Penerapan Media Smart Thinker Book melalui Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas III SDN Panggung Lor
Keywords:
Peningkatan, Smart Thinker Book, roblem Based Learning, minat belajar, motivasi belajarAbstract
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik kelas III SDN Panggung Lor. Fokus penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik melalui penerapan media Smart Thinker Book melalui model Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan menggunakan model Kemmis and M Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN Panggung Lor. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian dapat diukur dari perolehan skor minat motivasi belajar ≥75% dengan kategori tinggi dan skor motivasi belajar ≥75% dengan kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media Smart Thinker Book melalui model Problem Based Leaning dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan skor hasil observasi minat belajar peserta didik sebesar 62.5% pada siklus I, meningkat menjadi 76.4% dengan kategori tinggi pada siklus II. Peningkatan skor hasil observasi motivasi belajar peserta didik sebesar 54.1% pada siklus I, meningkat menjadi 76.2% dengan kategori baik pada siklus II. Sedangkan peningkatan skor hasil angket minat belajar peserta didik sebesar 72.9% pada siklus I, meningkat menjadi 88.5% dengan kategori sangat tinggi pada siklus II. Peningkatan skor hasil angket motivasi belajar peserta didik sebesar 74.5% pada siklus I, meningkat menjadi 89.4% dengan kategori sangat baik pada siklus II.
References
Arief S. Sadiman. et al.(2014). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Arikunto, S.(2008). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktikum. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto.(2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Liliyafi, O. Dan D. S. (2018). Joyful Learning Journal. Unnes.Ac.Id, 7(3), 29–38. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj/article/view/23230
Fathurrohman, M.(2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Ar Ruzz Media.
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5.https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599
Huda, M. (2017). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Pustaka Pelajar.
Saur Tampubolon.(2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga.
Slameto.(2013). Belajar Dan Faktor- Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono.(2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional bab 1 pasal 1