204. Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Papan Hitung untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas I di SDN 3 Jebol
Keywords:
Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, MatematikaAbstract
Latar belakang dari penelitian ini yaitu bahwa siswa kelas I SDN 3 Jebol memiliki kemampuan pemecahan masalah matematika yang rendah dalam pembelajaran materi pengurangan. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas I SDN 3 Jebol dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media papan hitung pada materi pengurangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN 3 Jebol tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 30 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan tes kemampuan pemecahan masalah, lembar observasi guru, dan siswa sebagai tingkat keterlaksanaan dan pencapaian dalam menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media papan hitung. Hasil kemampuan pemecahan masalah dapat dilihat dari hasil tes prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada tes prasiklus nilai rata-rata 43,78 dengan persentase ketuntasan belajar 40%, pada siklus 1 mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata siswa 67,83 dengan persentase ketuntasan belajar 56,67% dan pada siklus 2 mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 83,66 dengan persentase ketuntasan belajar 83,33%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media papan hitung dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi pengurangan di kelas I SDN 3 Jebol.