Upaya Peningkatan Berpikir Kreatif Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning Berbasis Diferensiasi Gaya Belajar

Authors

  • Firya Luthfiyah

Keywords:

Diferensiasi, Kreativitas, Poblem Based learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan berpikir kreatif  peserta didik melalui model problem based laearning berbasis diferensiasi gaya belajar di kelas XII MIPA 2. Rendahnya berpikir kreatif dikarenakan guru  belum menerapkan diferensiasi gaya belajar pada saat pembelajaran, diferensiasi gaya belajar mampu meningkatkan berpikir kreatif peserta didik. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XII MIPA 2. Sampling digunakan  29 peserta didik  yaitu semua populasi menjadi sampel penelitian Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.Cara pertama melakukan  pemetaan  kebutuhan  belajar  peserta didik  kemudian  membuat  perencanaan  kegiatan pembelajaran  berdiferensiasi, melaksanakan  perencanaan  pembelajaran  berdiferensiasi  yang  telah  dibuat dan  melakukan  evaluasi  serta  refleksi  atas  pembelajaran yang telah dilakukan. Teknik pengumpulan data dengan observasi angket, dan hasil produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis produk terhadap ketercapaian tujuan pembelajaran yaitu skor  siklus 1 presentase 71%, pada  siklus 2 presentase 82%,  pada siklus 3 presentase 91%  sedangkan nilai untu hasil produk yaitu siklus 1. presentase 72%, siklus 2 presentase 84%. Siklus 3 presentase 84%. Berdasarkan skor dan nilai produk menunjukkan adanya peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data ketercapaian setiap indikator tingkat kemampuan karakteristik berpikir kreatif dipengaruhui indikator fluency, flexibility, originality dan elaboration. Dari pembahasan disimpulkan bahwa berpikir kreatif siswa rata-rata berada tingkat level 3 (kreatif) karena siswa mampu memecahkan masalah dengan lebih dari satu solusi yang memenuhi aspek orisinilitas, siswa juga dapat mengembangkan cara lain untuk menyelesaikan masalah(fluency), mampu memperluas suatu gagasan atau menguraikan secara rinci suatu jawaban (elaboration), tetapi belum dapat menghasilkan jawaban dengan kata- kata sendiri yang mudah dipahami (Orisinality). jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat upaya meningkatkan berpikir kreatif  peserta didik melalui model problem based learning berbasis gaya belajar 

References

Aldiyah, E. (2021). Perubahan Belajar di Masa Pandemi Covid 19. CENDEKIA:Jurnal Ilmu Pengetahuan, Vol 1. No 1.

Dewantara, A. H. (2020). Kreativitas Guru dalam Memanfaatkan Media Berbasis IT ditinjau dari Gaya Belajar Siiswa. Journal of Primary Education, Vil 1, no 1 hal 15-3=28.

Dewantara, A. H., & Harninda. (2020). KREATIVITAS GURU DALAM MEMANFAATKAN MEDIA BERBASIS IT DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA. Journal of Primary Education, Volume 1, No. 1, Hal 15-28.

Diniati, R., & Supratiyoko, K. (2021). Upaya Mengkatkan Prestasi dan Kreativitas Siswa melalui Model IProble Based Learning di SMP Negeri 7 Semarang. Seminar Nasional IPA XIII, Hal 35-43.

Ernawati, Z., Ulfah, M., Rahmawati, R. C., & Ansori, M. (2020). Implementasi Diferensiasi Produk Berbasis IProblem Based Learnig Materi Sistem Pernafasan terhadap Berpikir Kreatif. Jurnal Ilmu Kependidikan, Vol 15. No 2 Hal xx-xx.

Harpeni, A., Amir B, & Harnida. (2020). Kreativitas Guru dalam Memanfaatkan Media Berbasis IT ditinjaudari Gaya Belajar Siswa. Journal of Primary Education, Vol 1. No1 hal 15-28.

Makmur, A. ( 2015 ). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE BASE METHOD DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN MOTIVASI BELAJARMATEMATIKA SISWA SMP N 10 PADANGSIDIMPUAN . Jurnal EduTech , Vol .1 No 1 .

Pradipta, A. W., & Sofyan, H. (2015). IMPLEMENTASI PBL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, KREATIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, Volume 2 , No 1.

Putri1, R. A., Magdalena, I., Fauziah, A., & r Azizah, F. N. (i 2020). PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PEMBELAJARAN SISWA SEKOLAH DASAR. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia,, 1 (2), 157-163.

Setino, P., & Rami, I. (2017). Kreativitas guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, Vol2.Mo2 Hal 219-236.

SiswonoT.Y.E. (2011). Levels of students creative thingking in classroom mathematics. Education Research and Reviews, 548-553.

Sugiyono. (2016). Statistika untuk penelitian. In Statistika untuk penelitian, Vol 12.pp1-415.

Swandewi, N. P. (2021). Implementasi Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Pembelajaran Teks Fabel pada Siswa Kelas VII H SMP Negeri 3 Denpasar. Jurnal Pendidikan Deiksis, Vol. 3, No. 1.

Wahyudin. (2017). Penilaian poster penelitian. . Jakarta: Informasi Riset dan Inovasi.

Wanelly, W., & Fauzan, A. (2020). Pengaruh Pendekatan Open Ende dan Gaya belajar Siswa Terhadap Kemapuan Berpikir kreatif Mathematis. Basic edu, Vo.4 No3. Hal 523-533.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Luthfiyah, F. . (2023). Upaya Peningkatan Berpikir Kreatif Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning Berbasis Diferensiasi Gaya Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 3875–3880. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5722

Issue

Section

Prosiding 2023