Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui Problem Based Learning Pendekatan Culturally Responsive Teaching
Keywords:
kemampuan pemecahan masalah, problem based learning, culturally responsive teachingAbstract
Penelitian ini didasarkan oleh masih rendahnya kemampuan pemecahan masalah pada pelajaran
matematika kelas XI MIPA 5 SMA N 6 Semarang tahun pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini yaitu
penelitian tindakan kelas dengan tindakan penerapan problem based learning berpendekatan
culturally responsive teaching selama 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari melalui tahapan
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah dengan menerapkan problem based learning berbasis culturally
responsive teaching. Metode pengumpulan data yaitu metode tes dan pengamatan di lapangan.
Sedangkan instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan pemecahan masalah sesuai dengan
4 indikator kemampuan pemecahan masalah. Peneliti menggunakan teknik tes untuk menganalisis
hasil kemampuan pemecahan masalah siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan memanfaatkan
analisis deskriptif komparatif yaitu proses membandingkan hasil siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian
menunjukkan persentase ketuntasan klasikal hasil belajar pada siklus 1 sebesar 66,6% dengan banyak
siswa yang tuntas 24 siswa kemudian meningkat setelah diberikan tindakan pada siklus 2 menjadi
77,7% dengan banyak siswa yang tuntas 28 siswa. Penerapan model problem based learning
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah yang terlihat dari kenaikan masing-masing indikator
pemecahan masalah.
References
Amsallem, E., & Dagenais, D. (2017).
Problem-Based Learning, Cultural
Diversity and Student Autonomy:
Are We Missing Some Missing Links?
Interchange, 48(2), 199-217.
Arif, I. H., Lukman, A., & Tuara, Z. I.
(2021). Penerapan Pendekatan
Culturally Responsive Teaching
Terintegrasi Etnokimia dalam
Mengembangkan Keterampilan
Siswa Abad 21 pada Materi Hidrolisis
di MAN 1 TIKEP. Jurnal Ilmiah
Wahana Pendidikan, 7(2), 194–204.
https://doi.org/10.5281/zenodo.466
844
Arikunto, S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi
Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Buchori, A., & Harun, L. (2020). Desain E-
Modul Flipbook Berbasis Culturally
Responsive Teaching ( CRT ) Pada
Materi Transformasi. 1(1), 63–73.
https://doi.org/10.46306/lb.v1i1
De Graaf, E., & Kolmos, A. (2003).
Characteristics of problem-based
learning. International Journal of
Engineering Education, 19(5), 657–
Dewi, S., Maryani, I., & Purwanto, P.
(2020) Peningkatan Kemampuan
Memecahkan Masalah Dan Hasil
Belajar Pembelajaran Matematika
Siswa Kelas VB SDIT LHI Melalui
Model Problem Based Learning
(PBL)
Fitriani, S., & Yarmayani, A. (2018).
Pengembangan Rubrik Berpikir
Kreatif Siswa Menengah Atas dalam
Menyelesaikan Masalah Matematika.
Mosharafa: Jurnal Pendidikan
Matematika, 7(1), 33-38.
Gay, G. (2018). Culturally responsive
teaching: Theory, research, and
practice. teachers college press.
Gustiwi, Y. (2017). Studi Tentang
Penerapan Culturally Responsive
Teaching untuk Mengembangkan
Soft Skills Siswa Pada Materi
Larutan Elektrolit dan Redoks
(Doctoral dissertation,
UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA).
Hadi, S., & Radiyatul, R. (2014). Metode
pemecahan masalah menurut polya
untuk mengembangkan kemampuan
siswa dalam pemecahan masalah
matematis di sekolah menengah
pertama. EDU-MAT: Jurnal
Pendidikan Matematika, 2(1).
Hernandez, C. M., Morales, A. R., &
Shroyer, M. G. (2013). The
development of a model of culturally
responsive science and mathematics
teaching. Cultural Studies of Science
Education, 8, 803-820.
Jatisunda, M. G., & Nahdi, D. S. (2020).
Kemampuan pemecahan masalah
matematis melalui pembelajaran
berbasis masalah dengan scaffolding.
Jurnal Elemen, 6(2), 228–243.
Jayadiningrat, M. G., & Ati, E. K. (2018).
Peningkatan Keterampilan
Memecahkan Masalah Melalui
Model Pembelajaran Problem Based
Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran
Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia
Indonesia, 2(1), 1-7.
Johnson, R. (2015). Promoting Culturally
Responsive Instruction Through
Problem-Based Learning: An Action
Research Study. Interdisciplinary
Journal of Problem-Based Learning,
(2), 8.
Khofshoh, J., Zuhri, M. S., Purwati, H., &
Wibawa, A. (2023). Efektivitas Model
DI Berbasis Pembelajaran
Berdiferensiasi dan Model PBL
Terhadap Hasil Belajar. JURNAL
MathEdu (Mathematic Education
Journal), 6(2), 1-7.
