Peningkatan Prestasi Belajar Ipas Melalui Model Pbl Berbantu Media Konkret Kelas Va Sd N Peterongan
Keywords:
Prestasi Belajar, IPAS, PBL, Media KonkretAbstract
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan mengajar guru dan peningkatan prestasi belajar Peserta didik pada pembelajaran IPAS melalui penerapan model problem based learning berbantuan media konkret di kelas VA SDN Peterongan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing tiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan Peserta didik kelas V SDN Peterongan yang terdiri dari 24 Peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan prestasi belajar IPAS Peserta didik kelas VA. Diperoleh hasil pada siklus I sebesar 41% menjadi 79% pada siklus II. Keterampilan guru dalam mengelola kelas mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 88% menjadi 93% pada siklus II. Kesimpulannya penerapan model Problem Based Learning dengan media konkret dapat meningkatkan prestasi belajar IPAS Peserta didik kelas VA SDN Peterongan dan keterampilan mengajar guru.
References
Arikunto, Suharsimi. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan
praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Abdillah, Ridwan. 2014. Dalam artikel Penerapan Model Problem Based
Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil
Belajar Siswa.
Hopkins, David. (2011). Panduan Guru Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Keputusan Menteri Pendidikan,
Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/si perpu/dokumen/salinan/salinan_20 220215_093900_Salinan%20Kem endikbudristek%20No.56%20ttg%2 0Pedoman%20Penerapan%20Kuri kulum.pdf. Diakses pada 15 Juni 2023.
Keputusan Menteri Nomor 262/M/2022 Perubahan atas Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.
https://jdih.kemdikbud.go.id/detail_
peraturan?main=3156. Diakses pada 15 Juni 2023
Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 745– 751.
https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.ph p/etnomatnesia/article/view/2412. Diakses Pada 15 Juni 2023
Maryani,Enok. 2009. Pengembangan Program Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Kompetensi Keterampilan IPS.
http://file.upi.edu/Direktori/FPIPS/J
UR._PEND._GEOGRAFI/1960012
ENOK_MARYANI/ARTIKEL.pdf. Diakses Pada 15 Juni 2023.
Mayasari, Annisa. dkk. 2022. Dalam Jurnal Implementasi Model Problem Based Learning (PBL)Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Vol.3. No.2. Diakses pada 15 Juni 2023.
Nurhadi. 2004. Dalam artikel Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan
Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa.
Standar Kompetensi Lulusan pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. https://peraturan.bpk.go.id/Home/D etails/224172/permendikbudrisetno-5-tahun-2022. Diakses pada 23 Juni 2023
Suhaeni, Neni. 2020. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based
Learning (PBL) pada Peningkatan Keterampilan Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jurnal Sosialita, Vol. 14, No. 2, November 2020.
Syafi’i,Ahmad, dkk.2018. Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Dalam jurnal
Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2,
Juli 2018.
https://r.search.yahoo.com/_ylt=Aw rKCdHU.phkYooKP5PLQwx.;_ylu= Y29sbwNzZzMEcG9zAzEEdnRpZ
AMEc2VjA3Ny/RV=2/RE=1687776 085/RO=10/RU=https%3a%2f%2fj ournal.univetbantara.ac.id%2findex .php%2fkomdik%2farticle%2fdownl oad%2f114%2f102/RK=2/RS=X.90 5VVeAznDOvcZUrV5EdgPz7w-
.Diakses pada 15 Juni 2023
Tampubolon, Manahan P. (2014). Manajemen oprasi dan rantai pemasok. Jakarta: Mitra Wacana Media
Yasminah, Bambang Harsono. Penerapan
Model Pembelajaran ProblemBased Learning Untuk
Meningkatkan Partisipasi Dan Prestasi Belajar Siswa. Dalam
Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan,
Vol 10 No 1. 2020.
https://r.search.yahoo.com/_ylt=Aw rKAVVn.JhkaigLJzPLQwx.;_ylu=Y2 9sbwNzZzMEcG9zAzEEdnRpZAM
Ec2VjA3Ny/RV=2/RE=1687775463 /RO=10/RU=https%3a%2f%2fejour nal.unib.ac.id%2findex.php%2fdiad ik%2farticle%2fdownload%2f18141 %2f8547/RK=2/RS=TI.O8N2fNmR bBvFpM4vKmltWOIs-. Diakses pada 23 Juni 2023