik.

References

Aqib, Zainal. 2014. Model-model, Media, dan strategi Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Yamaha Widya

Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning, Teori & Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Pelajar Aksara

Ibrahim, M dan Nur, M. (2002). Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya : UNESA University Press.

Khotimah, A.H. 2019. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 158-165

Nuraida, D. (2019). “Peran guru dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam proses pembelajaran”. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 51- 60.

Reinita, R. (2020). “Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu dengan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar”. Journal of Moral and Civic Education, 4(2), 88-96.

Sanaky, H. A. 2013. Media pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Sapeni, A. (2022). “Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Hak dan Kewajiban Mata Pelajaran Pkn Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas V SD Laboratorium UNG”. Akademika, 10(2), 107-115.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Guru Profesional : pedoman kinerja, kualifikasi & Kompetensi Guru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Wahyu, Nurhuda, Hamka. A., (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning Dengan Menggunakan Media Audio Visual Kelas V UPTD SD Negeri 105 Barru. Pinisi: Journal Of Teacher Professional, 3(3), 2723-1631

Wina Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Ika Syafitri, Fine Reffiane, & Nurulita Rizki Pangestika. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Kartu untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Peserta Didik Kelas IV di SD Negeri Gajahmungkur 04 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2260–2269. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5378

Issue

Section

Prosiding 2023