55. Peningkatan Hasil Belajar IPAS Menggunakan Model Pembelajaran PBL Berbantu Media Roker pada Siswa Kelas IV

Authors

  • Mia Pramudianti
  • Ferina Agustini
  • Naila Filahatin Ajria

Keywords:

Hasil Belajar, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) pada siswa kelas IV SDN 4 Dersalam Kudus menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantu media ROKER (Roda Kerajaan). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari pra siklus, siklus 1, dan siklus 2. Data hasil belajar IPAS diperoleh melalui tes yang dilakukan pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum intervensi, persentase siswa yang tuntas dalam IPAS sangat rendah, yaitu sebesar 42% pada pra siklus. Namun, setelah penerapan PBL berbantu media ROKER, terjadi peningkatan signifikan dalam persentase siswa yang tuntas. Pada siklus 1, persentase siswa yang tuntas meningkat menjadi 54%, sedangkan pada siklus 2, persentase siswa yang tuntas mencapai 88%. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL berbantu media ROKER efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV. Penerapan PBL memberikan pengalaman belajar yang lebih aktif dan partisipatif bagi siswa, sementara media ROKER berperan sebagai sarana visual yang membantu pemahaman konsep-konsep IPAS.

 

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Pramudianti, M. ., Agustini, F. ., & Ajria, N. F. . (2023). 55. Peningkatan Hasil Belajar IPAS Menggunakan Model Pembelajaran PBL Berbantu Media Roker pada Siswa Kelas IV. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 489–498. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3951

Issue

Section

Prosiding 2023