324. Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Melalui Discovery Learning pada Siswa Kelas IV SDN 3 Jebol

Authors

  • Brian Priyangga
  • Kartinah
  • Dewi Khotijah

Keywords:

Peningkatan Keaktifan, Hasil Belajar, Discovery Learning, Perubahan Bentuk Energi

Abstract

Berdasarkan pengamatan pembelajaran IPA ada beberapa masalah diantaranya: (a) Siswa tidak ada yang bertanya jika di beri pertanyaan, b) Hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan: (a) untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar, (b) Mendeskripsikan cara meningkatkan keaktifan siswa. Rendahnya keaktifan siswa dalam mengikuti aktivitas belajar dan rendahnya hasil belajar siswa tentang perubahan bentuk energi. Hal ini disebabkan guru belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif dan belum menggunakan alat peraga. Dengan diterapkannya model pembelajaran discovery learning berbantuan komik berbasis kearifan lokal diharapkan agar siswa dapat aktif dan hasil belajarnya meningkat menjadi lebih baik dari sebelumnya. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan pada siswa kelas IV SDN 03 Jebol dengan jumlah siswa 16 orang yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Adapun penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus yang terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil aktivitas siswa siklus 1 menunjukkan persentase sebesar 85% dan siklus 2 sebesar 95%. Hasil perbaikan pembelajaran siklus 1 menunjukkan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 81% dengan rata-rata 73 dan siklus 2 menunjukkan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 94% dengan rata-rata 78. Hal ini didukung hasil pengamatan kinerja guru pada siklus 1 sebesar 89% dan siklus 2 sebesar 97%. Berdasarkan data hasil belajar siswa dan hasil pengamatan kinerja guru selama dua siklus dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning berbantuan komik berbasis kearifan lokal dapat meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa tentang perubahan bentuk energi pada siswa kelas IV SDN 03 Jebol.

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Priyangga, B. ., Kartinah, & Khotijah, D. . (2023). 324. Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Melalui Discovery Learning pada Siswa Kelas IV SDN 3 Jebol. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2893–2903. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4232

Issue

Section

Prosiding 2023