Peningkatan Keaktifan Siswa dengan Model Teams Games Tournament (TGT) Bermedia Kartu Domino di SMA

Authors

  • Dwi Jeliati Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Keaktifan, Teams Games Tournament (TGT), Kartu Domino, Puisi

Abstract

Keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran merupakan salah satu tanda bahwa kegiatan  pembelajaran itu berhasil. Namun, masih banyak peserta didik yang kurang aktif dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga dilakukanlah penelitian peningkatan keaktifan peserta didik ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan model team games tournament (TGT) bermedia kartu domino dalam materi unsur pembangun puisi untuk meningkatkan keaktifan pada kelas X SMA Negeri 11 Semarang. Metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas dengan teknik observasi dan angket. Hasil analisis data menunjukkan adanya korelasi positif pembelajaran materi unsur pembangun puisi dengan model team games tournament (TGT). Hasil analisis data menunjukkan terdapat peningkatan keaktifan yang awalnya siklus 1 ≤ 80% mengalami peningkatan pada siklus II mencapai ≥ 80%. Melalui pembelajaran dengan model TGT bermedia kartu domino mampu mendukung untuk meningkatkan keaktifan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.

References

Aprianingsih, V. (2013). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Domino dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Jerman Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 5 Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pres.

Asma, Nur. 2006. Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Depdiknas.

Astuti, N. F., Suryana, A., & Suaidi, E. H. 2022. Model Rancangan Pembelajaran Kooperatif Learning Team Game Tournament (TGT) pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 2(2), 195–218. https://doi.org/https://doi.org/10.47467/tarbiatuna.v2i2.1098

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif: suatu pendekatan teoretis psikologis. ed.rev. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fitriani, A. N. 2023. Pengaruh Model Teams Games Tournament Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MI Ma’arif Patihan Wetan. IAIN Ponorogo.

Indriana, D. (2011). Ragam alat bantu media pengajaran. Yogyakarta: DIVA press.

Marno dan M. Idris. 2010. Strategi dan Metode Pengajaran. Yogyakarta: AR Ruzz Media.

Martinis, Yamin. 2007. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.

Putri, Viona Astuti. 2021. "Pengembangan Media Kartu Domino Matematika Berbasis Aplikasi Microsoft Power Point untuk Meninngkatkan Penguasaan Fakta Dasar Perkalian pada Siswa Kelas III SD Islam As-Shofa Pekanbaru". Riau: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekan Baru.

Sani, Z. M., Sudarmin, S., & Nurhayati, S. (2015). Pembelajaran team game tournament berbantuan media number card untuk meningkatkan keaktifan siswa. Jurnal Scientia Indonesia, 1(1), 56–66. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jsi.v1i1.7942

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA

Slavin,Robert. 2005. Kooperatif Learning Teori dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Parhusip, G. D., Yosep, D. K., & Partini. 2023. Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament ( TGT ). 11(2), 293–306.

Pratiwi, Winda Erwin. 2013. "Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS kelas IV Menggunakan Media Gambar Di SD N Banyuraden Gamping Tahun Ajaran 2012/2013". Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Riana, Qorik Mei. 2019. "Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV Pembelajaran Tematik di MI Thoriqul Huda Ngrawan Dolopo Madiun)". Skripsi. Ponorogo: Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Downloads

Published

2024-12-29

How to Cite

Jeliati, D. (2024). Peningkatan Keaktifan Siswa dengan Model Teams Games Tournament (TGT) Bermedia Kartu Domino di SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 158–167. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5934

Issue

Section

Bahasa Indonesia