Peningkatan Hasil Belajar melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Domino di Kelas III b
Keywords:
Hasil belajar, Model Problem Based Learning, Media Kartu DominoAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran
Problem Based Learning berbantuan media kartu domino. Penelitian ini merupakan Penelitian
Tindalan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan.
Subjek penelitian adalah siswa kelas IIIB di SDN Gayamsari 02 Semarang Tahun Pelajaran 2023/2024
yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes setiap
siklus, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar pada ranah
pengetahuan, sikap dan ranah keterampilan. Pada ranah pengetahuan muatan Bahasa Indonesia
diperoleh hasil pada siklus I sebesar 53,57% menjadi 85,71% pada siklus II. Sedangkan muatan
matematika diperoleh hasil sebesar 50% dan mengalami peningkatan 82,14%. Pada ranah keterampilan
pada pada siklus I sebesar 78,80% menjadi 87,50% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan
kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Problem
Based Learning Berbantuan Media Kartu Domino Kelas IIIB.
References
Aini, D. N. (2022). Pengaruh Penggunaan
Media Kartu Domino Sejarah
Terhadap Minat Belajar Siswa Pada
Mata Pelajaran Sejarah Indonesia
Pokok Bahasan Proses Masuk Dan
Perkembangan Penjajahan Bangsa
Eropa Di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri
Annisa, F., & Marlina, M. (2019).
Penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe index card match
terhadap aktivitas dan hasil belajar
matematika peserta didik. Jurnal
Basicedu, 3(4), 1047-1054.
Arikunto, Suharsismi, dkk. 2010.
Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:
PT. Bumi Aksara.
Astuti, T. P. (2019). Model Problem Based
Learning dengan Mind Mapping
dalam pembelajaran IPA abad 21.
Proceeding of Biology Education,
(1), 64-73.
Chayanny, C. (2022). Pengembangan
Bahan Ajar Tematik Di Kelas III
Sekolah Dasar Dengan Media Kubus
Misteri Melalui Permainan
Keterampilan Menangkap.
Instruksional, 3(2), 117-130.
Cholifah, T. N. (2020). Pengembangan
Media Kartu Domino untuk
Meningkatkan Motivasi Belajar
Siswa Kelas IV SD. Pengembangan
Media Kartu Domino Untuk
Meningkatkan Motivasi Belajar
Siswa Kelas IV SD, 6(02), 179-194.
Daulay, M. I., & Daulay, H. Y. (2021).
Penerapan Pembelajaran Tematik
Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal
Pendidikan Tambusai, 5(1), 272-
Fajri, Z. (2019). Model pembelajaran
discovery learning dalam
meningkatkan prestasi belajar siswa
SD. Jurnal Ika PGSD (Ikatan
Alumni PGSD) Unars, 7(2), 64-73.
Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan
media pembelajaran untuk
meningkatkan motivasi belajar
siswa. Diskusi Panel Nasional
Pendidikan Matematika, 5(1).
Ginting, M. A. B. (2022). Meningkatkan
Prestasi Belajar dengan Penggunaan
Video di Youtube pada
Pembelajaran Tematik di Kelas VI
SD 040542 Suka. Prosiding
Pendidikan Dasar, 1(1), 87-93.
Herawati, E. (2017). Upaya meningkatkan
motivasi dan hasil belajar siswa
menggunakan media pembelajaran
kartu domino matematika pada
materi pangkat tak sebenarnya dan
bentuk akar kelas ix smp negeri
unggulan sindang Kabupaten
Indramayu. JNPM (Jurnal Nasional
Pendidikan Matematika), 1(1), 66-
Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018).
Pengaruh motivasi belajar dan
disiplin belajar terhadap prestasi
belajar matematika siswa.
Magdalena, I., Hidayah, A., & Safitri, T.
(2021). Analisis Kemampuan
Peserta Didik Pada Ranah Kognitif,
Afektif, Psikomotorik Siswa Kelas II
B SDN Kunciran 5 Tangerang.
Nusantara, 3(1), 48-62.
Mutawali. 2020. Pengaruh Model
Pembelajaran Problem Based
Learning (PBL) Terhadap Hasil
Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran
Matematika Di Kelas V MI Nurul
Islam Sekarbela Tahun Pelajaran
/2020. Universitas Islam
Negeri Mataram.
Nizar, A. A. (2021). Pengaruh Model
Pembelajaran Problem Based
Learning Terhadap Hasil Belajar
Matematika Kelas V SD/MI
(Doctoral dissertation, UIN Raden
Intan Lampung).
Oktiani, I. (2017). Kreativitas guru dalam
meningkatkan motivasi belajar
peserta didik. Jurnal kependidikan,
(2), 216-232.
Rahmadani, Normala. N. (2017).
Peningkatan Aktivitas Belajar
Matematika Melalui Pendekatan
Problem Based Learning Bagi Siswa
Kelasa 4 SD. Scholaria:Jurnal
Pendidikan Dan Kebudayaan, 3,
–250.
Riono, R. (2023). Upaya Meningkatkan
Hasil Belajar Siswa Tema 3 Subtema
Dengan Penerapan Model
Discovery Learning Di Kelas Vi Sd
Negeri 2 Mengkatip Kecamatan
Dusun Hilir. e-Jurnal Mitra
Pendidikan, 7(1), 46-55.
Rosarina, G., Sudin, A., & Sujana, A.
(2016). Penerapan model discovery
learning untuk meningkatkan hasil
belajar siswa pada materi
perubahan wujud benda. Jurnal
Pena Ilmiah, 1(1).
Rosidah, C. T. (2018). Penerapan model
problem based learning untuk
menumbuhkembangkan higher
order thinking skill siswa sekolah
dasar. INVENTA: Jurnal
Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
(1), 62-71.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian
Kuantiatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfhabeta.
Suryani, E. (2021). Peningkatan Hasil
Belajar Siswa Menggunakan Model
Pembelajaran Problem Based
Learning (PBL) pada Materi Ciri
dan Peranan Bakteri dalam
Kehidupan di Kelas X MIA 3 SMA
Negeri 3 Sumbawa Besar Tahun
Pelajaran 2017/2018. Jurnal
Kependidikan, 5(2), 1-7.
Tafonao, T. (2018). Peranan media
pembelajaran dalam meningkatkan
minat belajar mahasiswa. Jurnal
komunikasi pendidikan, 2(2), 103-