UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI STATISTIKA
Keywords:
Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Kearifan Lokal, Kemampuan Pemecahan MasalahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis kearifan lokal dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI di SMK Negeri 2 Semarang. Dengan harapan memberikan wawasan lebih dalam bagi pendidik dan peneliti tentang manfaat model Problem Based Learning.Penelitian dilakukan di kelas XI MPLB 1 SMK Negeri 2 Semarang menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari tiga tahap: prasiklus, siklus I, dan siklus II, yang melibatkan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi berulang untuk memperbaiki tindakan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning berbasis kearifan lokal efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Nilai rata-rata meningkat dari 75 pada siklus I menjadi 93 pada siklus II.Peningkatan signifikan ini menegaskan bahwa integrasi kearifan lokal dalam model pembelajaran Problem Based Learning tidak hanya relevan tetapi juga memberikan dampak positif nyata pada prestasi belajar siswa. Temuan ini dapat menjadi acuan bagi institusi lain untuk menerapkan model serupa guna meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar, terutama dalam matematika. Penelitian ini juga membuka peluang untuk eksplorasi lebih lanjut penerapan Problem Based Learning berbasis kearifan lokal pada berbagai mata pelajaran dan konteks pendidikan lainnya.
References
Abas, A. dan. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). Tarbawy: Indonesian Journal of Islamic Education.
Agustina, Y. (2021). THINKING ANALYSIS AND PROBLEM SOLVING. Literasi Nusantara.
Aris Shoimin. (2014). Aris Shoimin, 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, (Yogyakarta: 2014), 23. In Ar-Ruzz Media.
Aryanto, U. (2018). Bab III - Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian.
Budiwirman, B., Syeilendra, S., Ramadhan, A., & Syafei, S. (2023). SENI TRADISIONAL DALAM SENI MUSIK MODREN: ANALISIS BERDASARKAN NILAI PENDIDIKAN. Gorga: Jurnal Seni Rupa. https://doi.org/10.24114/gr.v12i1.27135
Fitri, A. (2013). Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC Berbantuan Alat Peraga terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Segiempat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.
Harefa, D. (2020). Jurnal Inovasi Pendidikan dan Sains. Perbedaan Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write Dengan Model Pembelajaran Time Token Differences in Improving Student Physical Learning Outcomes Using Think Talk Write Learning Model With Time Token Learnin.
Herlambang, S., Anafiah, S., & Barozi, S. M. (2021). Peningkatan Minat Aktivitas Belajar Menggunakan Problem Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Siswa Kelas IV. Jurnal Ilmiah Profesi Guru. https://doi.org/10.30738/jipg.vol2.no2.a11304
Hidayah, I., Pujiastuti, E., & Chrisna, J. E. (2017). Teacher’s Stimulus Helps Students Achieve Mathematics Reasoning and Problem Solving Competences. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/824/1/012042
Kerlinger, F. N. (2006). Asas-asas Penelitian Behavioral, Edisi Ketiga, terj. Landung R. Simatupang. In Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Mahmudah, I., Maemonah, M., & Rahmaniar, E. (2022). Implementasi Teori Belajar Kognitif Terhadap Minat Belajar Matematika. Edukasi: Jurnal Penelitian Dan Artikel Pendidikan. https://doi.org/10.31603/edukasi.v14i1.7109
Margianto, N. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Implementasi Metode Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Pada Siswa Kelas Xii Sma Negeri 1 Punggur. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 107. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i1.889
Munawaroh, B., & Masruri, M. S. (2019). THE EFFECTIVENESS OF PROBLEM BASED LEARNING AND DISCOVERY LEARNING MODEL TOWARD LEARNING OUTCOME IN GEOGRAPHY ON STUDENTS WITH EXTERNAL LOCUS OF CONTROL. Geosfera Indonesia. https://doi.org/10.19184/geosi.v4i1.9240
Nadiyah, Mardiana, Wahyu Iskandar, & Fia Alifah Putri. (2022). PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS ETNOSAINS DAN ETNOMATEMATIK. AL-IHTIRAFIAH: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH. https://doi.org/10.47498/ihtirafiah.v2i02.1338
National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and standards for school mathematics - Executive Summary. Journal of Equine Veterinary Science.
Nurhalimah, N., & Meilinda, M. (2023). Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Strategi Berdiferensiasi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.624
Pertiwi, E. D., Khabibah, S., & Budiarto, M. T. (2020). Komunikasi Matematika dalam Pemecahan Masalah. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.151
Pujiastuti, E., Waluya, B., & Mulyono. (2018). Tracing for the problem-solving ability in advanced calculus class based on modification of SAVI model at Universitas Negeri Semarang. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/983/1/012081
Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. 2011. In Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Setiawan, D., Waluya, B., & Mashuri, M. (2014). Keefektifan PBL berbasis nilai karakter berbantuan CD pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah materi segiempat. Unnes Journal of Mathematics.
Siagian, H., & Manurung, R. Y. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KINEMATIKA GERAK LURUS DI SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA T.P. 2015/ 2016. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika). https://doi.org/10.24114/inpafi.v4i2.5506
Sudrajat, Y. (2020). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKTIF (ACTIVE LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SPIRITUAL DAN SOSIAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA. Academy of Education Journal. https://doi.org/10.47200/aoej.v11i2.398
Sugiyono. (2016). Skala pengukuran dan instrumen penelitian. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.
Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. In Penerbit Alfabeta.
Suharsimi;, A. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. In Jakarta: Bumi Aksara.
Utami, R., Kartono, K., & Waluya, S. B. (2015). Pencapaian Kemampuan Dan Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Viii Pada Pembelajaran Model Cps Dan Tapps. Unnes Journal of Mathematics Education.
Wijayanti, F. | D. C. | S. H. | M. | S. S. | J. M. | L. R. L. | H. K. R. | W. N. Y. | M. M. | T. | A. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Panduan Lengkap Dan Praktis. In Diterbitkan oleh Penerbit Adab CV. Adanu Abimata (Issue Mi).
Yamin, M. (2013). Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group.
Zulkarnain, I. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. PTK: Jurnal Tindakan Kelas. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.298