Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui Problem Based Learning Pendekatan Culturally Responsive Teaching

Authors

  • Agrota Shoit Universitas PGRI Semarang

Keywords:

kemampuan pemecahan masalah, problem based learning, culturally responsive teaching

Abstract

Penelitian ini didasarkan oleh masih rendahnya kemampuan pemecahan masalah pada pelajaran
matematika kelas XI MIPA 5 SMA N 6 Semarang tahun pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini yaitu
penelitian tindakan kelas dengan tindakan penerapan problem based learning berpendekatan
culturally responsive teaching selama 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari melalui tahapan
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah dengan menerapkan problem based learning berbasis culturally
responsive teaching. Metode pengumpulan data yaitu metode tes dan pengamatan di lapangan.
Sedangkan instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan pemecahan masalah sesuai dengan
4 indikator kemampuan pemecahan masalah. Peneliti menggunakan teknik tes untuk menganalisis
hasil kemampuan pemecahan masalah siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan memanfaatkan
analisis deskriptif komparatif yaitu proses membandingkan hasil siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian
menunjukkan persentase ketuntasan klasikal hasil belajar pada siklus 1 sebesar 66,6% dengan banyak
siswa yang tuntas 24 siswa kemudian meningkat setelah diberikan tindakan pada siklus 2 menjadi
77,7% dengan banyak siswa yang tuntas 28 siswa. Penerapan model problem based learning
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah yang terlihat dari kenaikan masing-masing indikator
pemecahan masalah.

References

Amsallem, E., & Dagenais, D. (2017).

Problem-Based Learning, Cultural

Diversity and Student Autonomy:

Are We Missing Some Missing Links?

Interchange, 48(2), 199-217.

Arif, I. H., Lukman, A., & Tuara, Z. I.

(2021). Penerapan Pendekatan

Culturally Responsive Teaching

Terintegrasi Etnokimia dalam

Mengembangkan Keterampilan

Siswa Abad 21 pada Materi Hidrolisis

di MAN 1 TIKEP. Jurnal Ilmiah

Wahana Pendidikan, 7(2), 194–204.

https://doi.org/10.5281/zenodo.466

844

Arikunto, S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi

Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Buchori, A., & Harun, L. (2020). Desain E-

Modul Flipbook Berbasis Culturally

Responsive Teaching ( CRT ) Pada

Materi Transformasi. 1(1), 63–73.

https://doi.org/10.46306/lb.v1i1

De Graaf, E., & Kolmos, A. (2003).

Characteristics of problem-based

learning. International Journal of

Engineering Education, 19(5), 657–

Dewi, S., Maryani, I., & Purwanto, P.

(2020) Peningkatan Kemampuan

Memecahkan Masalah Dan Hasil

Belajar Pembelajaran Matematika

Siswa Kelas VB SDIT LHI Melalui

Model Problem Based Learning

(PBL)

Fitriani, S., & Yarmayani, A. (2018).

Pengembangan Rubrik Berpikir

Kreatif Siswa Menengah Atas dalam

Menyelesaikan Masalah Matematika.

Mosharafa: Jurnal Pendidikan

Matematika, 7(1), 33-38.

Gay, G. (2018). Culturally responsive

teaching: Theory, research, and

practice. teachers college press.

Gustiwi, Y. (2017). Studi Tentang

Penerapan Culturally Responsive

Teaching untuk Mengembangkan

Soft Skills Siswa Pada Materi

Larutan Elektrolit dan Redoks

(Doctoral dissertation,

UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA).

Hadi, S., & Radiyatul, R. (2014). Metode

pemecahan masalah menurut polya

untuk mengembangkan kemampuan

siswa dalam pemecahan masalah

matematis di sekolah menengah

pertama. EDU-MAT: Jurnal

Pendidikan Matematika, 2(1).

Hernandez, C. M., Morales, A. R., &

Shroyer, M. G. (2013). The

development of a model of culturally

responsive science and mathematics

teaching. Cultural Studies of Science

Education, 8, 803-820.

Jatisunda, M. G., & Nahdi, D. S. (2020).

Kemampuan pemecahan masalah

matematis melalui pembelajaran

berbasis masalah dengan scaffolding.

Jurnal Elemen, 6(2), 228–243.

Jayadiningrat, M. G., & Ati, E. K. (2018).

Peningkatan Keterampilan

Memecahkan Masalah Melalui

Model Pembelajaran Problem Based

Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran

Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia

Indonesia, 2(1), 1-7.

Johnson, R. (2015). Promoting Culturally

Responsive Instruction Through

Problem-Based Learning: An Action

Research Study. Interdisciplinary

Journal of Problem-Based Learning,

(2), 8.

Khofshoh, J., Zuhri, M. S., Purwati, H., &

Wibawa, A. (2023). Efektivitas Model

DI Berbasis Pembelajaran

Berdiferensiasi dan Model PBL

Terhadap Hasil Belajar. JURNAL

MathEdu (Mathematic Education

Journal), 6(2), 1-7.

Maryono, M., Sinulingga, K., Nasution, D.,

& Sirait, R. (2021). Pengembangan

Perangkat Pembelajaran Fisika

Berbasis Kultur Budaya Jawa Melalui

Pendekatan Culturally Responsive

Teaching. Jurnal Pendidikan

Fisika, 10(1), 13-24.

