Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Berbantu Media Patung Jurang di Sekolah Dasar

Authors

  • Neli Ainiyati Universits PGRI Semarang

Keywords:

Media Konkret, Hasil Belajar, Penjumlahan dan Pengurangan, Matematika

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika di kelas II yang disebabkan karena guru belum menggunakan media pembelajaran secara maksimal dan hanya menggunakan buku paket saja dalam menjelaskan materi pembelajaran kepada peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan selama 2 siklus yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengerjakan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan berbantu media patung jurang di kelas II SDN Plamongansari 02. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas II yang berjumlah 28 anak yang terdiri dari 19 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penguasaan materi dari siklus 1 dengan persentase 71,43% mengalami peningkatan 7,14% dari tahap pra siklus. Hasil belajar pada siklus 2 menunjukkan persentase 85,72% mengalami peningkatan sebanyak 14,29% dari tahap siklus 1. Hal ini menunjukkan  hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dan mencapai kriteria ketuntasan, yaitu 80% peserta didik mencapai KKM.

References

Aliani, Fitri, dkk. 2017. Konsep Dasar Matematika SD Bahan Ajar Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Damayani, Aries Tika dan Nyai Cintang. 2018. Pembelajaran Bilangan SD. Universitas PGRI Semarang.

Fahrurrozi & Syukrul Hamdi. 2017. Metode Pembelajaran Matematika. Lombok Timur: Universitas Hamzanwadi Press

Karso, dkk. 2014. Pembelajaran Matematika di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Mailiarni. 2020. “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Penjumlahan dan Pengurangan Dengan Penggunaan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas I SD Negeri 08 Salimpaung”. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 3(2). 426-430.

Muhlis. 2018. “Peningkatan Kemampuan Mengerjakan Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Menggunakan Metode Demonstrasi dan Media Batu Kerikil Kecil Pada Siswa Kelas I SD Negeri Aikja”. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1). 110-113.

Mulyanti & Dahlia Rineva Puspitasari. 2022. “Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Konkret Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar”. Journal of Innovation in Primary Education, 1(2). 170-180.

Pagarra, Hamzah, dkk. 2022. Media Pembelajaran. Makasar: Badan Penerbit UNM.

Sadiah, Riana Ulfa, dkk. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantu Media Papegi terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol. 3 No. 3.

Sappaile, Baso Intang, dkk. 2021. Hasil Belajar Dari Perspektif Dukungan Orangtua dan Minat Belajar Siswa. Makasar: Global Research and Consulting Institute

Setiawan, Usep, dkk. 2022. Media Pembelajaran. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Undang – Undang Republik Indonesia. 2008. Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wirda, Yendri. dkk. 2020. Faktor-Faktor Determinan Hasil Belajar Siswa. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Neli Ainiyati. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Berbantu Media Patung Jurang di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2071–2079. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5351

Issue

Section

Prosiding 2023