PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV MELALUI MODEL PBL MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL SDN PANDEANLAMPER 04

Authors

  • adityawahyu ajipradhana PPG Universitas PGRI Semarang
  • Endang Wuryandini Universitas PGRI Semarang
  • Susi Handayaningsih SD N Pandeanlamper 04

Keywords:

Problem Based Learning, Audiovisual, Hasil Belajar

Abstract

Masih rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV  pada mata pembelajaran IPAS SDN Pandeanlamper 04 mendorong dilakukannya penelitian tindakan kelas ini. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi IPAS. Dalam Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik maka diperlukan model dan media pembelajaran yang sesuai. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan adalah Problem Based Learning menggunakan dengan media audiovisual. Prosedur penelitian yang digunakan mengikuti prosedur PTK yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan diawali dengan kegiatan Pra siklus. Pada tiap tahap dilakukan perbaikan modul ajar dan media sehingga dapat diketahui persentase keberhasilan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media audiovisual. Hasil penelitian dengan digunakannya model Problem Based Learning menggunakan media audiovisual menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didk yang sangat signifikan. Pada tahap pra siklus, diketahui bahwa nilai rata-rata peserta didik 60 dengan prosentase 21,4%. Kemudian Pada siklus I, nilai rata-rata meningkat lagi menjadi 75,5 dengan prosentase meningkat menjadi 75%. Pada siklus II, nilai rata-rata meningkat lagi menjadi 88,5 dan prosentase menjadi 92,8%.  Berdasarkan  hasil  penelitian  dapat  disimpulkan    bahwa penerapan  model Problem Based Learning menggunakan media audiovisual dapat meningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS.

References

Adnyana, Wayan Arya. (2020). Model Problem Based Learning

Akhdinirwanto, R. W., Agustini, R., & Jatmiko, B. (2020). roblem-based learning with argumentation as a hypothetical model to increase the critical thinking skills for junior high school students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 340-350.

Arikunto. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Arikunto, S. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 353. Retrieved from https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230

Armando. (2019). MEWUJUDKAN KETERAMPILAN 4C SISWA DI ABAD 21 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. Scholar.

B, Ariyani & F, Kristin. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 353.

Firdaus. (2019). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Tematik di MTs Ulul Albab. . Jurnal On Education, 191-198.

Haryanto. (2019). Model to improve the Indonesian language learning achievement of class IX-F students at Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kudus. Journal Of Education and Teaching.

Ibrahim R & Nana Syaodih. (2015). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesioonal Guru. Raja Grafindo.

Lestari, W. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik Melalui Problem Based Learning Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Tematik. Jurnal Tematik dan Pendidikan Tematik.

Maryati, I. &. (2017). Integritas Nilai-Nilai Karakter Tematik Melalui Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Mushorafa, 333-344.

Muhasetyo, G. (2020). Pembelajaran Tematik SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nasution. (2013). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Ninawati, M., Wahyuni, N., & Rahmiati, R. (2022). Pengaruh Model Artikulasi Menggunakanan Media Benda. Jurnal Educatio Fkip Unma, 893–898. Retrieved from Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.V8i3.2433

Oemar, H. (2015). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Pita Reski, D., Guru Sekolah Dasar Karangturi, P. S., Guru Sekolah Dasar, P., & Guru Sekolah Dasar Negeri Bontocinde, P. S. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI Melalui Model Pembelajaran PBL Di SD Karangturi Tahun Ajaran 2021/ 2022. Pinisi Journal PGSD, 663.

Pita Reski, et. al. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI Melalui Model Pembelajaran PBL Di SD Karangturi Tahun Ajaran 2021/ 2022. Pinisi Journal PGSD, 663–670.

Pulungan, I. (2017). Ensiklopedi Pendidikan. Medan: Media Persada.

Setiawan, Y. (2020). Efektivitas Problem Based Learning-Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Tematik.

Sisdiknas, U. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Situmorang, A. (2016). Efektivitas Strategi Pembelajaraan Ekspositori Terhadap Pemahaman Kosep Tematik Mahasiwa Prodi Pendidikan Tematik Universitas HKBP Nommensen. Jurnal Suluh Pendidikan FKIP-UHN, 109-119.

Sriwahyuni, E. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar. Yogyakarta: Deepublish.

Sumantri, M. (2020). Perkembangan Peserta Didik. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Sunata, S. (2019). Classroom Action Research-Based Lesson Study in Determining The Formula of Circle Area. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 118. Retrieved from https://doi.org/10.20961/ijsascs.v3i1.32434

Wardani. (2006). Pengambilan keputusan dalam layanan ahli pembelajaran. Pusat Antar Universitas (PAU), Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2024-12-24

How to Cite

ajipradhana, adityawahyu, Wuryandini, E. ., & Handayaningsih, S. . (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV MELALUI MODEL PBL MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL SDN PANDEANLAMPER 04. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 19–26. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6049

Issue

Section

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Most read articles by the same author(s)