Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Ekosistem di kelas V SDN Sambirejo 02 Semarang

Authors

  • Rina Hardiyanti Universitas PGRI Semarang
  • Ida Dwijayanti Universitas PGRI Semarang
  • Mardani Esti Pambayun Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik kelas V SDN Sambirejo 02 Semarang yang masih rendah. Dalam kegiatan pembelajaran guru belum maksimal dalam menggunakan model pembelajaran yang inovatif. Untuk itu diperlukan model pembelajaran yang inovatif supaya pembelajaran yang di dapat siswa menjadi lebih bermakna. Berdasarkan hal tersebut, rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa melalui model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Bab 1. Melihat karena Cahaya, Mendengar Karena Bunyi Dikelas V SDN Sambirejo 02 Semarang?”. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk menggambarkan peningkatan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Untuk merealisasikan usaha tersebut, peneliti melakukan perbaikan sampai dengan 2 siklus, yang terdiri dari 5 komponen, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, refleksi, dan rencana tindak lanjut. Setiap pelaksanaan tindakan peneliti melakukan berbagai langkah sesuai dengan rencana perbaikan pembelajaran.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada tahap pra-siklus, sebanyak 8 peserta didik mencapai hasil yang cukup baik. Pada tahap siklus I, terjadi peningkatan menjadi 9 dengan hasil yang baik, dan pada tahap siklus II, terjadi peningkatan yang cukup signifikan dengan 21 siswa mencapai hasil yang sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar peserta didik kelas V SDN Sambirejo 02 Semarang materi Bab 1. Melihat karena Cahaya, Mendengar Karena Bunyi melalui penerapan Penelitian TIndakan Kelas (PTK).

References

imyati, Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Elis Ratnawulan.et.al.2015. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.

Kunandar. 2011 Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ni, Made. (2008). Penerapan Model Problem Base Learning untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar dan Hasil Belajar Teori Akuntansi Mahasiswa Jurusan Ekonomi Undiksha. Laporan Penelitian. Hlm. 74- 84.

Rusmono. (2014). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu perlu. Bogor: Penerbit Ghalia Indone.

Sukaptiyah, S. (2015). Peningkatan hasil belajar PKN melalui model problem based learning pada siswa kelas VI SD Negeri 1 Mongkrong, Wonosegoro. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(1), 114- 121. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2 015.v5.i1.p114-121

Sari, R. R. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PPKn (Penelitian Tindakan Kelas pada Materi Kasus Pelanggaran HAM Kelas X IIS II SMA PGRI 1 Bandung) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Hardiyanti, R. ., Dwijayanti, I. ., & Pambayun, M. E. . (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Ekosistem di kelas V SDN Sambirejo 02 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1835–1840. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5324

Issue

Section

Prosiding 2023