Pembelajaran Berbasis Projek Bebrbantuan Media Konkret Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas Iv

Authors

  • Dhahana Aris Saputra

Keywords:

PjBL, Media Konkret, Minat belajar

Abstract

penelitian ini dilatarbelakangi oleh rasa keingintahuan peneliti terhadap penerapan pembelajaran berbasis proyek serta dampak terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran. minat belajar merupakan langkah awal siswa dalam belajar yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui penerapan pembelajaran berbasis proyek terhadap minat belajar peserta didik di kelas 4 SDN Plamongansari 02 Semarang pada mapel IPAS materi bab 2 perubahan wujud zat. penelitian ini dilakukan dengan Penelitian Tindak Kelas Kolaboratif ( PTKK ) dengan subjek penelitian adalah 26 siswa. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi pembelajaran, angket siswa, serta wawancara mendalam pada penelitian ini. Pembelajaran berbasis proyek memberikan memberikan pengaruh positif pada minat belajar siswa. Kenaikan minat belajar ditunjukan pada pra siklus dengan kategori rendah 38,46% siswa mengalami peningkatan menjadi kategori tinggi pada siklus I 53,84% siswa dalam kategori tinggi dan pada siklus II 65,38% siswa dalam kategori sangat tinggi.

References

Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan project based learning terintegrasi STEM untuk meningkatkan literasi sains siswa ditinjau dari gender. Jurnal inovasi pendidikan IPA, 2(2), 202-212.

Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95-101.

Anjani, S. (2017). Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions Berbasis Tri Hita Karana Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Mimbar PGSD Undiksha, 5, 1-11.

Arbaidah. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematıka Materı Pecahan Sederhana Melalui Media Kartu Pecahan Dı Kelas Iıı Upt Sd Negerı 20 Barıngın. Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia.

Arisanti, D. A. K. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Belajar untuk Mewujudkan Pendidikan yang Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02), 243–250

Elisabet, E., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL).

Fauziyah, S., Syaikhu, A., & Nugraheny, D. C. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Minat Belajar Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 286-293).

Handayani, H., Riska, R., Winarti, W., & Suhendra, I. (2019). Contektual Teaching Learning: Alternatif Model Pembelajaran Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Ipa Siswa Sd Di Purwakarta. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 160-173.

Kemendikbud. Lampiran Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI; 2013

Mutoharoh, S. I. T. I. (2018). Penggunaan Media Benda Konkret Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas Ii Di MI MA’Arif Nu Banteran Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2017/2018. Purwokerto: IAIN Purwokerto.

Media Indonesia. (2019). Merdeka belajar menuju pendidikan ideal. Media Indonesia. Diakses pada 8 September 2023, dari https://mediaindonesia.com/humaniora/278427/merdeka-belajar-menuju-pendidikan-ideal.

Nisa, K., Wiyanto, W., & Sumarni, W. (2021). Sistematik literatur review: literasi sains dan sets (science, environment, technology, and society). EDUSAINS, 13(1), 74-82.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Pengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Suryaman, M. (2020, October). Orientasi pengembangan kurikulum merdeka belajar. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra (pp. 13-28).

Utami, Tri, Firosalia Kristin, and Indri Anugraheni. 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Mitra Pendidikan 2:541–52. doi: 10.51499/cp.v4i1.147

Wijaya, R., Vioreza, N., & Marpaung, J. B. (2021). Penggunaan Media Konkret dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 579-587).

Oemar Hamalik, 2016, Proses Belajar Mengajar, Jakarta:Pt Bumi Aksara

Octavia, S. A. (2020). Model-model pembelajaran. Deepublish.

Murfiah, U. (2017). Model pembelajaran terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pesona Dasar, 1(1).

Abida, R. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Berbasis Teknologi Tepat Guna Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Retensi Kelas X SMA Negeri 14 Bandar Lampung Pada Materi Pencemaran Lingkungan (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Abidin, Yusuf. 2016. Desain Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Suardika, I. K., Heni, H., & Anse, L. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 5(1), 10-20.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Saputra, D. A. . (2023). Pembelajaran Berbasis Projek Bebrbantuan Media Konkret Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas Iv. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1975–1981. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5339

Issue

Section

Prosiding 2023