Penggunaan Model PBL Berbantuan Media Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III SD Supriyadi 02 Semarang
Keywords:
Model PBL, Pembelajaran Tematik, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui hasil pembelajaran Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Topik 1 dengan menggunakan Model PBL berbantuan online mandarin. Peneliti berperan sebagai guru dan pengamat peserta didik. Pembelajaran berlangsung dalam 2 siklus melalui 2 kali pertemuan. Setiap siklus mempunyai tahapan, yaitu: merencanakan tindakan, mengambil tindakan, mengamati (mengamati) dan merefleksikan. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes evaluasi untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dan mencatatnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL berbantuan alat peraga berpotensi meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III A pada Topik 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup di SD Supriyadi 02 Semarang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi akademik. Pada awal pra siklus rata-rata ketuntasan hasil belajar sebesar 72%, kemudian pada siklus I rata-rata hasil belajar sebesar 86%, serta pada siklus II rata-rata hasil belajar meningkat sebesar 93% yang tergolong sangat baik.
References
Afrinaldi, Rolly. Dewi, Rahmayanti, dan Resty Gustiawati. 2020. Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di SMA Negeri 4 Karawang, Jurnal Coaching education Sport.
Anugraheni, Indri. dkk. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta didik Kelas 2 SD, Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan.
Astuti, Suhandi. dan Reza Yuafian. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Jurnal riset Pendidikan Dasar.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Dasar-Dasar EvaluasiPendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Fauzia, Awalia. H. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Jurnal Primary Program Studi PGSD.
Hamalik, O. 2015. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Hamalik, O. 2015. Proses Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia Hari, Sapta Bayu. 2019. Mengenal Bangun Datar. Penerbit Duta.
Hidayah, Nurul. 2015. Pembelajaran Tematik Integratif di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar.
Kemendikbud. 2013. Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.
Kristin. F. dan Bekti. K. 2021. Model Pembelajaran Problem Based Learninguntuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Peserta didik SD, Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran.
Majid. A. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. PT Remaja Rosdakarya.
Mulyono, Djoko. 2018. Bahan Ajar Matematika Kelas IV Semester 2. Kudus: Cahaya Ilmu.
Nurrita, Teni. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik, Mysikat. 3(1).
Parsa, Mulyati. S. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Pada Pelajaran IPA Pada Konsep Perubahan Lingkungan Fisik dan Pengaruhnya Terhadap Daratan,
Sihombing, Tika. V. dan Nancy, A.P. Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Pada Pokok Bahasan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Media Visual Tiga Dimensi (3d) Kelas V SD, Jurnal Ilmiah Aquinas.
Sufairoh. 2016. Pendekatan Saintifik & Model Pembelajaran K-13. Jurnal Pendidikan Profesional.
Suprihatiningrum. 2014. Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. bandung: Alfabeta.
Selamet, Ketut. I. 2020. Penggunaan Media Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Peserta didik Kelas V SD Inpres Tumpu Jaya I, Jurnal Pedagogy.
Tafonao, Talizaro. 2018. Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa, 2(2).
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional