296. Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK pada Materi Peluang

Authors

  • Ratna Kartika Sari
  • Sri Subandijah
  • Muhtarom

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Pembelajaran Berbasis Masalah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis melalui implementasi pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas XI SMK Negeri 4 Semarang pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam lima siklus, mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi pada setiap siklus. Subyek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah 34 siswa kelas XI DKV 1 SMK Negeri 4 Semarang pada tahun pelajaran 2022/2023 sebagai subjek yang menerima tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dalam penelitian ini, terlihat bahwa rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mengalami peningkatan dari siklus ke siklus. Pada siklus 1, nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis adalah 73,5, kemudian meningkat menjadi 83,18 pada siklus 2, dan mencapai 88,11 pada siklus 3. Pada siklus 4, kemampuan pemecahan masalah matematis meningkat menjadi 92,65, dan pada siklus 5 mencapai 94,4. Selain itu, terdapat peningkatan dalam pencapaian ketuntasan belajar secara klasikal dari siklus 1 hingga siklus 5. Pada siklus 1, ketuntasan belajar siswa secara klasikal hanya mencapai 67,64%, kemudian meningkat menjadi 73,5% pada siklus 2, 82,35% pada siklus 3, 88,2% pada siklus 4, dan mencapai 94,1% pada siklus 5. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi peluang.

 

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Sari, R. K. ., Subandijah, S. ., & Muhtarom. (2023). 296. Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK pada Materi Peluang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2648–2657. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4000

Issue

Section

Prosiding 2023