Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Papan Pintar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iia Sdn Sendangmulyo 02 Semarang

Authors

  • Agung Tri Wibowo Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Problem Based Learning, Media Papan Pintar, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan model
pembelajaran Problem based Learning berbantu dengan media papan pintar. Fokus penelitian ini
adalah hasil belajar Matematika pada materi penjumlahan dan pengurangan. Siklus I, Siklus II dan
Siklus III. Metode pada penelitian ini terdiri dari empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi,
dan refleksi. Untuk mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan tes hasil belajar, observasi, dan
dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada 26 siswa di kelas IIA SDN Sendangmulyo 02 Semarang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dalam kategori yang sangat baik dan memenuhi syarat
menunjukkan peningkatan hasil belajar sebesar 69,23% pada siklus II dan 92,31% pada siklus III.

References

Assegaff, A dan Sontani, U. T. (2016).

Upaya Meningkatkan Kemampuan

Berfikir AnalitisMelalui Model

Problem Based Learning(PLB).

Jurnal Pendidikan Manajemen

Perkantoran, 1 (1), 38-48.

Asyhar, Rayandra.2011. Kreatif

Mengembangkan Media

Pembelajaran. Jakarta: Gaung

Persada (GP) Press.

Lestari, Yuli Puji.dkk. 2018. Penerapan

PBL(Problem Based Learning)

Berbantuan Media Papan Catur

Untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Matematika Kelas 4 SD. Jurnal

Pendidikan Dasar PerKhasa Volume

, Nomor 1, April 2018

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016).

Minat belajar sebagai determinan

hasil belajar siswa. Jurnal

Pendidikan Manajemen

Perkantoran (JPManper), 1(1), 128-

Munadi, Yudhi. 2013. Media

Pembelajaran . Jakarta: Referensi.

Robiyanto, Agus. 2021. Pengaruh Model

Problem Based Learning terhadap

Hasil Belajar Peserta didik.

MAHAGURU: Jurnal Pendidikan

Guru Sekolah Dasar. Vol. 2– No. 1,

year (2021), page 114-121. Universitas

Kristen Satya Wacana Salatiga.

Rochani, S. (2016). Keefektifan

Pembelajaran Matematika Berbasis

Masalah dan Penemuan Terbimbing

Ditinjau dari Hasil Belajar Kognitif

Kemampuan Berpikir Kreatif.

Jurnal Riset Pendidikan

Matematika,3(2), 273 –283.

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran

Berorientasi Standar Proses

Pendidikan. Jakarta:Ken cana.

Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil

Proses Belajar Mengajar . Bandung:

PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. D..

Bandung: Alfabeta.

Supriyono. (2018). Pentingnya Media

Pembelajaran Untuk Meningkatkan

Minat Belajar Peserta didik Sd.

Edustream: Jurnal Pendidikan

Dasar, II(1), 43–48

Tarigan, E. B., Simarmata, E. J., Abi, A.

R.,&Tanjung, D. S. (2021).

Peningkatan Hasil belajar Siswa

dengan Menggunakan Model

Problem Based learning pada

Pembelajaran Tematik.

Edukatif:Jurnal Ilmu Pendidikan,

(4), 2294-2304

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Tri Wibowo, A. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Papan Pintar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iia Sdn Sendangmulyo 02 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1621–1627. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5297

Issue

Section

Prosiding 2023