Maryono, M., Sinulingga, K., Nasution, D.,
& Sirait, R. (2021). Pengembangan
Perangkat Pembelajaran Fisika
Berbasis Kultur Budaya Jawa Melalui
Pendekatan Culturally Responsive
Teaching. Jurnal Pendidikan
Fisika, 10(1), 13-24.
Michaelsen, L. K., & Sweet, M. (2008). The
essential elements of team‐based
learning. New directions for teaching
and learning, 2008(116), 7-27.
Midgett, C. W., & Eddins, S. K. (2001).
NCTM’s principles and standards for
school mathematics: Implications for
administrators. Nassp Bulletin,
(623), 35–42.
Miskiyyah, Z. (2023). Pengembangan e-
modul dengan pendekatan culturally
responsive teaching pada materi
sistem persamaan linear dua
variabel. 3(2021).
Mualimin, M., & Cahyadi, R. A. H. (2014).
Penelitian Tindakan Kelas Teori dan
Praktik. Universitas Muhammadiyah
Sidoarjo.
Mualimin, M., & Cahyadi, R. A. H. (2014).
Penelitian Tindakan Kelas Teori dan
Praktik. Universitas
Muhammadiyah Sidoarjo.
Mukti, A. A. B., & Soedjoko, E. (2021,
February). Kemampuan siswa pada
aspek berpikir kreatif ditinjau dari
gaya belajar melalui pembelajaran
problem posing berbasis open-ended
problem. In PRISMA, Prosiding
Seminar Nasional Matematika (Vol.
, pp. 26-36).
NCTM. 2000. Principles and Standards for
School Mathematics. Reston, VA:
NCTM. Tersedia di
https://epdf.tips/principles-and-
standards-for-
schoolmathematics.html [diakses 11-
-2023].
Nursanti, E. D. R., & Sumarah, I. E. (2023).
Meningkatkan Kemandirian dan
Hasil Belajar Materi Alat Ukur Tak
Baku Untuk Siswa Kelas I SD
Menggunakan Model Problem Based
Learning. Jurnal THEOREMS (The
Original Research of Mathematics),
(1), 71-83.
Polya, G. (1973). How to Solve it: A New
Aspect of Mathematical Method.
Princeton. New Jersey Princeton.
University Press
Rahmani, W., & Widyasari, N. (2018).
Meningkatkan Kemampuan
Pemecahan Masalah Matematis
Siswa Melalui Media Tangram.
FIBONACCI: Jurnal Pendidikan
Matematika Dan Matematika, 4(1),
–24.
Rangkuti, C. J. S., & Sukmawarti, S. (2022).
Problematika Pemberian Tugas
Matematika Dalam Pembelajaran
Daring. Indonesian Research
Journal on Education, 2(2), 593-
Rerung, Nensy, Iriwi L. S. Sinon., dan
Widyaningsih, S. W. (2017).
Penerapan Model Pembelajaran
Problem Based Learning (PBL)
untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Siswa SMA pada Materi Usaha dan
Energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan
Fisika Al-BiRuNi, 6(1): 47-55
Shoit, A. (2023). Kemampuan Pemecahan
Masalah Siswa Sma Pada
Pembelajaran Problem-Based
Learning Pendekatan Culturally
Responsive Teaching Dengan
Strategi Scaffolding. Jurnal
THEOREMS (The Original Research
of Mathematics), 8(1), 126-139.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian
Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Tsaqib, A. ., Fitri, N. H. . ., & Harun, L. .
(2023). 90. Penerapan Model
Pembelajaran Problem Based
Learning dengan Paradigma Unity of
Science dalam Meningkatkan
Kemampuan Pemecahan
Masalah. Prosiding Seminar
Nasional Pendidikan Profesi Guru,
–820.
Villegas, A. M., & Lucas, T. (2007). The
culturally responsive teacher.
Educational Leadership, 64(6), 28.
Widiasworo, E. (2018). Strategi
Pembelajaran Edutainment Berbasis
Karakter (Nurhid (ed.); 1st ed.). Ar-
Ruzz Media.
http://balaiyanpus.jogjaprov.go.id/o
pac/detail-opac?id=313738
Wulandari, S., Rasiman, R., & Zuhri, M. S.
(2019, August). Efektivitas Model
Problem Based Learning Dan
Discovery Learning Berbantuan
Tangram Terhadap Kemampuan
Pemecahan Masalah Matematika
Siswa SMP. In Prosiding Seminar
Nasional Matematika dan
Pendidikan Matematika (Vol. 4, pp.
-387).
Yunitasari, R., & Zaenuri, Z. (2020).
Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematis dan Self Efficacy Siswa
SMP Negeri 1 Cepiring Kelas VIII
Pada Pembelajaran PBL Bernuansa
Etnomatematika. PRISMA,
Prosiding Seminar Nasional
Matematika, 3, 426–434.
Zainal, A. (2011). Penelitian Tindakan
Kelas. CV. Yrama Widya. Bandung.
Zuhri, M. S., & Purwosetiyono, F. D.
(2019). Profil Kemampuan Penalaran
Matematis Dalam Pemecahan
Masalah Pada Mahasiswa Calon
Guru Matematika. JIPMat, 4(1).