PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI STATISTIKA KELAS X SMA N 10 SEMARANG MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

Authors

  • Saniya Fitriyatul Muslihah Universitas PGRI Semarang
  • Dina Prasetyawati Universitas PGRI Semarang
  • Gunarto

Keywords:

Hasil Belajar, Problem Based Learning, Pembelajaran Berdiferensiasi

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang hasil belajar siswa yang masih rendah dan belum mencapai ketuntasan belajar sesuai dengan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran yang ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dengan model Problem Based Learning materi statistika melalui pembelajaran berdiferensiasi.Subjek Penelitian ini adalah peserta didik kelas X-5 SMAN 10 Semarang. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes  untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning melalui pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan hsil belajar peserta didik. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu dari 17.14% dengan nilai rata-rata 61.29 dan mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 60% dengan nilai rata rata 71.57 lalu mengalami peningkatan lagi pada siklus II menjadi 94% dengan nilai rata rata 84.71.

References

Astiti, N. D., Mahadewi, L. P. P., & Suarjana, I. M. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA. Mimbar Ilmu, 26 (2), 193–203.

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Education and development, 8(2), 468-468.

Fitra, D. K. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dalam perspektif progresivisme pada mata pelajaran IPA. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(3), 250-258.

Indarwati, D., Wahyudi, W., & Ratu, N. (2014). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika melalui penerapan problem based learning untuk siswa kelas V SD. Satya Widya, 30(1), 17-27.

Laia, I. S. A. (2022). Pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar peserta didik sma negeri 1 lahusa.

Marlina, M. (2021). Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Upaya Pemenuhan Aksesbilitas Psikologis Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif.

Purnawanto, A. T. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Pedagogy, 16(1), 34-54.

Rahayu, S. T., Saputra, D. S., & Susilo, S. V. (2019, October). Pentingnya model problem based learning dalam pembelajaran matematika siswa sekolah dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, pp. 448-454).

Syarifuddin, S., & Nurmi, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX Semester Genap SMP Negeri 1 Wera Tahun Pelajaran 2021/2022. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 2(2), 93-102.

Downloads

Published

2024-12-28

How to Cite

Fitriyatul Muslihah, S., Prasetyawati, D., & Gunarto. (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI STATISTIKA KELAS X SMA N 10 SEMARANG MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 269–278. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6082

Issue

Section

Matematika