165. Penerapan Think Talk Write untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VIII

Authors

  • Elfrida Nurutstsany Universitas PGRI Semarang
  • Ipah Budi Minarti Universitas PGRI Semarang
  • Budiastuti SMP Negeri 6 Semarang

Keywords:

Hasil Belajar, Minat, Think Talk Write

Abstract

Urgensi belajar sangat penting karena termasuk sebuah proses bukan hasil atau tujuan. Kondisi di lapangan menunjukkan bahwa peserta didik yang datang ke sekolah belum tentu belajar. Hal tersebut dipengaruhi oleh rendahnya minat belajar peserta didik yang berdampak pada hasil belajar peserta didik yang juga rendah. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap Tahun Pelajaran 2022/2023 di kelas VIII C SMP Negeri 6 Semarang yang berjumlah 32 peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar IPA Terpadu peserta didik kelas VIII C di SMP Negeri 6 Semarang melalui penerapan model pembelajaran Think Talk Write. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar peserta didik sebesar 7% dari hasil rata-rata klasifikasi indikator minat belajar peserta didik. Rata-rata persentase minat belajar peserta didik pada siklus 1 sebesar 69% dan siklus 2 sebesar 76%. Hasil belajar peserta didik juga terjadi peningkatan sebesar 34%. Rata-rata persentase hasil belajar klasikal peserta didik pada siklus 1 sebesar 63% dan siklus 2 sebesar 97%. Hasil analisis menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Talk Write sangat efektif digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan minat dan hasil belajar IPA Terpadu konsep cahaya dan alat optik pada peserta didik kelas VIII C di SMP Negeri 6 Semarang.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Nurutstsany, E., Minarti, I. B., & Budiastuti. (2023). 165. Penerapan Think Talk Write untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VIII. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1496–1503. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4137

Issue

Section

Prosiding 2023