Peningkatan Hasil Belajar Ipas Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Media Konkret Pada Siswa Kelas Iva Sd Negeri Peterongan
Keywords:
Problem Based Learning, Hasil Belajar, IPAS, Media KonkretAbstract
Penelitian dilaksanakan guna meningkatkan hasil belajar dengan berbantu media konkret
pada muatan IPAS. Penelitian dilaksanakan pada siswa IVA SD Negeri Peterongan. Jenis
penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan
lembar observasi, wawancara, tes, dokumentasi. Hasil belajar siswa pada prasiklus berjumlah
11 siswa dengan persentase 40,74% dan tidak tuntas 16 siswa dengan persentase 59,26%.
Setelah melakukan perbaikan pada siklus I terjadi peningkatan ketuntasan yaitu 20 siswa
tuntas dengan persentase 74,07% dan 7 siswa tidak tuntas dengan persentase 25,92%, hasil
dari perbaikan siklus I belum mencapai indikator pencapaian yakni 80% ketuntasan, maka di
laksanakan perbaikan siklus II. Setelah pelaksanaan siklus II terjadi peningkatanketuntasan
yaitu 22 siswa tuntas dengan persentase 81,48% sedangkan siswa yang tidak tuntas berjumlah
5 orang dengan persentase 18,51%. Dengan demikian perbaikan dengan Model Problem Based
Learning Berbantu Media konkrit dapat di katakan berhasil karena hasil belajar mencapai
tujuan yakni persentase 80%. Sehingga Model Problem Based Learning Berbantu Media
konkrit dianjurkan agar siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran yang berlangsung.
References
Bekti Ariyani, F. K. (2021). Model
Pembelajaran Problem Based
Learning untuk Meningkatkan
Hasil Belajar IPS Siswa SD.
JURNAL IMIAH PENDIDIKAN
DAN PEMBELAJARAN, 353-361.
Chinda Hibatul Buda, N. H. (2018).
PENGGUNAAN MODEL
PEMBELAJARAN PROBLEM
BASED LEARNING BERBANTU
MEDIA KONKRIT DALAM UPAYA
PENINGKATAN PROSES DAN
HASIL BELAJAR MUATAN IPA
TEMA7 SUBTEMA 1 KELAS 4.
Jurnal Ilmiah Pendidikan dan
Pembelajaran , 2615-6091.
Dw. Md. Andika Sujana, I. G. (2021).
Meningkatnya Hasil Belajar IPA
Siswa Melalui Model Problem
Based Learning Berbantuan Media
Audio Visual . JURNAL IMIAH
PENDIDIKAN DAN
PEMBELAJARAN, 320-331.
Elisabet Febrian Kurniasari, E. W. (2017).
Peningkatan Hasil Belajar IPS
Melalui Penerapan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe
Think Pair and Share (TPS) dengan
Teknik Gallery Walk. Journal of
Education Research and , 120-127.
Nofi Tri Wahyuningsih, A. S. (2021).
Penggunaan Media Konkret Dalam
Model Pembelajaran Problem
Based Learning Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.
Pinisi Journal PGSD, 809-820.
Nurdin, H.S. (2016). Guru Profesional dan
Penelitian Tindakan Kelas. Journal
Of Education Studies, (1), 1-2.
Panji Rizalul Fatah, A. A. (2023).
PENINGKATAN HASIL BELAJAR
IPAS MELALUI MODEL
PEMBELAJARAN PROBLEM
BASED LEARNING (PBL) PADA
SISWA KELAS IV SDN 1
CIRENDANG KECAMATAN
KUNINGAN KABUPATEN
KUNINGAN. Jurnal Pemikiran
dan Penelitian Pendidikan Dasar,
-40.
Pt. Widya Puspita Dewi, G. W. (2021).
Model Pembelajaran Problem
Based Learning Meningkatkan
Hasil Belajar Tematik (Muatan
Pelajaran IPA) pada Siswa Kelas IV
SD. Journal for Lesson and
Learning Studies, 158-164.
Sanjaya, W. (2016). Penelitian Tindakan
Kelas. Jakarta: Prenada Media.
Septika Sari Hutami, E. Y. (2023).
PENERAPAN MODEL PROBLEM
BASED LEARNING
BERBANTUAN MEDIA PAPAN
KERAGAMAN BUDAYA
INDONESIA TERHADAP HASIL
BELAJAR IPAS MATERI
KERAGAMAN BUDAYA KELAS IV
SD NEGERI GABUSBANARAN
JOMBANG. Jurnal Ilmiah
Pendidikan Dasar, 1804-1814.
Suyitno, D. D. (2023). Peningkatan
motivasi belajar siswa SD kelas IV
mata pelajaran IPAS tema batang
tumbuhan melalui quantum
teaching di SD Islam Terpadu
Arrahmah Pacitan. Journal of Basic
Learning and Thematic, 12-22.
Tamariska Febri Kristiana, E. H. (2021).
Meta Analisis Penerapan Model
Problem Based Learning Dalam
Meningkatkan Hasil Belajar IPA
Siswa Sekolah Dasar. JURNAL
BASICEDU, 818 - 826.
Widya Puspita Dewi, G. W. (2021). Model
Pembelajaran Problem Based
Learning Meningkatkan Hasil
Belajar Tematik (Muatan Pelajaran
IPA) pada Siswa Kelas IV SD.
Journal for Lesson and Learning
Studies, 158-164.