PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS MELALUI MODEL PBL BERBANTU MEDIA DIORAMA PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN WONOTINGAL
Keywords:
PBL, DioramaAbstract
Rendahnya hasil belajar di sebabkan oleh beberapa masalah yang muncul dari kegiatan pembelajaran di kelas di tandai dengan tidak tuntasnya nilai ulangan harian dibawah KKTP (Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran). Metode pembelajaran yang di gunakan oleh guru hanya sebatas ceramah saja, hal ini juga mengakibatkan kurangnya partisipasi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPAS Bab 2 Materi Harmoni dalam ekosistem dengan menggunakan model PBL berbantuan media Diorama. Tujuan penelitian ini untuk meningkatan hasil belajar IPAS melalui penggunaan model PBL berbantuan Diorama pada peserta didik kelas V SDN Wonotingal Kota Semarang tahun ajaran 2023/2024. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Variabel penelitian yaitu variabel bebas model PBL berbantuan Media Diorama dan variabel terikatnya hasil belajar IPAS peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan evaluasi, instrumen pengumpulan data dengan lembar observasi, tes tertulis dan pilihan ganda. Teknik analisis data kuantitatif (hasil belajar) dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar tematik peserta didik setelah diberikan tindakan PBL berbantuan media diorama. Sebelum tindakan 7 peserta didik (26%) yang tuntas. setelah diberikan tindakan pada siklus I, terjadi peningkatan jumlah yang tuntas menjadi 15 peserta didik (57%) pada siklus II terjadi peningkatan jumlah yang tuntas menjadi 23 (89%). untuk presentase aktivitas peserta didik pada siklus I sebanyak 76% dan siklus II sebanyak 84% dengan rata-rata presentase 80%. Penelitian ini dikatakan berhasil karena mencapai indikator kinerja yaitu ≥ 80% dari seluruh peserta didik dengan KKTP ≥ 70.
References
Anugraheni, Indri. dkk. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SD, Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan. 6(2). 93 – 99.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Arif
Fitri, M. Y. (2020).
Pengembangan Perangkat
Pembelajaran Matematika Terintegrasi Keterampilan Abad
Melalui Penerapan Model ProblemBased Learning (PBL). . JurnalGantang,
(1), 77–85.
https://doi.org/10.31629/jg.v5i1
.160 9.
Gumilang, M. R. (2019). Pengembangan Media Komik dengan Model Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 185.
Gunantara, G. S. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV. Kreano, . Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 146–152. https://do.
Hamalik, O. 2015. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, O. 2015. Proses Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia Hari
Kurniasih, M. R. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV
Melalui Model Problem Based Learning . Pinisi Journal PGSD Volume, 2 Nomor 2 Juli 2022
Hal. 614-620
https://creativecommons.org/li censes
/by-nc/4.0/.
Mawardi. (2018). Merancang Model dan Media Pembelajaran. . Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(1), 28 &40.
Novika Auliyana, S. A. (2018). PenerapanPembelajaran Tematik Terpadu diSekolah Dasar. .
. Jurnal
Pendidikan: Teori, Penelitian, DanPengembangan, 3(12), 1572–
https://doi.org/http://dx.doi.org
/10.1 7977/jptpp.v3i12.11796.
Oktalativa, W. &. (2020).
Peningkatan Proses Pembelajaran
Tematik
Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning pada Kelas V Sekolah Dasar. . e- Journal
Pembelajaran Inovasi, Jurnal IlmiahPendidikan Dasar, 8(1).
Parsa, Mulyati. S. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Pada Konsep Perubahan Lingkungan Fisik dan Pengaruhnya Terhadap Daratan, 1(1).
Rahmalia, R. D. (2020). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Disposisi Peserta didik SMP Melalui Model Problem Based Learning. . .
Jurnal Numeracy. Volume 7, Nomor 1.
Rizki Ananda dan Fadhilaturrahmi. (2018). “Analisis
KemampuanGuru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Pembelajaran Tematik,” . Jurnal Basicedu Research and Learning in Elementary Education 2, no. 2 (2018):
http://stkiptam.ac.id/indeks.p p/basicedu.
Setiawan, A. R. (2019). Pembelajaran Tematik Berorientasi Literasi Saintifik. . Jurnal Basicedu, 4(1), 51–69.
https://doi.org/10.31004/basiced u.v4i1.298.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Siswantoro, E. (2018). Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VI SD Negeri Sanawetan 2 Kota Blitar. . Jurnal
Edukasi, 5(1),
https://doi.org/10.19184/jukasi.v 5i1.8009.
Sudjana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sugiyono.
Tarigan, E. B. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik.