Peningkatan Computational Thingking dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI-2 Dengan Model Problem Based Learning

Authors

  • Eka Septiyana

Keywords:

Problem Based Learning, Berdiferensiasi, Berpikir Komputasi, hasil belajar, Materi Sel

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan model problem based learning dengan strategi berdiferensiasi dalam meningkatkan computational thingking dan hasil belajar peserta didik kelas XI-2 SMA Negeri 2 Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan satu kelas untuk menerapkan problem based learning dengan strategi berdiferensiasi pada kelas XI-2 BFK yang terdiri dari 36 peserta didik. Penelitian tindakan ini dilaksanakan atas dua siklus, setiap siklus dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Strategi pembelajaran berdiferensiasi yang digunakan berupa konten, proses dan produk. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif statistic untuk menguji hipotesis penelitian dengan uji Idependent sampel T-Test dan Uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan strategi berdiferensiasi untuk meningkatkan kemampuan computational thingking dan hasil belajar peserta didik telah terlasana dengan presentase sebesar 83,75% pada siklus I dan 96,25% pada siklus II. penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan strategi berdiferensiasi dapat meningkatkan kemampuan computational thingking peserta didik dengan rata-rata sebesar 61,98 pada siklus I dan nilai rata-rata sebesar 82,58 pada siklus II. Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan strategi berdiferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan nilai rata-rata posttest pada siklus I sebesar 79,44 dan nilai rata-rata posttest pada siklus II sebesar 95,42. 

References

Alotaibi, A., & Alyahya, D. (2019). Computational thinking skills and its impact on TIMSS achievement. Issues and Trends in Educational Technology, 7(1). https://doi.org/ 10.2458/azu_itet_v7i1_alyahya

Amsikan, S., Nahak, S., & Mone, F. (2021). Analisis Kemampuan Siswa Sebagai Alternatif Solusi Mengatasi Learning Loss Siswa SMPN Nunufafi The Effects of Blended Learning Approach on Students’ Performance: Evidence from a Computerized Accounting Course. International Journal of Humanities and Social Science, 1(6), 7.

Angraini, G., & Sriyati, S. (2019). Analisis kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMAN kelas X di Kota Solok pada konten biologi. Journal of Education Informatic Technology and Science, 1(1), 114-124.

Ansori, M. (2019). Pemikiran Komputasi (Computational Thinking) dalam pemecahan Masalah. Jurnal Dirasah, 112-126.

Atik Siti Maryam. (2021). Stategi Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi. Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi.

Cansu, F. K., & Cansu, S. K. (2019). An Overview of Computational Thinking. International Journal of Computer Science Education in Schools, 3(1), 17–30. https://doi.org/10.21585/ijcses. v3i1.53

Nuraeni, E., Nurwahyuni, T., Amprasto, A., & Permana, I. (2022). Identifikasi Extranous Cognitive Load Siswa Dalam Mengembangkan Computational Thinking Skill Melalui Pembelajaran Jaring-Jaring Makanan Berbasis Snap!. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 10(1), 115-124.

Nurwahyunani, A., Minarti, I. B., Aulia, N., Meilani, A. R., Munawaroh, L. F., Munasyifa, A., ... & Maehanifa, I. (2023). Penerapan Model Steam Dalam Pembelajaran Biologi Sma Di Indonesia: Literature Review. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 254-261.

Peel, A. & Friedrichsen, P. 2018. Algorithms, abstractions, and iterations: teaching computational thinking using protein synthesis translation. The American Biology Teacher, 80(1):21–28.

Dewi, A. N., Juliyanto, E., & Rahayu, R. (2021). Pengaruh Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Computational Thinking Berbantuan Scratch Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Indonesian Journal of Natural Science Education, 4(2), 492-497.

Sinaga, K. (2018). Pengaruh Penerapan Flipped Classroom pada Mata Kuliah Kimia Dasar untuk Meningkatkan Self Regulated Learning. Jurnal Kimia dan Pendidikan, 3(1), 106.

Suwartiningsih. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80–94. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.39

Wiryopranoto, S., Herlina, N., Marihandono, D., & Tangkilisan, Y. B. (2017). Ki Hajar Dewantara: Pemikiran dan perjuangannya. Museum Kebangkitan Nasional, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Septiyana, E. (2023). Peningkatan Computational Thingking dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI-2 Dengan Model Problem Based Learning . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 3903–3914. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5726

Issue

Section

Prosiding 2023