PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS SOCIAL EMOTIONAL LEARNING PADA MATERI STATISTIKA
Keywords:
hasil belajar matematika, problem based learning, social emotional learning, statistikaAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik melalui pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi berbasis SEL (Social Emotional Learning) pada materi statistika. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Semarang tahun ajaran 2023/2024 dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas X4 dan objek penelitian adalah penerapan pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi berbasis SEL (Social Emotional Learning). Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui dokumentasi nilai kemampuan awal (pre-test), observasi, dan tes hasil belajar (post-test). Observasi dilaksanakan pada setiap pertemuan selama proses pembelajaran berlangsung meliputi observasi terhadap aktivitas peserta didik. Tes hasil belajar diberikan pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan rata-rata nilai hasil belajar peserta didik meningkat sebesar 17,28 dari nilai dasar yaitu 57,41 menjadi 74,69. Pada siklus II, nilai rata-rata hasil belajar peserta didik meningkat sebesar 6,33 dari nilai hasil belajar siklus I yaitu 74,69 menjadi 81,02. Aktivitas peserta didik pada siklus I tergolong cukup dan pada siklus II tergolong sangat baik. Berdasarkan hasil analisa data, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi berbasis SEL (Social Emotional Learning) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi statistika peserta didik kelas X SMA Negeri 5 Semarang Tahun Ajaran 2023/2024.
References
Adiba, L. F. (2024). Evaluasi Progam Social Emotional Learning dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik (Studi Kasus di SD Kharisma Bangsa dan SD Pribadi Depok). https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/75968/1/TESIS REVISI PROMOSI LU%27LU%27A Watermark.pdf
Afgani. (2015). Analisis Kurikulum Matematika. In Universitas Terbuka.
Aransyah, A., Herpratiwi, H., Adha, M. M., Nurwahidin, M., & Yuliati, D. (2023). Implementasi Evaluasi Modul Kurikulum Merdeka Sekolah Penggerak Terhadap Peserta Didik SMA Perintis 1 Bandar Lampung. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(1), 136. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.6424
Cahyanovianty, A. D., & Wahidin. (2021). Analisis Kemampan Numerasi Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(4). https://doi.org/10.56704/jirpm.v2i4.12856
Chairani, Z. (2016). Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Deepublish.
Destiani, V., Siagian, T. A., Irsal, N. A., Agustinsa, R., & Susanto, E. (2022). Diagnosis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Statistika Kelas VIII Smp Negeri 2 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 6(3), 429–439. https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.3.429-439
Emiliana, E., Nugraha, A. E., & Susilawati, I. (2022). Kecerdasan Emosional Menurut Goleman Dalam Perspektif Kurikulum 2013 PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (Masa Keemasan), 1(2), 16–20. https://doi.org/10.46368/.v1i2.800
Farida. (2016). Analisis Miskonsepsi Siswa Tehadap Simbol dan Istilah Matematika Pada Konsep Hubungan Bangun Datar Segiempat Melalui Permainan Dengan Alat Peraga Di SD Muhammadiyah 1 Surakarta. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajaran (KNPMP).
Hazmi, N. (2019). Tugas Guru dalam Proses Pembelajaran. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 8(5), 55.
Heppinia, & Tiya. (2015). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Wawotobi Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Pecahan. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 3(3).
Leuwol, F. S., Wantu, H. M., Ilham, C. I., & Dkk. (2023). Top 10 Model Pembelajaran Abad 21. Adab CV Adanu Abimata.
Merry, A., Ali, M., & Halida. (2014). Identifikasi Kecerdasan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak Kanak Gembala Baik Kota Pontianak.
Nur Fadhil, H., Handayani, D., & Darti, P. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Terintegrasi dengan Social Emotional Learning Untuk Meningkatkan Kompetensi Sosial Emosional Serta Keaktifan dan Hasil Belajar. Chemistry Education Practice, 6(2), 155–163. jurnalfkip.unram.ac.id
Nurhaliza Ali, N., & Ni, K. (2023). Analisis Kemampuan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Pada Asesmen Kompetensi Minimum-Numerasi. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 4(2), 267–274.
Pitriyana, S., & Karnita Arafatun, S. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Kelas VI. Cendekiawan, 4(2), 141–153. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v4i2.303
Pratiwi, I. H., Putri, S. M., Rahmawati, S. D., Puspitasari, Y. P., & Maret, U. S. (2024). Optimalisasi Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Social Emotional Learning (SEL). Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 65–71. https://doi.org/10.62017/merdeka
Prihatiningsih, S. N. (2010). Eksperimentasi pembelajaran dengan metode problem solving terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan SPLDV (Sistem Persamaan Linear Dua Variabel) ditinjau dari aktivitas belajar siswa SMP Negeri 8 Surakarta.
Rahmadani, R. (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learnig (PBL). Lantanida Journal, 7(1), 75. https://doi.org/10.22373/lj.v7i1.4440
Rismawati, & Hutagaol. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 4(1).
Rohman, H. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru. Jurnal MADINASIKA Manajemen Dan Kelas, 1(2), 92–102. https://ejurnalunma.ac.id/index.php/madinasika
Rohman, K. (2023). Desain Pembelajaran Matematika Bermuatan Compassion untuk Mengembangkan Disposisi Produktif Siswa Sekolah Dasar. epository.upi.edu
Sartika, R. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa MIN SEI Mati Medan. Jurnal ANSIRU, 3(1).
Sears, Williams, B., Willingham, & Cullen. (2022). Symbiosis: Social and Emotional Learning and Mathematics Learning. International Encyclopedia of Education: Fourth Edition (NCTM Board of Directors), 115(11).
Setyawan, M. D., & El Hakim, L. (2023). Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Dick And Carey Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(7), 709–721. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i7.2036
Sopandi, D., & Sopandi, A. (2021). Perkembangan Peserta Didik. Deepublish CV Budi Utama. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=8LJREAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Pada+umumnya+seorang+peserta+didik+memerlukan+waktu+yang+relatif+lebih+lama+dalam+memahami+materi+karena+mereka+baru+saja+dapat+memahami+materinya&ots=TpymeQaGDN&sig=hX8oNf7y8uiBb
Sulfa. (2022). Analisis Penggunaan Video Youtube pada Pembelajaran Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMPN 23 Barru. https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4148
Sya’roni, U. (2015). Penerapan Model Problem Solving dengan Pendekatan Saintifik Berbantuan Lembar Kerja untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XA Materi Aturan Sinus dan Aturan Kosinus Semester Genap MA Matholiul Huda Troso Pecangaan Jepara Tahun .
Tabun, H. M., Taneo, P. N. L., & Daniel, F. (2020). Kemampuan Literasi Matematis Siswa pada Pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL). Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(01), 1–8. https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i01.8796
Tampubolon, J., Atiqah, N., & Panjaitan,