Peningkatan Hasil Belajar Ipas Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Media Konkret Pada Siswa Kelas Iva Sd Negeri Peterongan

Authors

  • Nurul Dian Pertiwi Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil Belajar, IPAS, Media Konkret

Abstract

Penelitian dilaksanakan guna meningkatkan hasil belajar dengan berbantu media konkret
pada muatan IPAS. Penelitian dilaksanakan pada siswa IVA SD Negeri Peterongan. Jenis
penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan
lembar observasi, wawancara, tes, dokumentasi. Hasil belajar siswa pada prasiklus berjumlah
11 siswa dengan persentase 40,74% dan tidak tuntas 16 siswa dengan persentase 59,26%.
Setelah melakukan perbaikan pada siklus I terjadi peningkatan ketuntasan yaitu 20 siswa
tuntas dengan persentase 74,07% dan 7 siswa tidak tuntas dengan persentase 25,92%, hasil
dari perbaikan siklus I belum mencapai indikator pencapaian yakni 80% ketuntasan, maka di
laksanakan perbaikan siklus II. Setelah pelaksanaan siklus II terjadi peningkatanketuntasan
yaitu 22 siswa tuntas dengan persentase 81,48% sedangkan siswa yang tidak tuntas berjumlah
5 orang dengan persentase 18,51%. Dengan demikian perbaikan dengan Model Problem Based
Learning Berbantu Media konkrit dapat di katakan berhasil karena hasil belajar mencapai
tujuan yakni persentase 80%. Sehingga Model Problem Based Learning Berbantu Media
konkrit dianjurkan agar siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran yang berlangsung.

References

Bekti Ariyani, F. K. (2021). Model

Pembelajaran Problem Based

Learning untuk Meningkatkan

Hasil Belajar IPS Siswa SD.

JURNAL IMIAH PENDIDIKAN

DAN PEMBELAJARAN, 353-361.

Chinda Hibatul Buda, N. H. (2018).

PENGGUNAAN MODEL

PEMBELAJARAN PROBLEM

BASED LEARNING BERBANTU

MEDIA KONKRIT DALAM UPAYA

PENINGKATAN PROSES DAN

HASIL BELAJAR MUATAN IPA

TEMA7 SUBTEMA 1 KELAS 4.

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan

Pembelajaran , 2615-6091.

Dw. Md. Andika Sujana, I. G. (2021).

Meningkatnya Hasil Belajar IPA

Siswa Melalui Model Problem

Based Learning Berbantuan Media

Audio Visual . JURNAL IMIAH

PENDIDIKAN DAN

PEMBELAJARAN, 320-331.

Elisabet Febrian Kurniasari, E. W. (2017).

Peningkatan Hasil Belajar IPS

Melalui Penerapan Model

Pembelajaran Kooperatif Tipe

Think Pair and Share (TPS) dengan

Teknik Gallery Walk. Journal of

Education Research and , 120-127.

Nofi Tri Wahyuningsih, A. S. (2021).

Penggunaan Media Konkret Dalam

Model Pembelajaran Problem

Based Learning Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.

Pinisi Journal PGSD, 809-820.

Nurdin, H.S. (2016). Guru Profesional dan

Penelitian Tindakan Kelas. Journal

Of Education Studies, (1), 1-2.

Panji Rizalul Fatah, A. A. (2023).

PENINGKATAN HASIL BELAJAR

IPAS MELALUI MODEL

PEMBELAJARAN PROBLEM

BASED LEARNING (PBL) PADA

SISWA KELAS IV SDN 1

CIRENDANG KECAMATAN

KUNINGAN KABUPATEN

KUNINGAN. Jurnal Pemikiran

dan Penelitian Pendidikan Dasar,

-40.

Pt. Widya Puspita Dewi, G. W. (2021).

Model Pembelajaran Problem

Based Learning Meningkatkan

Hasil Belajar Tematik (Muatan

Pelajaran IPA) pada Siswa Kelas IV

SD. Journal for Lesson and

Learning Studies, 158-164.

Sanjaya, W. (2016). Penelitian Tindakan

Kelas. Jakarta: Prenada Media.

Septika Sari Hutami, E. Y. (2023).

PENERAPAN MODEL PROBLEM

BASED LEARNING

BERBANTUAN MEDIA PAPAN

KERAGAMAN BUDAYA

INDONESIA TERHADAP HASIL

BELAJAR IPAS MATERI

KERAGAMAN BUDAYA KELAS IV

SD NEGERI GABUSBANARAN

JOMBANG. Jurnal Ilmiah

Pendidikan Dasar, 1804-1814.

Suyitno, D. D. (2023). Peningkatan

motivasi belajar siswa SD kelas IV

mata pelajaran IPAS tema batang

tumbuhan melalui quantum

teaching di SD Islam Terpadu

Arrahmah Pacitan. Journal of Basic

Learning and Thematic, 12-22.

Tamariska Febri Kristiana, E. H. (2021).

Meta Analisis Penerapan Model

Problem Based Learning Dalam

Meningkatkan Hasil Belajar IPA

Siswa Sekolah Dasar. JURNAL

BASICEDU, 818 - 826.

Widya Puspita Dewi, G. W. (2021). Model

Pembelajaran Problem Based

Learning Meningkatkan Hasil

Belajar Tematik (Muatan Pelajaran

IPA) pada Siswa Kelas IV SD.

Journal for Lesson and Learning

Studies, 158-164.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Dian Pertiwi, N. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Ipas Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Media Konkret Pada Siswa Kelas Iva Sd Negeri Peterongan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1677–1685. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5304

Issue

Section

Prosiding 2023