Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Kombinasi Team Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV di SD Supriyadi Semarang

Authors

  • Siti Zubaidah Universits PGRI Semarang
  • Mudzanatun Universits PGRI Semarang
  • Aini Istikomah Universits PGRI Semarang

Keywords:

Problem Based Learning, Team Games Tournament, Hasil belajar

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan pada permasalahan yang dialami oleh peneliti sebagai guru praktikan di SD Supriyadi Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) kombinasi Teams, Games, and Tournament (TGT) di kelas IV A SD Supriyadi Semarang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik berjumlah 29 peserta didik. Model pembelajaran kooperatif dirancang untuk mendidik kerja sama kelompok dan interaksi antar siswa. Sehingga perlu adanya analisis kembali secara keseluruhan dalam sebuah penelitian untuk melihat seberapa besar peningkatan pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar serta bagaimana proses pembelajaran tersebut dilakukan di SD. Rata-rata peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) kombinasi Teams, Games, and Tournament (TGT) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD sangat besar. Sehingga model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) kombinasi Teams, Games, and Tournament (TGT) sangat direkomendasikan untuk digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar.

References

Arikunto, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arends, R. I. (2012). Learning to teach ninth edition (9th ed.). New Britain, USA:Library of Congress Cataloging.

Ageng Triono (2020) Sintaks PBL (Problem Based Learning) Menurut Para Ahli, haidunia pendidikan, diakses dari https://www.haidunia.com/sintaks-pbl-problem-based-learning/

Trianto, I. (2017). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual. Kencana

Rochmana, S., & Shobirin, M. 2017. Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) Pada Materi Benda Dan Sifatnya (Studi Pada Siswa Kelas V MI Gebanganom Semarang Timur Kota Semarang). Elementary, 3,91-106.

Susanna. 2017. Penerapan Teams Games Tournament (TGT) Melalui Media Kartu Domino Pada Materi Minyak Bumi Siswa Kelas XI MAN 4 Aceh Besar. Lantanida Journal, 5, 93-196

D., W. Y., Sumardi, K., & T., E. B. 2014. Model Pembelajaran Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 323-330.

Hikmah, M., Anwar, Y., & Riyanto. 2018.Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Dunia Hewan Kelas X Di SMA Unggul Negeri 8 Palembang. JURNAL PEMBELAJARAN BIOLOGI, 5(1), 46-56.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Lutfia, A. H., Kusumaningsih, W., & Suneki, S. (2023). ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA MATH PLAYGROUND DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 1 MATERI PENGURANGAN. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 3676-3684.

Rahmawati, D. T., Kartinah, K., & Prasetyowati, D. (2019, August). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Vol. 4, pp. 388-392)

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Siti Zubaidah, Mudzanatun, & Aini Istikomah. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Kombinasi Team Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV di SD Supriyadi Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2988–2993. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5460

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)