Implementasi Model Contextual Teaching Learning Berbantuan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VIII SMP Negeri 37 Semarang
Keywords:
matematika, hasil belajar, media konkret, contextual teaching learningAbstract
Hasil belajar menjadi tanda pencapaian siswa dalam proses pembelajaran sehingga dapat mengetahui sejauh mana kemampuan siswa memahami materi yang diajarkan, namun berdasarkan pengamatan dan asesmen diagnostik yang dilakukan di kelas VIII.G SMP Negeri 37 Semarang tahun pelajaran 2023/2024 menunjukkan bahwa hasil belajar siswa tergolong rendah dengan tingkat ketuntasan secara klasikal sebesar 6,3% dari 32 siswa dengan rata-rata nilai 36. Hasil belajar matematika siswa sangat penting untuk ditingkatkan dikarenakan matematika adalah ilmu yang berperan penting dalam berbagai ilmu pengetahuan dan perkembangan teknologi. Salah satu faktor rendahnya hasil belajar matematika dikarenakan kurangnya motivasi belajar dan kesulitan siswa dalam memahami materi. Kinerja guru berperan penting dalam menjadikan pembelajaran yang bermakna melalui berbagai strategi sehingga dapat menemukan solusi terkait permasalahan yang dihadapi di kelas. Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) berbantuan media konkret dapat diajdikan solusi dalam menyelesaikan permasalahan tersebut. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran CTL berbantuan media konkret. PTK dilaksanakan dalam dua siklus dan satu pra-siklus. Tahapan yang dilakukan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakakan yaitu tes dan non-tes. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan belajar siswa meningkat sebesar 25% pada setiap siklusnya dengan persentase ketuntasan pada siklus kedua sebesar 78% dan nilai rata-rata siswa 76. Hasil penelitian ini juga menunjukan adanya peningkatan kinerja guru dengan rincian peningkatan sebesar 20% pada perencanaan pembelajaran dan 29% pada pelaksanaan pembelajaran. Demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CTL berbantuan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
References
Anggraeni, T., Sugiyo, S., & Kustiono, K. (2017). The Difference of Ability to Ask, Scientific Attitude, Motivation Before and After Following Contextual Teaching and Learning Model. Journal of Primary Education, 6(3), 248-256.
Aprillia, U. D., Syahlan, S., & Hasratuddin, H. (2020). Pengaruh Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis Siswa SMA Negeri 04 Tebing Tinggi. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1).
Chityadewi, K. (2019). Meningkatkan hasil belajar matematika pada materi operasi hitung penjumlahan pecahan dengan pendekatan ctl (contextual teaching and learning). Journal of Education Technology, 3(3), 196-202.
Dwi Yuliah Nengseh, D. W. I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii. D Smp Negeri 5 Palopo (Doctoral Dissertation, Institut Agama Islam Negeri (Iain Palopo)).
Fadel, A. S., Saleh, M. E., & Abulnaja, O. A. (2022). Arabic aspect extraction based on stacked contextualized embedding with deep learning. IEEE Access, 10, 30526-30535.
Febriyanti, C., Kencanawaty, G., & Irawan, A. (2019). Etnomatematika permainan kelereng. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 7(1), 32-40.
Hartini, H. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) Materi Pecahan Kelas III MI AL MA’ARIF Kota Sorong. Jurnal Pendidikan, 5(2), 10-16.
Hartini, H. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) Materi Pecahan Kelas III MI AL MA’ARIF Kota Sorong. Jurnal Pendidikan, 5(2), 10-16.
Hutauruk, P., & Simbolon, R. (2018). Meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan alat peraga pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Nomor 14 Simbolon Purba. School Education Journal PGSD FIP Unimed, 8(2), 121-129.
Irawati, D. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Mata Pelajaran Matematika di SDN 03 Mengandungsari (Doctoral dissertation, IAIN Metro).
Leksair, M. A. (2017). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning. Basic Education, 6(9).
Mashuri, S., Djidu, H., & Ningrum, R. K. (2019). Problem-based learning dalam pembelajaran matematika: Upaya guru untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Pythagoras. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2).
Mudanta, K. A., Astawan, I. G., & Jayanta, I. N. L. (2020). Instrumen penilaian motivasi belajar dan hasil belajar IPA siswa Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 25(2), 262-270.
Mutoharoh, S. I. T. I. (2018). Penggunaan Media Benda Konkret Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas Ii Di MI MA’Arif Nu Banteran Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2017/2018. Purwokerto: IAIN Purwokerto.
Nasution, N. R., & Surya, E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. Jurnal Mahasiswa PPS, 1(1), 98-102.
Rosita Putri, T. (2023). Penerapan Model Contextual Teaching And Learning (Ctl) Berbantuan Media Kongkrit Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Tematik Di Sekolah Dasar (Doctoral dissertation).
Tampubolon, B. (2013). Penerapan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 2(9).