Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Pada Peserta Didik Kelas XI SMA N 11 Semarang Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran PPKN
Keywords:
berpikir kritis, peserta didik, problem based learningAbstract
Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang sangat penting dalam era globalisasi dan informasi saat ini. Keterampilan ini memungkinkan individu untuk menganalisis, mengevaluasi, dan mensintesis informasi dengan cara yang logis dan reflektif, sehingga dapat membuat keputusan yang tepat dan bertanggung jawab. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI SMA N 11 Semarang dengan menerapan model problem based learning. Metode penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas dengan II siklus. Berdasarkan hasil penelitian Tindakan kelas yang telah dilakukan dalam II siklus, dapat disimpulkan menyimpulkan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kelas XI SMA N 11 Semarang. Pada siklus I setelah dilakukan penerapan model problem based learning mendapatkan hasil yang kurang dari apa yang diharapkan yaitu sebesar 34% dalam kategori baik. Pada siklus II dilakukan pembenahan proses pembelajaran, akan tetapi masih menggunakan model problem based learning , pada siklus II terjadi peningkatan hasil yaitu sebesar 83% peserta didik memiliki kemampuan berpikir kritis yang baik.
References
Syafitri, E., Armanto, D., & Rahmadani, E. (2021). Aksiologi kemampuan berpikir kritis (kajian tentang manfaat dari kemampuan berpikir kritis). Journal of Science and Social Research, 4(3), 320-325.
Johnson, Elaine B. (2010). Contextual Teaching & Learning. Bandung: Kaifa.
Juhji, J., & Suardi, A. (2018). Profesi guru dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di era globalisasi. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 16-24.
Shofwani, S. A., & Rochmah, S. (2021). Penerapan problem based learning untuk meningkatkan minat dan hasil belajar managemen operasional di masa pandemi Covid-19. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(2), 439-445.
Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167-175.
Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.