Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Papan Pintar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iia Sdn Sendangmulyo 02 Semarang
Keywords:
Problem Based Learning, Media Papan Pintar, Hasil BelajarAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan model
pembelajaran Problem based Learning berbantu dengan media papan pintar. Fokus penelitian ini
adalah hasil belajar Matematika pada materi penjumlahan dan pengurangan. Siklus I, Siklus II dan
Siklus III. Metode pada penelitian ini terdiri dari empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi,
dan refleksi. Untuk mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan tes hasil belajar, observasi, dan
dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada 26 siswa di kelas IIA SDN Sendangmulyo 02 Semarang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dalam kategori yang sangat baik dan memenuhi syarat
menunjukkan peningkatan hasil belajar sebesar 69,23% pada siklus II dan 92,31% pada siklus III.
References
Assegaff, A dan Sontani, U. T. (2016).
Upaya Meningkatkan Kemampuan
Berfikir AnalitisMelalui Model
Problem Based Learning(PLB).
Jurnal Pendidikan Manajemen
Perkantoran, 1 (1), 38-48.
Asyhar, Rayandra.2011. Kreatif
Mengembangkan Media
Pembelajaran. Jakarta: Gaung
Persada (GP) Press.
Lestari, Yuli Puji.dkk. 2018. Penerapan
PBL(Problem Based Learning)
Berbantuan Media Papan Catur
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Matematika Kelas 4 SD. Jurnal
Pendidikan Dasar PerKhasa Volume
, Nomor 1, April 2018
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016).
Minat belajar sebagai determinan
hasil belajar siswa. Jurnal
Pendidikan Manajemen
Perkantoran (JPManper), 1(1), 128-
Munadi, Yudhi. 2013. Media
Pembelajaran . Jakarta: Referensi.
Robiyanto, Agus. 2021. Pengaruh Model
Problem Based Learning terhadap
Hasil Belajar Peserta didik.
MAHAGURU: Jurnal Pendidikan
Guru Sekolah Dasar. Vol. 2– No. 1,
year (2021), page 114-121. Universitas
Kristen Satya Wacana Salatiga.
Rochani, S. (2016). Keefektifan
Pembelajaran Matematika Berbasis
Masalah dan Penemuan Terbimbing
Ditinjau dari Hasil Belajar Kognitif
Kemampuan Berpikir Kreatif.
Jurnal Riset Pendidikan
Matematika,3(2), 273 –283.
Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran
Berorientasi Standar Proses
Pendidikan. Jakarta:Ken cana.
Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil
Proses Belajar Mengajar . Bandung:
PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. D..
Bandung: Alfabeta.
Supriyono. (2018). Pentingnya Media
Pembelajaran Untuk Meningkatkan
Minat Belajar Peserta didik Sd.
Edustream: Jurnal Pendidikan
Dasar, II(1), 43–48
Tarigan, E. B., Simarmata, E. J., Abi, A.
R.,&Tanjung, D. S. (2021).
Peningkatan Hasil belajar Siswa
dengan Menggunakan Model
Problem Based learning pada
Pembelajaran Tematik.
Edukatif:Jurnal Ilmu Pendidikan,
(4), 2294-2304