Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning Kelas II SDN Pedurungan Lor 02 Semarang
Keywords:
Hasil Belajar, Matematika, Berdiferensiasi,, Problem Based LearningAbstract
Hasil belajar peserta didik kelas II pada pembelajaran Matematika yang mencapai KKM hanya sebesar 6 peserta didik. Dikarenakan kegiatan pembelajaran Matematika belum menerapkan model pembelajaran dan masih menerapkan metode konvensional dengan ceramah, penugasan saja bahkan belum menerapkan implementasi Kurikulum Merdeka dalam proses pembelajaran. Hal tersebut mengakibatkan peserta didik tidak aktif, kurang konsentrasi dan tidak antusias dalam mengikuti pembelajaran sehingga peserta didik kurang dalam memahami materi. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas II pada mata pelajaran Matematika melalui pembelajaaran berdiferensiasi dengan model Problem Based Learning. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas II sebanyak 28 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa hasil belajar dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dengan model Problem Based Learning mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 53,5%, siklus II mengalami peningkatan menjadi 96,4% dengan nilai KKM sebesar 75 pada semua siklus.
References
Aiman Faiz., Anis Pratama., Imas Kurniawaty. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846-2853.
Kasbolah E, S. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Universitas Negeri Malang.
Koyi Matul Afilin. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Menggunakan Model PJBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar Negeri Jetis 3 Sukoharjo. Jurnal Dikdas Bantara, 6(1), 36-46.
Marta, H., Fitria, Y., Hadiyanto, H., & Zikri, A. (2020). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 149-157. Retrieved from https://doi.org/10.31004/basicedu .v4i1.334
Muslimin, Hirza, Bonita., Nery, Reino Septra. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 8(2), 22-32.
Naibaho, Dwi P. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik. Journal of Creative Student Research, 1(2), 81-91.
Nurmi, Syarifuddin. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX Semester Genap SMP Negeri 1 Wera Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 2(2).
Risti Astuti, Muhammad Prayito & Qibtiyah. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD 2 Mijen melalui Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Guru Profesional, 1(1), 73-83.
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiarta, I. (2019). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara (Tokoh Timur). Jurnal Filsafat Indonesia, 2(3), 124-136. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JFI/article/view/22187
Tomlinson, Carol A. (2017). How to Differentiate Instruction in Academically Diverse Classrooms. VA: ASCD.
Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(4), 529-535.
Wina Sanjaya. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenda Media Grup.