Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas II B SDN Bugangan 03 melalui Model Pembelajaran PBL dengan Pendekatan Berdiferensiasi

Authors

  • Rizki Firda Amalia Universitas PGRI Semarang

Keywords:

hasil belajar matematika, pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran berdiferensiasi

Abstract

Penelitian ini mengkaji upaya peningkatan hasil belajar matematika peserta didik kelas II B SD Negeri Bugangan 03 pada mata pelajaran matematika materi soal cerita penjumlahan dan pengurangan. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) dengan pendekatan berdiferensiasi yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Metode penelitian ini melibatkan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi dalam setiap siklusnya. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar peserta didik dari siklus ke siklus. Persentase peserta didik yang tuntas meningkat secara konsisten, mencapai 96% pada siklus ketiga. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL dengan pendekatan berdiferensiasi efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi soal cerita penjumlahan dan pengurangan. Model ini dapat menjadi alternatif yang bermanfaat bagi guru dalam menyajikan materi matematika yang lebih bermakna dan mendukung keberagaman kemampuan peserta didik.

References

Alfatihah, A., Husniati, H., & Affandi, L. H. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa di Kelas V SDN 15 Mataram Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1657–1664.

Ananda, E. R., & Wandini, R. R. (2022). Analisis kemampuan literasi matematika siswa ditinjau dari self efficacy siswa. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5).

Anwar, N. T. (2018). Peran kemampuan literasi matematis pada pembelajaran matematika abad-21. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 364–370.

Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam implementasi kurikulum merdeka pada pelajaran matematika SD. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95–101.

Ben-Eliyahu, A. (2021). Ben-Eliyahu, A. (2021). Sustainable Learning in Education. Sustainability, 13, 4250.

Bondie, R., Dahnke, C. C., & Zusho, A. (2019). Bondie, R., Dahnke, C.C., & Zusho, A. (2019). How Does Changing “One-Size-Fits-All” to Differentiated Instruction Affect Teaching? Review of Research in Education, 43, 336–362.

Darwanto, D. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis:(Pengertian dan Indikatornya). Eksponen, 9(2), 20–26.

Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL): Suatu model pembelajaran untuk mengembangkan cara berpikir kritis peserta didik. Widya Accarya, 12(1), 61–69.

Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran matematika di kurikulum merdeka. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646.

Handitya, B. (2019). Menyemai Nilai Pancasila Pada Generasi Muda Cendekia. ADIL Indonesia Journal, 1(2).

Husnidar, H., & Hayati, R. (2021). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2), 67–72.

Malmia, W., Makalita, S. H., Lisaholit, S., Azwan, A., Magfirah, I., Tinggapi, H., & Umanailo, M. C. (2019). Problem-based learning as an effort to improve student learning outcomes. Int. J. Sci. Technol. Res, 8(9), 1140–1143.

Pandiangan, A. P. B. (2019). Penelitian Tindakan Kelas: Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru Dan Kompetensi Belajar Siswa. Deepublish.

Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi numerasi dalam pembelajaran tematik siswa kelas atas sekolah dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9–15.

Prihantoro, A., & Hidayat, F. H. (2019). Melakukan penelitian tindakan kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60.

Rakhmawati, Y., & Mustadi, A. (2022). The circumstances of literacy numeracy skill: Between notion and fact from elementary school students. Jurnal Prima Edukasia, 10(1), 9–18.

Selvianiresa, D., & Prabawanto, S. (2017). Contextual teaching and learning approach of mathematics in primary schools. Journal of Physics: Conference Series, 895(1).

Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran pendidikan dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 8(2), 107–117.

Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian tindakan kelas. MNC Publishing.

Tang, Y., Liang, J., Hare, R., & Wang, F. (2020). A Personalized Learning System for Parallel Intelligent Education. IEEE Transactions on Computational Social Systems, 7(352–361).

Utami, N. A., & Humaidi, H. (2019). Analisis Kemampuan Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Pada Siswa SD. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 39–43.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Amalia, R. F. . (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas II B SDN Bugangan 03 melalui Model Pembelajaran PBL dengan Pendekatan Berdiferensiasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2663–2671. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5424

Issue

Section

Prosiding 2023