Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik Kelas V dengan Menggunakan Media Wordwall dalam Pembelajaran

Authors

  • Achmad Bagus Baskoro Universitas PGRI Semarang
  • Muhammad Prayito Universitas PGRI Semarang
  • Nuruliarsih SDN Sambirejo 02 Semarang

Keywords:

Minat Belajar, Media Pembelajaran, Wordwall

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan minat belajar peserta didik kelas V SDN Sambirejo 02 Semarang melalui penggunaan media wordwall. Permasalahan yang ditemui sebagai latar belakang dilakukan penelitian adalah sebagian peserta didik memiliki minat belajar yang rendah ketika praktik mengajar dilakukan dengan cara konvensional dan hanya menggunakan powerpoint sebagai media pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SDN Sambirejo 02 Semarang dengan subjek penelitian sejumlah 27 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu pra-siklus dan siklus 1 dimana pada tiap siklusnya terdiri dari satu pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian yaitu berupa minat belajar melalui teknik kuesioner/angket. Pada setiap siklus akan dilakukan pengukuran minat belajar peserta didik untuk dilakukan perbandingan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar peserta didik mengalami peningkatan dalam setiap fase penelitian mulai dari pra-siklus, siklus 1, dan siklus 2. Hasilnya menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam minat belajar peserta didik selama implementasi wordwall. Hal itu dibuktikan dengan menurunnya jumlah peserta didik yang memiliki minat belajar dalam kategori sangat rendah, rendah, dan sedang pada setiap fase. Selain itu juga terjadi peningkatan jumlah peserta didik yang memiliki minat belajar dalam kategori sangat tinggi pada setiap fase. Kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan adalah penggunaan media wordwall dalam pembelajaran berhasil meningkatkan minat belajar peserta didik.

References

Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan jenis media pembelajaran dalam pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1), 98-107.

AH Sanaky, Hujair. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara

Andriany, R., & Warsiman, W. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Wordwall di Era Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 406-422.

Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta

Farhaniah, S. (2021). Penerapan Media Berbasis Wordwall untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar Negeri 127 Kota Jambi. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Fauqannuri, I. (2022). Penerapan Media Berbasis Wordwall Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Vii B Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smpn 2 Panji Situbondo Tahun Pelajaran 2021/2022. Universitas Islam Negeri Kiai

Haji Achmad Siddiq Jember. Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Khairunisa, Y. (2021). Pemanfaatan fitur gamifikasi daring Maze chase– Wordwall sebagai media pembelajaran digital mata kuliah statistika dan Probabilitas. MEDIASI-Jurnal Kajian Dan Terapan Media, Bahasa, Komunikasi, 2(1), MEDIASI-Jurnal Kajian Dan Terapan Media, Bahasa, K.

Launin, S., Nugroho, W., & Setiawan, A. (2022). Pengaruh Media Game Online Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(3), 216-223.

Lestari, R. D. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Wordwall Di Kelas Iv Sd N 01 Tanahbaya Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Guru, 2(2), 1– 6.

Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Dan Wordwall Pada Pembelajaran Ipa Bagi Guru-Guru Sdit Al-Kahfi. SELAPARANG : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195–199.

Setyorini, D., Suneki, S., Prayitno, M., & Prasetiawati, C. (2023). Meningkatkan Minat Belajar Dengan Menggunakan Media Wordwall Kelas 4 di Sekolah Dasar. Jurnal Sinektik, 6(1), 25-31.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Memzinya. Jakarta: Rineka Cipta

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(3), 43–48.

Suratno dkk. 2021. Tiga Belas Ladang Cintaku Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PrenadaMedia Group.

Umam, K. (2013). Penerapan Media Digital Dalam Pembelajaran Apresiasi Batik Kelas X SMA Negeri 1 Blega. Jurnal Pendidikan Seni Rupa.

Zainal Aqib. (2013). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung : Yarma Widya.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Baskoro, A. B. ., Prayito, M. ., & Nuruliarsih. (2023). Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik Kelas V dengan Menggunakan Media Wordwall dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1897–1901. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5332

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)