Penerapan Problem Based Learning (PBL) dan Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III

Authors

  • Shofi Fatmala Universitas PGRI Semarang
  • Ida Dwijayanti Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Problem Based Learning, Teams Games Tournament, hasil belajar, aktivitas belajar

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar dari peserta didik di kelas III SDN Sambirejo 02 Semarang melalui penerapan gabungan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Adapun permasalahan yang ditemui antara lain : (1) peserta didik kurang berpartisi aktif saat proses pembelajaran berlangsung, (2) hasil belajar yang masih dalam kategori rendah. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas III SDN Sambirejo 02 Semarang dengan subjek penelitian sejumlah 24 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus, dimana pada tiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi / pengamatan, dan refleksi. Data penelitian yaitu berupa hasil belajar melalui teknik tes, dan aktivitas belajar peserta didik melalui kegiatan observasi. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan pada siklus I dan siklus II. Hasil belajar yang diperoleh pada siklus I yaitu 37,5% dan 41,76%. Sedangkan pada siklus II memperoleh hasil yaitu 62,5% dan 83,33%. Untuk aktivitas belajar peserta didik pun mengalami peningkatan yaitu pada siklus I dengan hasil 72,92% dan 75%. Pada siklus II diperoleh hasil 82% dan 85%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan gabungan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar peserta didik.

References

Aliyyah, dkk. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Sosial Humaniora, 8 (2).

Amir, dkk. (2020). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar. Uniqbu Journal of Social Sciences (UJSS), 1 (2), 22-34.

Ariaten, K. R., Feladi, V., Dedy, R., & Budiman, A. (2019). Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tik. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 1(1).

Arikunto, S. & Safruddin A.J. (2007). Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktik bagi Praktisi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Astutik, T. & Abdullah, M.H., (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. JPGSD, 1(2), 1-11.

Faisal, 2014. Sukses Mengawal Kurikulum 2013 di SD (Teori dan Aplikasi). Yogyakarta: Diandra Creative.

Hamzah B.Uno. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.

Julianto, dkk.2011. Teori dan Implementasi Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surabaya : Unesa University Press.

Masitoh, D. (2019). Model Pembelajaran PAILKEM Sebagai Upaya Mengembangkan Aktivitas Belajar Peserta Didik. Al-I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 92-97.

Mulyasa. 2012. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Fatmala, S. ., & Dwijayanti, I. . (2023). Penerapan Problem Based Learning (PBL) dan Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1849–1858. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5326

Issue

Section

Prosiding 2023