66. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SDN 1 Wergu Wetan Kudus
Keywords:
Problem Based Learning, Hasil Belajar, IPASAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD 1 Wergu Wetan Kabupaten Kudus pada materi Bab 7. Bagaimana Mendapatkan Semua Keperluan Kita? masih belum mencapai ketuntasan minimal (KKM). Tujuan penelitian untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar IPAS pada materi Bab 7 Bagaimana Mendapatkan Semua Keperluan Kita? melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD 1 Wergu Wetan dengan jumlah siswa sebanyak 19 anak. Teknik pengumpulan data dalam kegiatan penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes serta dokumentas serta dilaksanakan dalam 2 siklus. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisi data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Untuk mengetahui pencapaian hasil belajar siswa, maka ditetapkan kriteria pencapaian sebesar 75 untuk skala penilaian 1-100. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPAS siswa pada materi Bab 7. Bagaimana Mendapatkan Semua Keperluan Kita?. Rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus adalah 71,58. Setelah pelaksanaan model Problem Based Learning (PBL) pada siklus 1 rata-rata nilai meningkat menjadi 80,00. Dan pada siklus ke II meningkat lagi rata-ratanya menjadi 85,36. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) mampu meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD 1 Wergu Wetan Kudus pada materi Bab 7. Bagaimana Mendapatkan Semua Keperluan Kita?.