Peningkatan Hasil Belajar melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Domino di Kelas III b

Authors

  • Dian Dwi Suryani , Arfilia Wijayanti, Espiyati, Apriliyana Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Hasil belajar, Model Problem Based Learning, Media Kartu Domino

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran
Problem Based Learning berbantuan media kartu domino. Penelitian ini merupakan Penelitian
Tindalan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan.
Subjek penelitian adalah siswa kelas IIIB di SDN Gayamsari 02 Semarang Tahun Pelajaran 2023/2024
yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes setiap
siklus, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar pada ranah
pengetahuan, sikap dan ranah keterampilan. Pada ranah pengetahuan muatan Bahasa Indonesia
diperoleh hasil pada siklus I sebesar 53,57% menjadi 85,71% pada siklus II. Sedangkan muatan
matematika diperoleh hasil sebesar 50% dan mengalami peningkatan 82,14%. Pada ranah keterampilan
pada pada siklus I sebesar 78,80% menjadi 87,50% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan
kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Problem
Based Learning Berbantuan Media Kartu Domino Kelas IIIB.

References

Aini, D. N. (2022). Pengaruh Penggunaan

Media Kartu Domino Sejarah

Terhadap Minat Belajar Siswa Pada

Mata Pelajaran Sejarah Indonesia

Pokok Bahasan Proses Masuk Dan

Perkembangan Penjajahan Bangsa

Eropa Di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri

Annisa, F., & Marlina, M. (2019).

Penerapan model pembelajaran

kooperatif tipe index card match

terhadap aktivitas dan hasil belajar

matematika peserta didik. Jurnal

Basicedu, 3(4), 1047-1054.

Arikunto, Suharsismi, dkk. 2010.

Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:

PT. Bumi Aksara.

Astuti, T. P. (2019). Model Problem Based

Learning dengan Mind Mapping

dalam pembelajaran IPA abad 21.

Proceeding of Biology Education,

(1), 64-73.

Chayanny, C. (2022). Pengembangan

Bahan Ajar Tematik Di Kelas III

Sekolah Dasar Dengan Media Kubus

Misteri Melalui Permainan

Keterampilan Menangkap.

Instruksional, 3(2), 117-130.

Cholifah, T. N. (2020). Pengembangan

Media Kartu Domino untuk

Meningkatkan Motivasi Belajar

Siswa Kelas IV SD. Pengembangan

Media Kartu Domino Untuk

Meningkatkan Motivasi Belajar

Siswa Kelas IV SD, 6(02), 179-194.

Daulay, M. I., & Daulay, H. Y. (2021).

Penerapan Pembelajaran Tematik

Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal

Pendidikan Tambusai, 5(1), 272-

Fajri, Z. (2019). Model pembelajaran

discovery learning dalam

meningkatkan prestasi belajar siswa

SD. Jurnal Ika PGSD (Ikatan

Alumni PGSD) Unars, 7(2), 64-73.

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan

media pembelajaran untuk

meningkatkan motivasi belajar

siswa. Diskusi Panel Nasional

Pendidikan Matematika, 5(1).

Ginting, M. A. B. (2022). Meningkatkan

Prestasi Belajar dengan Penggunaan

Video di Youtube pada

Pembelajaran Tematik di Kelas VI

SD 040542 Suka. Prosiding

Pendidikan Dasar, 1(1), 87-93.

Herawati, E. (2017). Upaya meningkatkan

motivasi dan hasil belajar siswa

menggunakan media pembelajaran

kartu domino matematika pada

materi pangkat tak sebenarnya dan

bentuk akar kelas ix smp negeri

unggulan sindang Kabupaten

Indramayu. JNPM (Jurnal Nasional

Pendidikan Matematika), 1(1), 66-

Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018).

Pengaruh motivasi belajar dan

disiplin belajar terhadap prestasi

belajar matematika siswa.

Magdalena, I., Hidayah, A., & Safitri, T.

(2021). Analisis Kemampuan

Peserta Didik Pada Ranah Kognitif,

Afektif, Psikomotorik Siswa Kelas II

B SDN Kunciran 5 Tangerang.

Nusantara, 3(1), 48-62.

Mutawali. 2020. Pengaruh Model

Pembelajaran Problem Based

Learning (PBL) Terhadap Hasil

Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran

Matematika Di Kelas V MI Nurul

Islam Sekarbela Tahun Pelajaran

/2020. Universitas Islam

Negeri Mataram.

Nizar, A. A. (2021). Pengaruh Model

Pembelajaran Problem Based

Learning Terhadap Hasil Belajar

Matematika Kelas V SD/MI

(Doctoral dissertation, UIN Raden

Intan Lampung).

Oktiani, I. (2017). Kreativitas guru dalam

meningkatkan motivasi belajar

peserta didik. Jurnal kependidikan,

(2), 216-232.

Rahmadani, Normala. N. (2017).

Peningkatan Aktivitas Belajar

Matematika Melalui Pendekatan

Problem Based Learning Bagi Siswa

Kelasa 4 SD. Scholaria:Jurnal

Pendidikan Dan Kebudayaan, 3,

–250.

Riono, R. (2023). Upaya Meningkatkan

Hasil Belajar Siswa Tema 3 Subtema

Dengan Penerapan Model

Discovery Learning Di Kelas Vi Sd

Negeri 2 Mengkatip Kecamatan

Dusun Hilir. e-Jurnal Mitra

Pendidikan, 7(1), 46-55.

Rosarina, G., Sudin, A., & Sujana, A.

(2016). Penerapan model discovery

learning untuk meningkatkan hasil

belajar siswa pada materi

perubahan wujud benda. Jurnal

Pena Ilmiah, 1(1).

Rosidah, C. T. (2018). Penerapan model

problem based learning untuk

menumbuhkembangkan higher

order thinking skill siswa sekolah

dasar. INVENTA: Jurnal

Pendidikan Guru Sekolah Dasar,

(1), 62-71.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian

Kuantiatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfhabeta.

Suryani, E. (2021). Peningkatan Hasil

Belajar Siswa Menggunakan Model

Pembelajaran Problem Based

Learning (PBL) pada Materi Ciri

dan Peranan Bakteri dalam

Kehidupan di Kelas X MIA 3 SMA

Negeri 3 Sumbawa Besar Tahun

Pelajaran 2017/2018. Jurnal

Kependidikan, 5(2), 1-7.

Tafonao, T. (2018). Peranan media

pembelajaran dalam meningkatkan

minat belajar mahasiswa. Jurnal

komunikasi pendidikan, 2(2), 103-

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Dwi Suryani, D. (2023). Peningkatan Hasil Belajar melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Domino di Kelas III b. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2499–2507. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5406

Issue

Section

Prosiding 2023