Michaelsen, L. K., & Sweet, M. (2008). The

essential elements of team‐based

learning. New directions for teaching

and learning, 2008(116), 7-27.

Midgett, C. W., & Eddins, S. K. (2001).

NCTM’s principles and standards for

school mathematics: Implications for

administrators. Nassp Bulletin,

(623), 35–42.

Miskiyyah, Z. (2023). Pengembangan e-

modul dengan pendekatan culturally

responsive teaching pada materi

sistem persamaan linear dua

variabel. 3(2021).

Mualimin, M., & Cahyadi, R. A. H. (2014).

Penelitian Tindakan Kelas Teori dan

Praktik. Universitas Muhammadiyah

Sidoarjo.

Mualimin, M., & Cahyadi, R. A. H. (2014).

Penelitian Tindakan Kelas Teori dan

Praktik. Universitas

Muhammadiyah Sidoarjo.

Mukti, A. A. B., & Soedjoko, E. (2021,

February). Kemampuan siswa pada

aspek berpikir kreatif ditinjau dari

gaya belajar melalui pembelajaran

problem posing berbasis open-ended

problem. In PRISMA, Prosiding

Seminar Nasional Matematika (Vol.

, pp. 26-36).

NCTM. 2000. Principles and Standards for

School Mathematics. Reston, VA:

NCTM. Tersedia di

https://epdf.tips/principles-and-

standards-for-

schoolmathematics.html [diakses 11-

-2023].

Nursanti, E. D. R., & Sumarah, I. E. (2023).

Meningkatkan Kemandirian dan

Hasil Belajar Materi Alat Ukur Tak

Baku Untuk Siswa Kelas I SD

Menggunakan Model Problem Based

Learning. Jurnal THEOREMS (The

Original Research of Mathematics),

(1), 71-83.

Polya, G. (1973). How to Solve it: A New

Aspect of Mathematical Method.

Princeton. New Jersey Princeton.

University Press

Rahmani, W., & Widyasari, N. (2018).

Meningkatkan Kemampuan

Pemecahan Masalah Matematis

Siswa Melalui Media Tangram.

FIBONACCI: Jurnal Pendidikan

Matematika Dan Matematika, 4(1),

–24.

Rangkuti, C. J. S., & Sukmawarti, S. (2022).

Problematika Pemberian Tugas

Matematika Dalam Pembelajaran

Daring. Indonesian Research

Journal on Education, 2(2), 593-

Rerung, Nensy, Iriwi L. S. Sinon., dan

Widyaningsih, S. W. (2017).

Penerapan Model Pembelajaran

Problem Based Learning (PBL)

untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Siswa SMA pada Materi Usaha dan

Energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan

Fisika Al-BiRuNi, 6(1): 47-55

Shoit, A. (2023). Kemampuan Pemecahan

Masalah Siswa Sma Pada

Pembelajaran Problem-Based

Learning Pendekatan Culturally

Responsive Teaching Dengan

Strategi Scaffolding. Jurnal

THEOREMS (The Original Research

of Mathematics), 8(1), 126-139.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian

Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tsaqib, A. ., Fitri, N. H. . ., & Harun, L. .

(2023). 90. Penerapan Model

Pembelajaran Problem Based

Learning dengan Paradigma Unity of

Science dalam Meningkatkan

Kemampuan Pemecahan

Masalah. Prosiding Seminar

Nasional Pendidikan Profesi Guru,

–820.

Villegas, A. M., & Lucas, T. (2007). The

culturally responsive teacher.

Educational Leadership, 64(6), 28.

Widiasworo, E. (2018). Strategi

Pembelajaran Edutainment Berbasis

Karakter (Nurhid (ed.); 1st ed.). Ar-

Ruzz Media.

http://balaiyanpus.jogjaprov.go.id/o

pac/detail-opac?id=313738

Wulandari, S., Rasiman, R., & Zuhri, M. S.

(2019, August). Efektivitas Model

Problem Based Learning Dan

Discovery Learning Berbantuan

Tangram Terhadap Kemampuan

Pemecahan Masalah Matematika

Siswa SMP. In Prosiding Seminar

Nasional Matematika dan

Pendidikan Matematika (Vol. 4, pp.

-387).

Yunitasari, R., & Zaenuri, Z. (2020).

Kemampuan Pemecahan Masalah

Matematis dan Self Efficacy Siswa

SMP Negeri 1 Cepiring Kelas VIII

Pada Pembelajaran PBL Bernuansa

Etnomatematika. PRISMA,

Prosiding Seminar Nasional

Matematika, 3, 426–434.

Zainal, A. (2011). Penelitian Tindakan

Kelas. CV. Yrama Widya. Bandung.

Zuhri, M. S., & Purwosetiyono, F. D.

(2019). Profil Kemampuan Penalaran

Matematis Dalam Pemecahan

Masalah Pada Mahasiswa Calon

Guru Matematika. JIPMat, 4(1).

https://doi.org/10.26877/jipmat.v4i1.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Shoit, A. (2023). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui Problem Based Learning Pendekatan Culturally Responsive Teaching. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1429–1441. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5278

Issue

Section

Prosiding 2023